PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Yandri yulaska putra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33856

Keywords:

berpikir kritis, Yurisprudential Inquiry, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 001 Binamang dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Yurisprudential Inquiry. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat dari 43,75% menjadi 56,25%. Pada siklus II, meningkat lagi dari 75% menjadi 87,5%. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Yurisprudential Inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affdany, Surakarta H, N S Aminah, dan A Supriyanto. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF, 9(1), 25–33.

Afrilianto dan Hendriana Heris. (2017). Langkah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Alouw, Mia A, Apeles L.L., dan Theodorus P. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Langowan. Jurnal PPKn Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 36–47.

Azizah, Hani N., Asep K. J., dan Diah G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51-60.

Joyce, B. (2019). Models Of Teaching, Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Duwitri, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dengan Model Jurisprudential Inquiry di Kelas IV SD Negeri 19 Tanjung Medan. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 65–83.

Febrianti, N. Nur, S, M. Juita, S, R. (2023). Penguatan Civic Skill Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Partisipasi Mahasiswa Sebagai Warga Negara. Pendidikan pancasila dan kewarganegraan. 11 (1), 14-21.

Fithriyah, Inayatul, Cholis S., dan Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMPN 17 Malang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hendita, R. A., Muhammad, N. W. (2018). Muatan Pendidikan Kewaranegaraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan. 6(2), 185-194.

Lovisia, Endang. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. Science dan Physics Education Journal (SPEJ). 2(1), 1–10.

Mulyono, Mulyono. (2011). Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global. Malang. Universitas Islam Negri Maliki Press.

Najmina, Nana. (2017). Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation dalam Mata Pelajaran PPKn. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.

Rahmayanti, Esty. (2017).nPenerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III . 3(1), 242–48.

Riyanti, Y. T. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensi Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar pada PembeLajaran Pkn. Jurnal Pendidikan, Vol.4 No.1.

Roniawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Analitical Inquiry Berbantuaugmented Reality Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X Mata Pelajaran Biologi Di Sma. Lampung. Universitas Islam Negri Raden Intan.

Sihombing. N, BR. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jurisprudential Analytical Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas X Mipa A Sman 1. Universitas Islam Riau

Susilowati, Yayuk, dan Sumaji. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya. 5(2), 62-71.

Tammy, S. R. U. (2019). Pengaruh Model Group to Group Exchange Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Universitas Pendidikan Indonesia

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung. CV Citra Umbara.

Uno, Hamzah. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-09-30