PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Fadhila Eka Hayyu Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia
  • Hera Heru Sri Suryanti Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia
  • Sarafuddin Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33954

Keywords:

Reading comprehension skills

Abstract

This study aims to determine the effect of literacy based instruction on the reading comprehension skills of third-grade students at SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta. The research employed a quantitative approach with an experimental method using a one- group pretest-posttest design. The population consisted of all 28 students in class III A. Data collection techniques included tests, observation, and documentation. The research instruments were validated through validity and reliability tests, while data analysis was conducted using prerequisite tests and hypothesis testing with the Independent Sample t- test. The results of the study revealed that literacy-based instruction had a significant effect on improving students' reading comprehension skills. This was evidenced by an increase in the average student score from 48.21 in the pretest to 76.07 in the posttest. Most students shifted from the "not yet proficient" category to the "proficient" and even "highly proficient" categories

Downloads

Download data is not yet available.

References

peserta didik itu sendiri. Hal ini

selaras dengan Rahmadhani &

Sholehudin (2024:796) yang

menekankan bahwa kemampuan

membaca pemahaman sangat

dipengaruhi oleh latar belakang

peserta didik, seperti minat baca,

motivasi belajar, kematangan sosial-

emosional, serta kesiapan membaca

sejak awal. Oleh karena itu, bagi

peserta didik yang mengalami

hambatan membaca sejak dini,

diperlukan pendekatan pembelajaran

yang lebih intensif dan berkelanjutan

agar mereka dapat mengejar

ketertinggalan.

Lebih jauh, intervensi pembelajaran

literasi dalam penelitian ini tidak

hanya meningkatkan kemampuan

memahami bacaan, tetapi juga

membantu peserta didik memperbaiki

struktur berpikir dalam mengolah

informasi. Peserta didik belajar

mengenali ide pokok, membedakan

informasi penting dan tambahan, serta

menyimpulkan isi teks secara

sistematis. Hal ini sejalan dengan

Salbiah & Aulia (2025:4517) yang

menegaskan bahwa keterampilan

membaca pemahaman erat kaitannya

dengan keterampilan berpikir logis

dan terstruktur, yang dapat

dikembangkan melalui latihan

membaca berbasis pemahaman.

Berdasarkan hasil penelitian dan

relevansinya dengan berbagai

penelitian terdahulu, dapat ditegaskan

bahwa pembelajaran literasi memiliki

pengaruh positif terhadap peningkatan

keterampilan membaca pemahaman

peserta didik kelas III SD Negeri

Bibisluhur Surakarta tahun

pembelajaran 2024/2025.

Pembelajaran literasi terbukti sebagai

strategi yang efektif dalam

meningkatkan kemampuan memahami

bacaan di tingkat sekolah dasar.

Keberhasilan penerapannya tidak

hanya terlihat dari data kuantitatif,

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)