PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 1 TAHUN 2025 DI SD NEGERI JOGLO SURAKARTA

Authors

  • Wahyu Aditya Nugraha Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sri Handayani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Daryono Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33837

Keywords:

Android Game-Based Learning Media, Addition and Subtraction, Mathematics, Master of Counting, ADDIE

Abstract

The purpose of this study is to 1) design an Android-based learning media for the mathematics subject of addition and subtraction for grade I of SD Negeri Joglo Surakarta using the Adobe Flash CS 3 application; 2) to assess the feasibility level of the Android-based learning media design as a mathematics learning medium for addition and subtraction for grade I of SD Negeri Joglo Surakarta. This study uses the Research and Development method with the ADDIE development model. Data collection uses observation, interview, questionnaire, and documentation techniques. The testing system uses Blackbox Testing and feasibility validation by experts and student responses to provide responses regarding the feasibility of the learning media, then the product feasibility validation is analyzed and converted using a Likert Scale. The results of this study indicate that the designed learning media obtains very feasible criteria, according to media expert validation it has a feasibility level of 94% with very feasible criteria, according to material expert validation it has a feasibility level of 91% with very feasible criteria, according to teacher expert validation (educators) it has a feasibility level of 93% with very feasible criteria, and the feasibility assessment by students gets a percentage of 95% with very feasible criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

pengkodean aplikasi. Disini

peneliti dapat melihat apakah

media pembelajaran “Jago

Berhitung” berbasis android ini

sudah layak untuk dipakai

sebagai media pembelajaran

alternatif bagi peserta didik

kelas I SD Negeri Joglo

Surakarta.

d. Tahap Implementation ini

merupakan tahap

pengimplementasian

(penerapan) media

pembelajaran berbasis game

android “Jago Berhitung” pada

mata pelajaran matematika

kelas 1 SD Negeri Joglo

Surakarta pada materi

penjumlahan dan

pengurangan. Tahap ini

bertujuan untuk mengukur

kelayakan aplikasi untuk

mendukung kegiatan. Tahapan

implementasi ini dapat

dikatakan layak setelah

melakukan beberapa tahapan

uji validasi. Uji validasi yang

pertama adalah melakukan

pengujian blackbox testing, uji

validitas ke ahli materi, dan

juga pendidik. Kemudian,

produk akan diuji

kelayakannya oleh ahli media.

Selanjutnya adalah uji validasi

oleh ahli materi dan juga

pendidik.

e. Tahap Evaluation ini

merupakan tahap terakhir dari

metode ADDIE, tahap ini

bertujuan untuk menilai

kualitas produk baik sebelum

maupun. Penentuan kriteria

evaluasi, pemilihan alat

evaluasi yang tepat, dan

pelaksanaan evaluasi menjadi

prosedur umum yang terkait

dengan tahap evaluasi. Hasil

dari tahap ini adalah rencana

evaluasi. Ringkasan yang

menguraikan tujuan, alat

pengumpulan data, waktu, dan

orang atau kelompok yang

bertanggung jawab untuk

tingkat evaluasi tertentu,

seperangkat kriteria evaluasi

sumatif, dan seperangkat alat

evaluasi menjadi komponen

umum dari rencana evaluasi.

Penelitian ini, tahap evaluasi

dilakukan oleh peneliti melalui

teknik pusposive sampling

respon peserta didik sebanyak

23 peserta didik. Media

pembelajaran yang telah

dikembangkan menyajikan

animasi dan gambar yang

Downloads

Published

2025-09-26