PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL ANGKLUNG TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33893Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Model Project Based Learning, Kearifan LokalAbstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan modal fundamental bagi peserta didik dalam menghadapi tantangan global, perkembangan teknologi, serta dinamika sosial di masa mendatang. Apabila keterampilan ini tidak ditumbuhkan sejak dini, peserta didik berpotensi mengalami kesulitan dalam memilah informasi, mengambil keputusan yang tepat, dan bersikap rasional dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar masih tergolong rendah. Kondisi ini menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif, kontekstual, serta dekat dengan lingkungan budaya mereka. Model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan kearifan lokal angklung dipandang sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PjBL bermuatan kearifan lokal angklung terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas 21 peserta didik kelas V SD Negeri Gandasari I sebagai kelompok eksperimen dan 21 peserta didik kelas V SD Negeri Gandasari II sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen meningkat dari 47,86 menjadi 79,71, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 44,14 menjadi 68,19. Uji perbedaan rerata (t-test) menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL bermuatan kearifan lokal angklung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.Downloads
References
Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini ( Studi kasus di desa Karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 57-62.
Ahmed, S. K. (2024). How to choose a sampling technique and determine sample size for research: A simplified guide for researchers. Oral Oncology Reports, 12, 100662. https://doi.org/10.1016/j.oor.2024.100662ï
Alni, B. D. V., Nurhasanah, & Novitasari, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMEMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS KRLAS V SDN 31 AMPENAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Aprianto, D., Saputra, Y., R., A., Wijaya, A., S. 2024. Meningkatkan Kemampuan Analisis Materi PAK Menggunakan Metode PBL bagi Mahasiswa PPG dalam Jabatan Batch-1 2024. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 10(2).
Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3).
Ardila, Nike., Ruslam, & Kusumawati, Y. (2024). Pembelajaran Kontruktivisme dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS SDN 28 Melayu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 422–433.
Arfah, M. (2021). EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). JURNAL LITERASIOLOGI, 7(2), 1–14.
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadilah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.
Arina Putri, A., Arinda Sabilla, I., Afifah Fadhilah, S., Aridansyah, V., Farras Qoid Mufadhol, M., Sukmawati, W., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2025). Ilmu Pengetahuan Alam dan Bidang 4 Ilmu Pengetahuan Alam.
Bahasa Dan Matematika, 3(1), 287–304. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1597
Astri, E., K., Siburian, J. & Hariyadi, B. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 08, Nomor 01, 51–59 DOI:https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.160
Aulia, N., Sitohang, S., & Thesalonika, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 094129 Bah Tobu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 16463–16479.
Balaka, M. Y. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Benyamin, Qohar, A., & Made Sulandra, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 909–922.
Dahri, N. (2022). Problem dan Project Based Learning (PPjBL). Padang: CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.
Darmawan, W., Kurniawati, Y., Yulianti, I., & Gumelar, F., E. (2023). Pengembangan nilai kearifan lokal ekologi kampung adat Cikondang dalam lingkungan kebudayaan dan komunitas melalui ecomuseum. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 13(1), 73-89.
Dewi, I. A. P. I. L., Kiriana, I. N., & Arimbawa, I. N. (2024). MANFAAT MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI SMP NEGERI 4 TABANAN. UPADHAYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA, 5(1). http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/UP
Dias-Oliveira, E., Pasion, R., Vieira da Cunha, R., & Lima Coelho, S. (2024). The development of critical thinking, team working, and communication skills in a business school–A project-based learning approach. Thinking Skills and Creativity, 54. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101680
Diningsih, A. W., Sirwanti, & Asfar, A. M. I. (2024). Pemberdayaan Srategi Pembelajaran Etnomatematika Permainan MA’cciccu Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitik Matematika. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1871–1876. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10150
Fadilah, N., Roshayanti, F., & Reffiane, F. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N PETERONGAN SEMARANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2).
Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419
Faiz, A., Putra, N, P., & Nugraha, F. (2022). MEMAHAMI MAKNA TES, PENGUKURAN (MEASUREMENT), PENILAIAN (ASSESSMENT), DAN EVALUASI (EVALUASION) DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Education And Development, 10(3).
Fajriyudin, M., Aminudin, R., & Fahrudin. (2020). PENGARUH METODE CONTINUOUS RUNNING TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 51–59.
Faslia, Aswat, H., & Aminu, N. 2023. Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6).
Fatma, N., K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sd Negeri Bandungrojo. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Fauziyah, A., Sakinah, Z. A., Mariyanto, & Juansah, D. E. (2023). INSTRUMEN TES DAN NON TES PADA PENELITIAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6538–6548.
Habib, M., Devi, M., C., Rahma, A., S., & Sari, E., P. (2022). MENGANALISA, MENGUKUR, SERTA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM LANDASAN KONSEPTUAL PEMBELAJARAN IPS. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 169-180
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN IPS YANG BERMAKNA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
Huda, A., N. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Pondok Kacang Timur 02 Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hudaidah, Retno Susanti, L., Martayati, R., & Oktapiani, R. (2025). Sosialisasi Pelestarian Kekayaan Sejarah dan Budaya Non Benda bagi Guru IPS di Muara Enim. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 827–836.
Husain, A. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Kearifan Lokal. Makassar: CV. syakir Media Press.
Inayati, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran PAI; Teori David Ausubel, Vigotsky, Jerome S. Bruner. AL VASINI Jurnal Keislaman, Serial, Halrum dan Pendidikan, 7(2).
Irwansyah, T. Wibowo, A., & Pratama, A. 2024. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 64 JAKARTA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2).
Ishari, S. A., Yanyan, A., & Safitri, T. (2022). PENGARUH PENCAK SILAT TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI PAGURON MHI BALEBAT PUTRA KAMPUNG PAMUCATAN DESA ARJASARI KECAMATAN ARJASARI. RESOURCE (Research OfSocial Education), 1(2).
Jamaludin, J. (2024). PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILESENSOR. Jawa Barat: GUEPEDIA.
Jaya, I. (2019). PENERAPAN STATISTIK UNTUK PENELITIAN PENDIDIKAN. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jeniver, Fadilah, M., & Alberida, M. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, Vol. 03(01), 10 – 20.
Karim, A. (2022). Praksis Penanaman Nilai Local Wisdom Masyarakat Desa Jrahi sebagai Learning Resources IPS. QUALITY JOURNAL OF EMPIRICAL RESEARCH IN ISLAMIC EDUCATION, 10 (2), 203 – 228.
Kasmita, K., A., Ardana, I., M., & Gunamantha, I., M. (2021). PENGARUH MODEL CORE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V GUGUS 02 KUTA UTARA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indosnesia, 11(1).
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Pembelajaran IPAS SD dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kharismawati, S., A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal "Manurih Gatah" melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782-789. https://toucrg/10.51169/ideguru.v8i3.706
Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied, M., Putera, D., B., Sutarja, M., C. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2). DOI: 10.35719/vektor.v3i2.61
Krajcik, J., Schneider, B., Miller, E. A., Chen, I. C., Bradford, L., Baker, Q., Bartz, K., Miller, C., Li, T., Codere, S., & Peek-Brown, D. (2023). Assessing the Effect of Project-Based Learning on Science Learning in Elementary Schools. American Educational Research Journal, 60(1), 70–102. https://doi.org/10.3102/00028312221129247
Kusmaryono, I., Maharani, H., R., Muhtarom. (2024). MEMPROMOSIKAN PEMIKIRAN KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jawa Tengah: CV. Yudhistt Fateeh.
Kusumawati, H., Alatas, M., A. 2024. Penerapan Kontruksi Ekologis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Siswa di MA Ummul Quro Putri Pamekasan. Ghâncaran: Jumal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Edisi Khusus: Lalonget V, 549-562.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a
Mahendra, P. R. A. (2023). Peran Pendidikan IPS dalam Pendidikan Multikultural. Journal on Education, 5(2), 4468–4475.
Mahtumi, I., Purnamaningsih, I., R., Purbangkara, T. (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECTS BASED LEARNING). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Manurung, A., S., Fahrurrozi., Utomo, E., Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda, 5(2), 120-132.
Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036
Maylitha, E., Alfiyana, F. M., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hanifa, S., & Prihatini. (2023). KESIAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGIMPLEMEMTASIKAN KURIKULUM MERDEKA. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3).
Munandar, A., Noer, M., & Syahni, R. (2022). KERAGAMAN BENTUK KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU MENTAWAI DI KAWASAN WISATA BAHARI PULAU SIBERUT DIVERSITY FORM OF LOCAL WISDOM OF THE MENTAWAI TRIBE COMMUNITY IN THE MARINE TOURISM AREA OF SIBERUT ISLAND. Menara Ilmu, 16(1), 1–10. http://www.mentawaikab.go.id
Murhaini, S., & Achmadi. (2021). The farming management of Dayak People’s community based on local wisdom ecosystem in Kalimantan Indonesia. Heliyon, 7(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08578
Nababan, D., Marpaung, A., K., Koresy, A. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2).
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774
Ndruru, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK KEGIATAN WAWANCARA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI SISWA. Jurnal Education and Development, 10(1), 493–497.
Novandi, M., Serani, G., Djudin, T., & Suratman, D. (2025). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGAJARANNYA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(1), 649 – 669.
Nulhadi, A., Burhan, Z., & Hasan Ashari, L. (2024). Pelatihan Cabang Olahraga Beladiri Pencak Silat Tentang Teknik Dasar Tendangan T Praya Tengah. INSANTA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 109–113. https://doi.org/10.61924/insanta.v2i3.29.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. WAHANA DIDAKTIKA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 18(3), 257–365.
Prahastiwi, E., D., Efendi, M., Tobroni, Widodo, J. 2024. HAKIKAT MANUSIA: Perspektif Pakar Klasik dan Modern. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia
Pranjol, M. Z. I., Oprandi, P., & Watson, S. (2022). Project-based learning in biomedical sciences: using the collaborative creation of revision resources to consolidate knowledge, promote cohort identity and develop transferable skills. Journal of Biological Education. https://doi.org/10.1080/00219266.2022.2147576
Pribadi, R. (2024). Analisis Komponen Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Kelas A Dan B Cempaka Putih Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 856–878. https://doi.org/10.5281/zenodo.13140713
Primanata, R. O., Harjianto, H., & Irwan H, M. S. (2021). Eksplorasi Ragam Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Khas Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 27. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1138
Primanata, R. O., Harjianto, & Irwan, M. S. (2021). Eksprorasi Ragam Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Khas Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1).
Pujiharti, E. S., & Isnaini, U. (2025). INSTRUMEN DAN PENGUMPULAN DATA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DATA PADA PENELITIAN PENDIDIKAN. AN NAHDILIYAH Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 35–47.
Rifai, N. A., Fourqoniah, F., & Dwivayani, K. D. (2022). Motif Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Netflix Di Kota Samarinda. Journal Ilmu Komunikasi , 10(3), 129–143.
Rohimah, H. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Buku Cerita Augmented Reality Terhadap Keterampilan Membaca Pemahan Siswa. Skripsi. Majalengka: Universitas Majalengka.
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12).
Runtukahu, M., Y., Rorimpandey, W., H., F. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bloom Journal, 2(1).
Sakila, R., faridah Lubis, N., Asriani, D., Pendidikan Kimia, P., Pendidikan Tapanuli Selatan, I., & Pendidikan Fisika, P. (2023). PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam.
Salniwati, Pradnyan, I., G., M., S., D., Suraya, R., S., Rustiana, K., W., Sofia, Safitri, E., M., & Wicaksono, A. (2024). Pelatihan Observasi Sampah Dapur. Communnty Development Journal, 5(4), 6370-6374.
Saputro, O., A. dan Rayahu, T. S. 2020. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(1).
Sari, M. N., Khoirunnisa, Fitria, D., Fauziah, S., Rizkia, P. N., Hoiriyah, N. V., & Wasito, M. (2024). Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 202–209.
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Satino, Manihuruk, H., & Ery Setiawati, M. (2024). Melestarikan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sebagai Wujud Bela Negara. IKRAITH-HUMANIORA, 8(1), 248–266. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1
Seftiani, S., Zulyusri, Arsih, F., & Lufri. 2021. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2).
Sitohang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital.Yogyakarta: PT Kanisius.
Sofwatillaah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). TEKNIK ANALISIS DATA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM PENELITIAN ILMIAH. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247–255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648
Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SDIT AL KAWAAKIB JAKARTA BARAT. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2, 104–109.
Suhelayanti, Syamsiah, Rahmawati, I., Particia Tantu, Y. R., Kanusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, Julhim. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(1), 1–9. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160
Sutianah, C. 2021. PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Jawa Timur: Cv Penerbit Qiara Media.
Suyanto. (2022). Strategi Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Taufiqurrahman, & Junaidi. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING). International Journal of Educational Resources, 2(2).
Tresnasih, R., I., Lasmiyati, Rostiyati, A., & Merlina, N. (2023). LEUIT SEBAGAI SIMBOL KEARIFAN LOKAL. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 13(2).
Triastuti, S., Junaidi, I. A., & Ayu, I. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 02 Trans Bangsa Negara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14330–14339.
Wajdi, F., Jumini, S., Tauran, S., F., Lestari, F., P., Budiarsih, R., Lestari, N., I., Bakti, R., Sukendri, N., & Mutiah, R. (2024). PENGANTAR STATISTIK UNTUK PENDIDIKAN. Bandung: Widina Media Utama.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tembusai, 7(1), 2896–2910.
Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I., N., Prahadi, M., Prasetyo, T., & Sabilah, A., I. (2024). ANALISIS DATA SAMPLE MENGGUNAKAN UJIHIPOTESIS PENELITIAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN UJI ANOVA DAN UJI T. JEBI: Jurnal Ekonomi, 2(6), 775-785.
Widodo, S., Ladyani, F., & Astrianto, L, O. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: Cv Science Techno Direct.
Winarti, N., Maula, L., H., Amalia, A., R., Pratiwi, N., L., A., & Nandang. 2022. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas,8(3).
Yani, M., Mastuang., & Misbah. (2021). Development of Solid Elasticity Modules with Guided Inquiry Model to Train Critical Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal, 4(1), 44-56. https://doi.org/10.37891/kpej.v4i1.213.
Yanti, R., Raharjo, Rosyidin, I., Suhirman, L., Djollong, A., F. (2023). ILMU PENDIDIKAN (Panduan Komprehensif untuk Pendidikan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Zahroh, F. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elektrokimia. Jurnal: Phenomenon, 10(2), 191–203.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.