Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Question Cards Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV di SD

Authors

  • Muchlisin Saputra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Heny Wulandari Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Hasan Sastra Negara Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33935

Keywords:

Together, Question Cards, Understand Concept, Mathematic.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Question Cards terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan eksperimen (Quasi Experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran tipe kooperatif Number Head Together (NHT)  berbantuan media Question Cards dan kelas IV C sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay berjumlah 10 soal untuk mengukur pemahaman konsep matematika. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS. Hasil rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05) dengan thitung 4.321> ttabel 2.004 , sehingga H₀ ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Question Cards terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina Qoyyimah, Dyah Triwahyuningtyas, N. R. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Kapsul Positif Dan Negatif Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 08.

Dian Prima Ridwanthi dkk. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question cards.

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–157.

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hamzah Pagarra et al. (2014). Innovative Journal of Curriculum and LESSON STUDY DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS. 3(1), 1–9.

Huda Tri Amanda, N., Tahir, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5757–5768. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10126

Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780

Muliandari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT(Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education., 3(2), 132–140. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Novia, D., Husaeni, A., Gintara, A. R., & Nabila, G. F. (2025). Mengungkap Pentingnya Uji Normalitas dan Homogenitas dalam Penelitian : Studi Kasus dan Aplikasinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 829–839.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Regina, U. C., Toriana, T., Anitra, R., & Setyowati, R. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 154–162. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4896

Wayan Mimpin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376–382.

Downloads

Published

2025-10-16