IMPLEMENTASI SMART CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 4 OKU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.33988Keywords:
Hasil Belajar, Teknologi Pendidikan, Jelajah IlmuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi smart class di MIN 4 OKU Timur, menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi penerapannya, serta mengungkap hasil belajar siswa setelah mengikuti program tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi smart class dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pihak madrasah melakukan musyawarah dengan komite dan orang tua, serta menyusun SOP penggunaan perangkat. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran menggunakan platform Jelajah Ilmu yang dipadukan dengan perangkat digital seperti layar interaktif, komputer, dan internet, serta didukung oleh aplikasi pendukung seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Canva. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui sistem dalam platform tersebut. Faktor pendukung implementasi meliputi dukungan kepala madrasah, ketersediaan fasilitas, antusiasme siswa, keterlibatan orang tua, serta pelatihan guru. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain keterbatasan perangkat pribadi siswa, literasi digital yang belum merata, serta kendala teknis jaringan dan listrik. Adapun hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga keterampilan digital, motivasi, disiplin, serta sikap sosial dan kolaboratif. Dengan demikian, smart class di MIN 4 OKU Timur mampu memberikan dampak positif secara menyeluruh terhadap ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan smart class di madrasah lain, khususnya pada konteks pendidikan dasar berbasis teknologi.
Downloads
References
Amimi, R., Radgui, A., & Hassane, I. E. H. El. (2022, December 3). A Survey of Smart classroom: Concept, Technologies and Facial Emotions Recognition Application. https://arxiv.org/abs/2212.01675v1
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2).
Awedh, M., Mueen, A., Zafar, B., & Manzoor, U. (2024). Using Socrative and Smartphones for the Support of Collaborative Learning. Integrating Technology in Education (IJITE), 3(4).
Brata, D. P. N. (2023). Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. In Hayat (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif (Elektronik). Unisma Press.
Dimitriadou, E., & Lanitis, A. (2023). A critical Evaluation, Challenges, and Future Perspectives of Using Artificial Intelligence and Emerging Technologies In Smart classrooms. Smart Learning Environments, 10(12).
Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Farwati, S., & Arifin, Z. (2023). Manajemen Sekolah Digital Melalui Program Smart classroom (SCR). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3).
Fitriana, A. R., & Wahyudi. (2025). Pengembangan Media Smart Box Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3).
Gunarto, E., & Mulyana, A. (2023). Pendekatan Sosiologi dalam Model Pembelajaran Smart classroom di Sekolah. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1).
Iffah, J. D. N. (2023). Analisis dan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif-Pengujian Kesimpulan. In Hayat (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif (Elektronik). Malang Press.
Kemendikbudristek. (2022). Transformasi Digital Pendidikan Menuju Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/
Madhur, P., Desale, G. B., & Sharma, C. S. (2024). Impact of Smart classrooms in Teaching Learning Effectiveness in Higher Education: A Quantitative Investigation. Journal of Informatics Education and Research, 4(2).
Marpaung, T. J., Manurung, A., & Erwin. (2025). Implementing Smart classroom Innovations to Enhance Elementary Education Quality in Rural Areas with a Case Study of SD Negeri 173637 Narumonda. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat , 10(1), 28–33.
Maryani, T., Widowati, A., & Wulandari, B. A. (2023). Smart classroom Program: Perceptions of SDIT Ash-Shiddiiqi Teachers. International Journal of Arts and Social Science, 6(12).
Natalia, S. G. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Classroom sebagai bentuk peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6).
Purwitasari, E. D., Hapsari, K. A., Mardhiyah, S. M., & Ngazizah, N. (2025). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sawunggaling dengan media ajar kotak rahasia. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 44–51.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana Devita. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Hayat, Ed.). Unisma Press.
Siddiqui, A. T., & Masud, M. (2017, July 1). A System Framework for Smart class System to Boost Education and Management.
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor Yg Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Wang, Y., & Keat, O. B. (2024). Smart classroom: The Evolution and Application in Teaching and Learning. International Journal of Social Science and Human Research, 7(8).
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2869–2910.
Wicaksono, R. T. (2024). Implementasi Program Madrasah Digital (Studi Kasus Di Min 2 Kota Malang) [Undergraduate (S1)]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Yang, J., Pan, H., Zhou, W., & Huang, R. (2018). Evaluation of Smart classroom from the Perspective of Infusing Technology into Pedagogy. Smart Learning Environments, 5(20).
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MAN 1 Medan. JPP: Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 149–150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















