PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33954Keywords:
Reading comprehension skillsAbstract
This study aims to determine the effect of literacy based instruction on the reading comprehension skills of third-grade students at SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta. The research employed a quantitative approach with an experimental method using a one- group pretest-posttest design. The population consisted of all 28 students in class III A. Data collection techniques included tests, observation, and documentation. The research instruments were validated through validity and reliability tests, while data analysis was conducted using prerequisite tests and hypothesis testing with the Independent Sample t- test. The results of the study revealed that literacy-based instruction had a significant effect on improving students' reading comprehension skills. This was evidenced by an increase in the average student score from 48.21 in the pretest to 76.07 in the posttest. Most students shifted from the "not yet proficient" category to the "proficient" and even "highly proficient" categoriesDownloads
References
peserta didik itu sendiri. Hal ini
selaras dengan Rahmadhani &
Sholehudin (2024:796) yang
menekankan bahwa kemampuan
membaca pemahaman sangat
dipengaruhi oleh latar belakang
peserta didik, seperti minat baca,
motivasi belajar, kematangan sosial-
emosional, serta kesiapan membaca
sejak awal. Oleh karena itu, bagi
peserta didik yang mengalami
hambatan membaca sejak dini,
diperlukan pendekatan pembelajaran
yang lebih intensif dan berkelanjutan
agar mereka dapat mengejar
ketertinggalan.
Lebih jauh, intervensi pembelajaran
literasi dalam penelitian ini tidak
hanya meningkatkan kemampuan
memahami bacaan, tetapi juga
membantu peserta didik memperbaiki
struktur berpikir dalam mengolah
informasi. Peserta didik belajar
mengenali ide pokok, membedakan
informasi penting dan tambahan, serta
menyimpulkan isi teks secara
sistematis. Hal ini sejalan dengan
Salbiah & Aulia (2025:4517) yang
menegaskan bahwa keterampilan
membaca pemahaman erat kaitannya
dengan keterampilan berpikir logis
dan terstruktur, yang dapat
dikembangkan melalui latihan
membaca berbasis pemahaman.
Berdasarkan hasil penelitian dan
relevansinya dengan berbagai
penelitian terdahulu, dapat ditegaskan
bahwa pembelajaran literasi memiliki
pengaruh positif terhadap peningkatan
keterampilan membaca pemahaman
peserta didik kelas III SD Negeri
Bibisluhur Surakarta tahun
pembelajaran 2024/2025.
Pembelajaran literasi terbukti sebagai
strategi yang efektif dalam
meningkatkan kemampuan memahami
bacaan di tingkat sekolah dasar.
Keberhasilan penerapannya tidak
hanya terlihat dari data kuantitatif,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.