Rekonstruksi Pemikiran Filsafat dan relevansinya dengan Pendidikan: Studi Literature Review Terhadap Konseptualisasi Pembelajaran Holistik dalam Konteks Indonesia

Authors

  • Syamsurijal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33833

Keywords:

philosophical reconstruction, holistic learning, Indonesian education

Abstract

Transformasi paradigma pendidikan kontemporer menuntut rekonstruksi fundamental dalam memahami hakikat pembelajaran yang sesungguhnya melalui integrasi dimensi filosofis yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan menganalisis rekonstruksi pemikiran filsafat dan relevansinya dengan konseptualisasi pembelajaran holistik dalam konteks sistem pendidikan Indonesia. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan literature review sistematis terhadap publikasi akademik periode 2015-2025 dengan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola konseptual dalam integrasi berbagai aliran filsafat pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi filosofis memerlukan sintesis antara konstruktivisme, pragmatisme, dan humanisme sebagai landasan epistemologis pembelajaran holistik yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, psikomotorik, sosial, dan spiritual. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan peluang transformatif melalui fleksibilitas perancangan kurikulum kontekstual, namun menghadapi tantangan kesenjangan antara konseptualisasi teoretis dengan aplikasi praktis. Model pembelajaran holistik berbasis digital mendemonstrasikan efektivitas dalam personalisasi pembelajaran yang adaptif terhadap keragaman kebutuhan individu. Rekonstruksi aliran filsafat pendidikan dalam konteks Indonesia menghasilkan pendekatan eklektik yang mempertahankan nilai-nilai Pancasila sambil mengintegrasikan standar global. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa konseptualisasi pembelajaran holistik berbasis filosofis berpotensi menciptakan ekosistem pendidikan berkelanjutan yang inklusif dan responsif terhadap kompleksitas abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. N. M., & Ismail, I. (2024).

Peran vital filsafat pendidikan

dalam mewujudkan

pembelajaran abad 21.

Cendikia: Media Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 14(3), 352–358.

https://www.iocscience.org/ejour

nal/index.php/Cendikia/article/view/4538%0Ahttps://www.iocscie

nce.org/ejournal/index.php/Cen

dikia/article/download/4538/333

2

Farid, M. M., Asro, M. N., Muttakin, M.

A. I., & Ahsani, E. L. F. (2025).

Pendekatan Holistik Dalam

Pendidikan Studi Kasus

Koloborasi Kurikulum Merdeka

Dan Cambridge. Al-Mubtadi:

Jurnal Pendidikan Guru

Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 235–

248.

https://doi.org/10.58988/almubta

di.v2i2.391

Ika Ika, Khoirun Nisa, Ivan Ilham

Riyandi, & Fani Laffanillah.

(2024). Pendidikan Holistik

dalam Merangkul Spiritualitas

dan Pengetahuan Empiris.

Concept: Journal of Social

Humanities and Education, 3(3),

362–369.

https://doi.org/10.55606/concept

.v3i3.1457

Khaerunnisa, D., Hamdiah, S. D.,

Hidayat, W., & Indriana, D.

(2024). Aliran-Aliran Dalam

Pendidikan Perspektif Filsafat

Streams in Education From a

Philosophical Perspektife.

JICN:Jurnal Intelek Dan

Cendikiawan Nusantara, 2246–

2259.

Kiai, P., Studi, P., Pondok, K.,

Zakkiyah, F., Ekosiswoyo, R., &

Rifai, A. (2023). Bulletin of

Indonesian Islamic Studies

Pesantren Manbaul Hikmah

Kaliwungu Kendal Indonesia.

Mahmudulhassan, Mariam Elbanna, &

Muhammad Abuzar. (2025). the

Philosophical Foundations of

Holistic Education in the 21St

Century (Challenges and

Obstacles To the Development

of Islamic Education). Jurnal

Pedagogy, 18(1), 01–08.

https://doi.org/10.63889/pedago

gy.v18i1.248

Merawi, F. (2024). Philosophy

Education and the

Reconstruction of Subjectivity

and Modernity in Africa. Theoria,

71(179), 108–128.

https://doi.org/10.3167/th.2024.7

117905

Mujaahidah, U., & Ismail, I. (2024).

Relevansi Filsafat Pendidikan

Dalam Transformasi

Pembelajaran Abad 21:

Perspektif Filosofis Dalam

Meningkatkan Kualitas

Pendidikan. Indonesian Journal

of Education and Development

Research, 3(1), 582–589.

https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i

1.4810

Nabila, J. R., Shofa, Sari, W. V. N., &

Devi, A. C. (2023). Senyawa

Morfin: Mudarat Dan Manfaat

Dalam Perspektif Sains Dan

Islam. E-Jurnal EP Unud, 3 [10] :

467-475 ISSN: 2303-0178, 5,

86–88. https://ejournal.uin-

suka.ac.id/saintek/kiiis/issue/vie

w/287/2469

Nasir, M., & Sunardi, S. (2025).

Reorientasi Pendidikan Islam

Dalam Era Digital: Telaah

Teoritis Dan Studi Literatur. Al-

Rabwah, 19(1), 056–064.

https://doi.org/10.55799/jalr.v19i

1.688

Nedungadi, P., Menon, R., Gutjahr,

G., & Raman, R. (2024).Evaluating Holistic Education

and Digital Learning model for

advancing SDG4: a longitudinal

mixed-effects modeling

approach. Cogent Social

Sciences, 10(1).

https://doi.org/10.1080/2331188

6.2023.2299134

Rawanita, M., & Walidin, W. (2025).

Kerangka Dasar Pemikiran

Pendidikan Naquib Al-. Jurnal

Staika: Jurnal Penelitian Dan

Pendidikan, 8(2), 86–99.

https://doi.org/10.62750/866ran

10

Syaripudin, A., Maya, R., Bogor, S. T.

A. I. A.-H., & dan Bahasa Arab

Makassar, S. T. I. I. (2025). Neo-

Tarbiyah: rekonsepsi pendidikan

islam di tengah revolusi industri

4.0. Journal-

Criticalthoughtinstitute.Com, 1,

9–20. http://journal-

criticalthoughtinstitute.com/jurna

lis/article/view/7

Downloads

Published

2025-10-01