PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK TERHADAP LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33934Keywords:
Cerita Rakyat Sasak, Literasi Membaca, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Rendahnya literasi membaca disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan 
kurang variatif. Dibutuhkan pembelajaran interaktif dan beragam yang dapat 
mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis cerita rakyat Sasak 
terhadap literasi membaca siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian 
yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control 
group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen 
berjumlah 28 siswa yang diberikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis cerita 
rakyat Sasak dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa yang menggunakan 
pembelajaran konvensional. Cerita rakyat Sasak yang digunakan sebagai bahan 
ajar adalah cerita Cupak Gerantang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu 
tes dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan literasi membaca siswa 
memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha 
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis 
cerita rakyat Sasak berpengaruh positif terhadap literasi membaca siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif 
strategi pengajaran untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar. 
Downloads
References
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Fitriyana, I., Juhana, & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 439–453. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Handayani, S. (2020). Budaya Literasi Melalui Gesigeli (Gerakan Siswa Gemar Literasi). Social, Humanities, and Educational Studies (SHES), 3(4), 1037–1043. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
Mar’atusshalihah, Zain, M. I., & Rahmatih, A. N. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang. Journal of Classroom Action Research, 6(1).
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Ojong, A. S. (2023). Unraveling the Efficacy of Differentiated Instruction in Enhancing Second Language Acquisition: A Comprehensive Review and Future Directions. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 6(6). https://doi.org/10.32996/ijllt
Rozak, A., & Hidayati, W. S. (2019). Pengolahan Data Dengan SPSS. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Viantho, I., Juhana, & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 526–536. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















