Rekonstruksi Pemikiran Filsafat dan relevansinya dengan Pendidikan: Studi Literature Review Terhadap Konseptualisasi Pembelajaran Holistik dalam Konteks Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33833Keywords:
philosophical reconstruction, holistic learning, Indonesian educationAbstract
Transformasi paradigma pendidikan kontemporer menuntut rekonstruksi fundamental dalam memahami hakikat pembelajaran yang sesungguhnya melalui integrasi dimensi filosofis yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan menganalisis rekonstruksi pemikiran filsafat dan relevansinya dengan konseptualisasi pembelajaran holistik dalam konteks sistem pendidikan Indonesia. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan literature review sistematis terhadap publikasi akademik periode 2015-2025 dengan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola konseptual dalam integrasi berbagai aliran filsafat pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi filosofis memerlukan sintesis antara konstruktivisme, pragmatisme, dan humanisme sebagai landasan epistemologis pembelajaran holistik yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, psikomotorik, sosial, dan spiritual. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan peluang transformatif melalui fleksibilitas perancangan kurikulum kontekstual, namun menghadapi tantangan kesenjangan antara konseptualisasi teoretis dengan aplikasi praktis. Model pembelajaran holistik berbasis digital mendemonstrasikan efektivitas dalam personalisasi pembelajaran yang adaptif terhadap keragaman kebutuhan individu. Rekonstruksi aliran filsafat pendidikan dalam konteks Indonesia menghasilkan pendekatan eklektik yang mempertahankan nilai-nilai Pancasila sambil mengintegrasikan standar global. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa konseptualisasi pembelajaran holistik berbasis filosofis berpotensi menciptakan ekosistem pendidikan berkelanjutan yang inklusif dan responsif terhadap kompleksitas abad ke-21.Downloads
References
Ahmad, S. N. M., & Ismail, I. (2024).
Peran vital filsafat pendidikan
dalam mewujudkan
pembelajaran abad 21.
Cendikia: Media Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 14(3), 352–358.
https://www.iocscience.org/ejour
nal/index.php/Cendikia/article/view/4538%0Ahttps://www.iocscie
nce.org/ejournal/index.php/Cen
dikia/article/download/4538/333
2
Farid, M. M., Asro, M. N., Muttakin, M.
A. I., & Ahsani, E. L. F. (2025).
Pendekatan Holistik Dalam
Pendidikan Studi Kasus
Koloborasi Kurikulum Merdeka
Dan Cambridge. Al-Mubtadi:
Jurnal Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 235–
248.
https://doi.org/10.58988/almubta
di.v2i2.391
Ika Ika, Khoirun Nisa, Ivan Ilham
Riyandi, & Fani Laffanillah.
(2024). Pendidikan Holistik
dalam Merangkul Spiritualitas
dan Pengetahuan Empiris.
Concept: Journal of Social
Humanities and Education, 3(3),
362–369.
https://doi.org/10.55606/concept
.v3i3.1457
Khaerunnisa, D., Hamdiah, S. D.,
Hidayat, W., & Indriana, D.
(2024). Aliran-Aliran Dalam
Pendidikan Perspektif Filsafat
Streams in Education From a
Philosophical Perspektife.
JICN:Jurnal Intelek Dan
Cendikiawan Nusantara, 2246–
2259.
Kiai, P., Studi, P., Pondok, K.,
Zakkiyah, F., Ekosiswoyo, R., &
Rifai, A. (2023). Bulletin of
Indonesian Islamic Studies
Pesantren Manbaul Hikmah
Kaliwungu Kendal Indonesia.
Mahmudulhassan, Mariam Elbanna, &
Muhammad Abuzar. (2025). the
Philosophical Foundations of
Holistic Education in the 21St
Century (Challenges and
Obstacles To the Development
of Islamic Education). Jurnal
Pedagogy, 18(1), 01–08.
https://doi.org/10.63889/pedago
gy.v18i1.248
Merawi, F. (2024). Philosophy
Education and the
Reconstruction of Subjectivity
and Modernity in Africa. Theoria,
71(179), 108–128.
https://doi.org/10.3167/th.2024.7
117905
Mujaahidah, U., & Ismail, I. (2024).
Relevansi Filsafat Pendidikan
Dalam Transformasi
Pembelajaran Abad 21:
Perspektif Filosofis Dalam
Meningkatkan Kualitas
Pendidikan. Indonesian Journal
of Education and Development
Research, 3(1), 582–589.
https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i
1.4810
Nabila, J. R., Shofa, Sari, W. V. N., &
Devi, A. C. (2023). Senyawa
Morfin: Mudarat Dan Manfaat
Dalam Perspektif Sains Dan
Islam. E-Jurnal EP Unud, 3 [10] :
467-475 ISSN: 2303-0178, 5,
86–88. https://ejournal.uin-
suka.ac.id/saintek/kiiis/issue/vie
w/287/2469
Nasir, M., & Sunardi, S. (2025).
Reorientasi Pendidikan Islam
Dalam Era Digital: Telaah
Teoritis Dan Studi Literatur. Al-
Rabwah, 19(1), 056–064.
https://doi.org/10.55799/jalr.v19i
1.688
Nedungadi, P., Menon, R., Gutjahr,
G., & Raman, R. (2024).Evaluating Holistic Education
and Digital Learning model for
advancing SDG4: a longitudinal
mixed-effects modeling
approach. Cogent Social
Sciences, 10(1).
https://doi.org/10.1080/2331188
6.2023.2299134
Rawanita, M., & Walidin, W. (2025).
Kerangka Dasar Pemikiran
Pendidikan Naquib Al-. Jurnal
Staika: Jurnal Penelitian Dan
Pendidikan, 8(2), 86–99.
https://doi.org/10.62750/866ran
10
Syaripudin, A., Maya, R., Bogor, S. T.
A. I. A.-H., & dan Bahasa Arab
Makassar, S. T. I. I. (2025). Neo-
Tarbiyah: rekonsepsi pendidikan
islam di tengah revolusi industri
4.0. Journal-
Criticalthoughtinstitute.Com, 1,
9–20. http://journal-
criticalthoughtinstitute.com/jurna
lis/article/view/7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.