OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i03.33918Keywords:
Peran guru; manajemen kelas; sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas yang diterapkan oleh guru kelas V SD Inpres Oransbari. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan kepala SD Inpres Oransbari dan guru kelas V SD Inpres Oransbari. Teknik lain yang digunakan adalah dengan mengumpulkan informasi sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait penelitian seperti administrasi kelas V SD Inpres Oransbari Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam manajemen di kelas V SD Inpres Oransbari adalah sebagai pendidik, pengajar, teladan,penasihat, pengelola kelas dan evaluator telah dilakukan dengan baik. Adapun faktor pendukung yang ditemukan dalam manajemen kelas adalah penerapan Kurikulum 2013 yang telah dipahami dengan baik oleh guru Kelas V SD Inpres 54 Oransbari, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung guru dalam mengajar, hubungan yang baik antara guru dan siswa, dukungan kepala sekolah, serta penerapan model dan strategi pembelajaran yang baik. Faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian adalah tingkat kedisiplinan siswa kelas V SD Inpres Oransbari yang masih kurang dan dukungan orang tua yang masih kurang dalam memperhatikan kedisiplinan anaknya ke sekolah.Downloads
References
Afifah Khoirun Nisa. 2019. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya,
Arikunto, Suharsimi. 2014. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif Cetakan keempat.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Febriansyah, R., Muflihah, S., & Maturrahmah, E. (2025). Gender-based teacher’s politeness strategies in building students and teacher interaction.
Feti, A., Pare, S., Fatimatul Zahra, S., Yaqimah, A., Muflihah, S., & Pertiwi, M. W. (2024). Pengembangan Media Cerita Tokoh Huruf Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sd Ypk 10 Imanuel Kebar.
Garret, T. 2014. Effective of Classroom Management. Columbia University: Teacher College Press.
Kompri, 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktik, Alfabeta: Bandung.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Zifatama Jawara.
Muldiyana Nugraha. 2018. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan
Nur Ilahi. 2020. Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy- Syukriyah.
Riyadi, I., Judijanto, L., Anisah, Muflihah, S., Sanulita, H., & Lumbantoruan, J. H. (2024). Factors to Improve School Management and Social Science Student Learning Outcomes Through Cooperation with Parents. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(8), 350–368. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.8.18
Sari, S., Muflihah, S., & Zahra, S. F. (2023). Pojok Baca: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa di SD Inpres 59 Maitefa. 1.
Slameto. 2020. Teori, Model, Prosedur Manajemen Kelas dan Efektivitasnya. Qiara Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Toharudin, 2019. Buku Ajar Manajemen Kelas.CV: Penerbit Lakeisha, Klaten.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.