ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN FLIPBOOK IPAS INDONESIAKU KAYA BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SIDOARJO UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratna Putri Widjayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.33919

Keywords:

needs analysis, supplement book, flipbook, local wisdom

Abstract

ABSTRACT This research was conducted to determine the initial need for developing teaching materials in the form of supporting books or supplements to IPAS flipbooks which are used to increase motivation and learning outcomes. Student. The method used in this development research is a qualitative descriptive method. and using research instruments with interview analysis, questionnaires and assessments. And based on the results of initial observation analysis in the form of interviews and facts in the field, it shows that the learning outcomes of grade 4 students at two elementary schools in Taman do not know and understand the diversity of local wisdom in Sidoarjo is still low with an average score of 30 and the highest score is only 68. This is because learning about local wisdom in the Sidoarjo area is provided based on government textbooks, student worksheets and supporting books for learning local local wisdom are not yet available. For this reason, this research was carried out as an initial analysis of the need for developing supporting books/supplements that support science and science learning, especially local wisdom in Sidoarjo so that student motivation and learning outcomes can increase. Keywords: needs analysis, supplement book, flipbook, local wisdom   ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui akan kebutuhan awal dari pengembangan bahan ajar berupa buku penunjang atau suplemen flipbook IPAS yang digunakan dalam meingkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang dipakai pada penelitian pengembangan ini  ialah metode deskriptif kualitatif. dan menggunakan instrumen penelitian dengan analisis wawancara, angket, dan penilaian. Dan berdasarkan hasil analisis observasi di awal berupa wawancara dan fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas 4 pada dua SD di Taman belum mengenal dan memahami keragaman kearifan lokal yang ada di Sidoarjo masih rendah dengan nilai rata-rata 30 serta nilai tertinggi hanya 68. Hal ini disebabkan bahwa pembelajaran kearifan lokal daerah Sidoarjo yang diberikan berdasarkan buku teks dari pemerintah,  lembar kerja siswa,  dan buku penunjang untuk pembelajaran keraifan lokal daerah belum tersedia. Untuk itu penelitian ini dilakukan sebagai analisis awal akan kebutuhan dari pengembangan buku penunjang / suplemen yang mendukung pembelajaran IPAS khususnya kearifan lokal di Sidoarjo sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: analisis kebutuhan, buku suplemen, flipbook, kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Halidja, Suparjan, Salimi, Pranata (2023)Pengembangan Buku Suplemen IPS Pendamping Pembelajaran Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Kota Singkawang SDN 15 Singkawang: ejournal.sttipn.ac.id ISLAMIKA 5 (1), 189-202, 2023

Afifah Khansa Nadhiroh, Trapsilo Prihandono, dan Singgih Bektiarso (2022), Jurnal Pengembangan Bahan Ajar Fisika E-Supplement Berbasis Flipbook dalam Permainan Tradisional Balogo.

Anis Eko Liyawindari, Wahyu Sukartiningsih, Suparti (2018), Pengembangan Media E-Book Cerita Fiksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar: Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 2023

DP Lestari, W Sukartiningsih (2022), Pengembangan Buku Digital Berpendekatan Balance Literacy Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tema 3 Benda di Sekitarku Kelas III Sekolah Dasar: Jurnal Education and Developmen 10 (1), 312-320 2022

DLI Permanasari, W Sukartiningsih (2015), Pengembangan Buku Suplemen Berorientasi Pendekatan Kontesktual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas V SD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2057-2066

Harjuni, Halidjah, Ghasya (2023),

Pengembangan Suplemen

Bahan Ajar Ebook Berbasis

Kearifan Lokal di KALBAR

Bermuatan Nilai Karakter: Journal on Education 6 (1), 6048- 6055, 2023

Indriani, Suhanadji, Yoyok Yermiandhoko (2020), Jurnal Pengembangan Buku Suplemen Berbasis Kearifan Budaya Lokal Surabaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Juliandari Nur Fajri, Edwita, Yustia Suntari (2022), Jurnal Pemgembangan Buku Digital Muatan Pelajaran IPS Berbasis Mobile Learning pada Materi Kerajaan-Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.

Jumriani, Mutiani, M Putra, Syaharuddin, Abbas (2021), The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review: The Innovation of social Studies Journal 2 (2), 103-109, 2021

Nadhiroh, Prihandono, Bektiarso (2022), Development of E-Supplement Teaching Materials Physics Based On Flipbook in Balogo Tradisional Games: Indonesian Journal of Instructional Media and Model 4 (1), 28-3, 2022

N Laila, W Sukartiningsih, (2018), Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN Janti II Tulangan Sidoarjo: JPGSD 6 (13), 2381-2393

NL Choirunnisa, P Prabowo, S Suryanti Improving Science Process Skills for Primary School Students Through 5E Instructional Model-Based Learning: Journal of Physics: Conference Series 947, 1-5 32 2018

Niswandil Akrom dan Nurul Istiqfaroh (2021), Jurnal Pengembangan Buku Suplemen IPS Tema“Indahnya Kebersamaan” Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Ni Nuraini, Cholifah, Silva Nabilla, Wahyuni, Afifah, Aurelia (2023) Pelatihan Pengembangan Suplemen Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru SD Kota Malang: Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 3 (11), 976-984,2023

M Ibrahim, NS Lede, (2018),Process skills approach to develop primary students’ scientific literacy: A case study with low achieving students on water cycle IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 296 (1), 012030 48 2018

Muhammad Robi Harjuni, Siti Halidjah , Dyoty Aulia Vilda Ghasya (2023), Jurnal Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Ebook Berbasis Kearifan Lokal di KALBAR Bermuatan Nilai Karakter

Ramadhina dan Pranata, (2022), Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu 6 (4), 7265-7272, 2022

Rahmawati, Fajriyah, Soegeng, (2022), Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Tema 8 Subtema 3 Kelas IV di Sekolah Dasar, Dikdaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, ISSN Cetak: 2477-5673 ISSN Online: 2614-722X Volume 08 Nomor 01, Juni 2022

Retno Wulandari, Sri Utaminingsih, Mohammad Kanzunnudin (2020), Jurnal Development of Class VI Elementary School Thematic Teaching Materials

Based Local Wisdom

Sa’adah , Kuryanto, Kironoratri (2023) E-Modul Suplemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal ati: Jurnal Prakarsa Paedagogja, 2023-Jurnal.umk.ac.id

Setiadiadi, Muksar, dan Suprianti (2021), Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Menigkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5 (4), 2021

Susanto, Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar

(Jakarta: Prenadamedia Group,

2016)

Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rusdakarya, 2019)

Sriyanti, Almafie, Marlina, Jauhari (2020), Pengaruh Penggunaan E-modul Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa, Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) 3 (2) (2020) 69-75

YA Sutanti, S Suryanti, ZAI Supardi Cetta,(2021), Implementasi model pembelajaran berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SD: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (3), 594-606 26 2021

Yoyok Yermiandoko, S Suryanti, N Mariana, W Widodo (2020), Local wisdom-based teaching material for enhancing primary students’ scientific literacy skill: Jurnal Prima Edukasia 8 (1), 96-105 33 2020

Yoyok Yermiandhoko, Suryanti Suryanti, Wahono Widodo, (2021), Gadget based interactive multimedia on socio scientific issues to improve elementary students science literacy: International Association of Online Engineering

Yudha Adrian, Rahidatul Laila Agustina ,2020), Pengembangan Buku Suplemen Kurikulum 2013 Berbasis Flibook Tema Kearifan Lokal Kalsel untuk Siswa Kelas V SD di Masa Pandemik Covid-19

Yusuf, Setyawan, Immawati, Santoso, Usman (2022), Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel Untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu 6 (5), 8314-8330,2022

Wahyu Nugroho , Sumarmi , M. Ramli,

Jurnal Implementasi Suplemen

Bahan Ajar Berbasis

Kearifan Lokal pada Subtema

Jenis-Jenis Pekerjaan

W Widodo, E Sudibyo, S Suryanti, DAP Sari, I Inzanah, B Setiawan, (2020) The effectiveness of gadget- based interactive multimedia in improving generation z’ s scientific literacy Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 9 (2), 248-256 85 2020

Wulandari, Utaminingsih, Kanzunnudin (2020) Development of Class VI Elementary School Thematic Teaching Materials Based Local Wisdom: Jurnal of Education Technology, 2020

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)