PENERAPAN MODEL PLAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Muhammad Niko Wahyudi Universitas Lambung Mangkurat
  • Wahdah Refia Rafianti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33916

Keywords:

Model PLAY, Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar pada muatan matematika melalui penerapan model pembelajaran PLAY, yaitu perpaduan dari model PBL, NHT, dan CRH. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran, tes untuk mengevaluasi hasil belajar, serta dokumentasi guna merekam peristiwa-peristiwa penting yang terjadi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan persentase pencapaian setiap aspek pada masing-masing pertemuan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan: aktivitas guru naik dari 75% menjadi 97%, aktivitas siswa dari 33% menjadi 92%, keterampilan berpikir kritis siswa dari 42% menjadi 92%, serta hasil belajar meningkat dari 17% menjadi 92%. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika di jenjang Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, W. K. S., Bundu, P., Suradi, & Jufri, M. (2018). Application of Group Investigation (GI) Learning Model in Pendidikan IPS SD Course, To Improve Students’ Critical Thinking Skills At Pgsd Universitas Negeri Makassar. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(2), 41–46. https://doi.org/10.9790/7388-0802054146

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2021). Developing Blended Learning Model MARTAPURA to Improve Soft and Social Skills. ATLANTIS PRESS, 513, 294–302. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.121

Amalia, F., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak : Membangun Kolaborasi Efektif dengan Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(4), 2217–2227. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras

Anggraini, Y. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Anita, Jannah, F., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pena. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 64–75. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/11

Ariana, I. G. G. (2022). Supervisi yang Berkesinambungan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran. Journal of Education Action Research, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44467

Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-benda di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 1–10.

Arsyad, M. F. L., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Putri, E. C. S. (2024). Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Ceramah Dan Metode Audio- Visual Dalam Pembelajaran Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 661–666. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media TTS Pada Kelas IV SDN Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(02), 96–108. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/20

Azizah, F., Syamsurizal, S., Lufri, L., & Arsih, F. (2022). Validasi Isi Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA tentang Materi Bioteknologi. JOTE: JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(1), 348–355. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6016

Bormayanti, H., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V terhadap Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL , Talking Stick dan Scramble. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 5(4), 443–449. https://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/616

Cahyani, A. A., Pertiwi, F. N., Rokmana, A. W., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 249–258. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.184

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492–2500. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113

Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 767–782. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538 PENGARUH

Gina, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01), 227–234. Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun%0ARuang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1

Hadi, M. R., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2025). Penggunaan Model Proton Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP UNIVERSITAS MANDIRI, 11(2), 288–313. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/6930

Halidin, & Ansar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1067–1075. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3057

Handayani, A., & Noorhapizah, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Muatan IPS Model PRINTING Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 115–122. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss4.857

Haryani, E. D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD dalam Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 5(5), 1477–1481. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/84787/44284

Hidayat, Sukmawarti, & Fadilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Dengan Menggunakan Chip Bilangan. JS (Jurnal Sekolah), 6(4), 160–167. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/38854/19352

Krisna Dewi, K. P., & Parmiti, D. P. (2022). Dampak Model Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43362

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 924–932. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Maulidi, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i1.698

Ningsyih, S., Hairunisa, H., Fatimah, N., & Ulfa, M. (2022). The effect of the team games tournament model with the traditional game media to train critical thinking ability in elementary school students. Jurnal Pijar Mipa, 17(1), 62–66. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i1.3182

Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.56393/decive.v1i1.6

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/about

Nurmaida, & Aslamiah. (2025). Meningkatkan Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Peta. Journal Educational Research and Development, 01(03), 347–350. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd

Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Pertiwi, H., Gustina, H., & Priyanti, N. (2022). Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.89

Pardede, O. B., Sinaga, E. A., Br Depari, A. W., & Gultom, R. J. B. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thingking) Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 24–41. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22027

Pratiwi, G. I., Nuriman, & Alfarisi, R. (2022). Korelasi antara Gaya Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), 162–172. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2634946&val=24565&title=Korelasi antara Gaya Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso

Putri, H. V., Putri, D. H., & Setiawan, I. (2023). Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.13715

Putri, T. A. ., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Peta Pintar Pada Siswa Sekolah Dasar. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 287–309. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2632

Rafianti, W. R., & Maulana, J. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model INTAN di Kelas V SDN Labat Muara. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 1–14. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/download/143/105/661

Rahayu, A. D., & Ramadan, Z. Ha. (2024). Efektivitas Metode Dasar Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 216–229. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.517

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahman, A., & Aslamiah. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PANTING Pada Siswa Kelas V. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/scholastica/article/view/13034/7814

Rahman, L., Hidayat, A., Agusta, A. R., & Rafianti, W. R. (2025). Implementasi Model Akustik Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Muatan Pendidikan Pancasila Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 03(01), 15–21. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/1007

Rahmasafitri, D., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Perbandingan Efektivitas Penggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas Tinggi pada Mata. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(4), 2171–2177. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras

Ridhani, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Increase Activity , Critical Thinking Skills and Student Collaboration Using the PERMATA Model and Wordwall Media in Elementary Schools. Indonesian Journal of Primary Education, 8(1), 113–128. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/73240

Rizaliannor, M. A., & Agusta, A. R. (2023). Penerapan Model Speak Up Untuk Meningkatkan Aktivtas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 774–793. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Santoso, E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PPKn Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Kuliah Pendidikan Budi Pekerti di Universitas PGRI Adi Buana PSDKU Blitar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2179–2192. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/2906

Sapna, Lailawati, N., Rahimah, R., Prahesti, D. T. D., Pratiwi, D. A., & Aslamiah. (2025). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Seberang Mesjid 1. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia Volume, 4(1), 214–223. https://jpion.org/index.php/jpi

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392

Suriansyah, A., Agusta, A. R., Hayati, R. P., Mahmudy, M. N., Aulia, A., Arridho, M. S. A., & Aisyiyah, Z. (2022). Model GAWI SABUMI Berbasis Lingkungan Lahan Basah Untuk Mengemabangkan Kesadaran Ekologi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(1), 45–56. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/download/675/684

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90–110. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Teluk Tadan Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN (1 ed.). Rajawali Pers. https://anyflip.com/zsuje/nkly

Sutrisno, R. R., & Hamdu, G. (2020). Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM untuk Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 227–238. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227

Syauqi, M. O., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Prima Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 3. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1196–1203. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112–123. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.18

Wahyuni, R., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Kombinasi Model PBL, SR, Dan CRH Di SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(4), 230–244. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1524

Wandini, R. R., Sari, P. Z., Harahap, E. Y., Ramadani, R., & Adila, N. A. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadenggan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 384–391. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.143

Widayanti, E. (2020). Potensi Pembelajaran Saintifik Bernuansa Etnosains Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 82–94. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352

Winanda, A., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL , TPS , dan TGT. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 5(4), 431–436. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/609

Wisudawati, N. S., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2025). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Baiman Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(04), 996–1008. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index

Wiyoko, T., Aprizan, & Lasmono, P. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Course Review Horay (CRH) Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 609–618. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.278

Yanti, S. R., Hidayat, A., Agusta, A. R., & Rafianti, W. R. (2025). Implementasi Model Arunika untuk Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Siswa Sekolah Dasar Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 03(01), 1–7. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/997

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–6377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1728

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915 p-ISSN:

Yusup, I. R., & Salsabila, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.49-55

Zahra, S. A. A., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2025). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Muatan Lokal (Bahasa Inggris) Dengan Model Pangkal Dan Media Flashcard Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(04), 1009–1015. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index%0AE-ISSN

Downloads

Published

2025-09-30