Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar Pada Materi Pecahan Dengan Menggunakan Media Blok Pecahan Kelas IV SD Negeri Karangjati
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33953Keywords:
Conceptual Understanding, Student Learning Activeness, Fraction Block Media.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanan pembelajaran, (2) mengetahui pemahaman konsep, dan (3) mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media blok pecahan pada materi pecahan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Karangjati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Karangjati tahun ajaran 2025/2026 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian meliputi observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media blok pecahan dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan pada siklus I rata-rata 82%, dilanjuti dengan pertemuan II siklus menjadi 92%, (2) pemahaman konsep dengan menggunakan media blok pecahan pada siklus 1 mendapatkan persentase ketuntasan tes pemahaman konsep sebesar 48% , lanjut siklus II mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 90%, (3) keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media blok pecahan pada siklus I mendapatkan persentase 65%, lanjut siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase 85%.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Keaktifan Belajar siswa, Media Blok Pecahan.
Downloads
References
Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar pendidikan. UMMPress.
Jurnal :
Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi bangun ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173.
Aras, L., Syawaluddin, A., & Amrah, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(1), 40–49
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Dewanti, D. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI I SESENAPADANG TERNAK RUMINANSIA. Universitas Sulawesi Barat.
Hakim, N. D. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui permainan tradisional pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MIN 2 Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Nurhasanah, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pecahan Melalui Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdnegeri Cidahu 1 Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 86-90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.