PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS CERITA RAKYAT SASAK TERHADAP LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA

Authors

  • Baiq Siska Auliya Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33934

Keywords:

Cerita Rakyat Sasak, Literasi Membaca, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Rendahnya literasi membaca disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan kurang variatif. Dibutuhkan pembelajaran interaktif dan beragam yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis cerita rakyat Sasak terhadap literasi membaca siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 28 siswa yang diberikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis cerita rakyat Sasak dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Cerita rakyat Sasak yang digunakan sebagai bahan ajar adalah cerita Cupak Gerantang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan literasi membaca siswa memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis cerita rakyat Sasak berpengaruh positif terhadap literasi membaca siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pengajaran untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Fitriyana, I., Juhana, & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 439–453. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275

Handayani, S. (2020). Budaya Literasi Melalui Gesigeli (Gerakan Siswa Gemar Literasi). Social, Humanities, and Educational Studies (SHES), 3(4), 1037–1043. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Mar’atusshalihah, Zain, M. I., & Rahmatih, A. N. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang. Journal of Classroom Action Research, 6(1).

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Ojong, A. S. (2023). Unraveling the Efficacy of Differentiated Instruction in Enhancing Second Language Acquisition: A Comprehensive Review and Future Directions. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 6(6). https://doi.org/10.32996/ijllt

Rozak, A., & Hidayati, W. S. (2019). Pengolahan Data Dengan SPSS. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Viantho, I., Juhana, & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 526–536. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275

Downloads

Published

2025-10-03