PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Authors

  • Yulia Rizka Amelia Universitas pahlawan tuanku tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iis Aprinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33847

Keywords:

Keterampilan, Berpikir kritis, Model CRH, IPAS

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V UPT SD Negeri 007 Sungai Lipai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model CRH di kelas V UPT SD Negeri 007 Sungai Lipai. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif (ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Instrumen penelitiannya yaitu perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes soal evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dari 35% (pratindakan) menjadi 45% (Siklus I Pertemuan I) meningkat 60% (Siklus I Pertemuan II) dan meningkat 75% (Siklus II Pertemuan II) menjadi 85% (Siklus II Pertemuan II). Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan mampu bekerja sama. Kesimpulannya, model CRH efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keaktifan, dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadila, S., N., N. Silalahi, Y., F., H. Fadiyah, F., U. Jamaludin, and S. Setiawan. 2023. “Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(20):664–69.

Cahyani, H., D., D. Hadiyanti, A., H., and A. Saptoro. 2021. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):919–27. doi: 10.31004/edukatif.v3i3.472.

Cahyani. 2021. Penelitian Tindakan Kelas.

Indah, M., Y., N., M. Yanti, M., Y. Arifi, M. Pawestri, A., A., and Hermahayu. 2020. “Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang.” Jurnal Varidika 32(1):61–69. doi: 10.23917/varidika.v32i1.11141.

Julia, A., R. Permatasari, and I. Susilawati. 2018. “Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN 7 Kebebu.” Jurnal Pendidikan Dasar 6(2):66–73. doi: 10.46368/jpd.v6i2.143.

Khoiriyah, N. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.”

Maharani, R., A., and Reinita. 2020. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik (Studi Literatur).” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2):1540–51.

Mujahidin, A., A., H. Salsabila, U., L. Hasanah, A., M. Andani, and W. Apliria. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, Dan Wordwall) Kelas 5 Di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti.” Innovative: Journal Of Social Science Research 1(2):552–60. doi: 10.31004/innovative.v1i2.3109.

Nunu, F., F., Khaerunnisa, and F. Yusuf. 2024. “Pengaruh Metode Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Jeneponto.” Pinisi Journal Of Education 4(5):27–40.

Nurjaman. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kepercayaan Diri.” Journal on Education 01(03):9–20.

Octavia, E., and R. Satianingsih. 2024. “Pengaruh Media Digital Wordwall Berbasis Web Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan) 2(1):125–32.

Purnaningsih, S., R., Kusmiyati, and S. Wahyuningtyas. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Berbantuan Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Eduteach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran 3(2):71–77. doi: 10.37859/eduteach.v3i2.2447.

Rahmadina, and Masniladevi. 2020. “Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3):2250–58.

Sanjaya. 2025. “Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen.” 2(May):10–13.

Sari, P., M., and N. Yarza, H. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):195–99.

Setiawan, A., S. Apsoh, and A. Ariani. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Sirnagalih.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(3):186–94. doi: 10.57218/jupeis.vol2.iss3.800.

Setyorini, D., S. Suneki, M. Prayito, and C. Prasetiawati. 2023. “Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sinektik 6(1):25–31. doi: 10.33061/js.v6i1.8885.

Susanto. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Controversial Issue.” Jurnal Holistika 4(2):71. doi: 10.24853/holistika.4.2.71-76.

Wiguna, A., C., S. Salamah, I., and T. Rustini. 2023. “Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Dirasah 6(1):62–70.

Zaini, M. 2021. Manajemen Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>