ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.33996Keywords:
Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Powtoon, IPASAbstract
Motivasi belajar merupakan suatu kekuatan, daya pendorong, dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, inovatif, efektif, menyenangkan dalam belajar, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam pembelajaran tentunya dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak merasakan bosan dalam pembelajaran. Media pembelajaran sangat banyak sekali yang bisa dimaanfatkan oleh guru salah satunya yaitu Powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik dalam menggunakan media Powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa media powtoon bisa memberikan dampak positif untuk motivasi belajar peserta didik ditunjukan dengan motivasi belajar yang tinggi seperti peserta didik memahami materi, mampu menyelesaikan tugasnya, dan menjawab pertanyaan.
Downloads
References
Adam, M. W. S., Ismail, R., Ali, S., & Sisilia, A. (2025). Dampak Pemberian Apresiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas II SD 07 Marisa. 3.
Aini, N. L., Fathurohman, I., & Ristiyani, R. (2022). Motivasi Dalam Pembelajaran Daring Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di Sman 2 Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 563–581. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7589
Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848
Ardana Yasa, I. K. D. C., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523
Dewi, Y., Santoso, & Gunawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi IPS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Cluwak Kabupaten Pat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 132–144.
Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
Elmawati, P., Musfirah, & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(3), 9–19.
Falah, M. N. N. A. R. shidq; N. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Gunggung I. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMTON, 02, 343–358. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536/4069
Ginanjar, D. A. W. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Indonesian Social Studies Education, 1.
Intan Permata Sari Aco, Abdul Saman, A. P. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).
Irmayanti, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 66 Batu Rape Kabupaten Enrekang. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.221
Lestari, N. P. A. D., Sukadi, Maryati, T., & Sriartha, I. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 165–175. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.61235
Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395–2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pratiwi, D., Setyo Putro Pribowo, F., & Setiawn, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SD Informasi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 83–103. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala
Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran IPS Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Jenggot Krembung Sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.1-12
Putri, L. A. I., & Trisnawati, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Educandy Game terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3059–3070. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7204
Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603.
Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Wuryanti, S., Hudalil, A., & Nugrahaeni, I. (2021). Gambaran kompetensi Widyaiswara dalam mengelola pembelajaran di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i1.233
Yusuf, N., Setiyaningsih, D., & Lestari, N. G. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 di SDN Bambu Apus 02. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. http://bahtra12.blogspot.co.id/2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.