PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DIGITAL BERBANTU CANVA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN

Authors

  • Gladisya Audita Azzahra Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Destri Astrianingsih Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Vivit Nurhikmah Havita Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33822

Keywords:

Canva-assisted Digital Pop Up Book, Critical Thinking Skills, Learning Media, Fourth Grade Students

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajran pop up book digital berbantu canva terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan rancangan penelitian  one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian sebanyak enam butir soal, angket media pembelajaran dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat (uji normalitas, uji hipotesis dan uji NGain). Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretest  sebesar 54,07 dan posttest  sebesar 80, 74 dengan nilai N-Gain sebesar 0,58 yang termasuk kategori sedang. Uji Paired sample T-test menunjukan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil angket juga menunjukan respon positif siswa terhaadap media yang digunakan Dalam penelitian ini dapat disimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran  pop up book digital berbantu canva berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Aini, Qurrotul, Maqda Almadinab, Veny Safitri, Nur Mawaddah, and Naili Sa’ida. 2021. “Pop Up Digital Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak.” JCE (Journal of Childhood Education) 5(2):516. doi: 10.30736/jce.v5i2.657.

Alfiah, Suciani, Siti Istiyati, and Hadi Mulyono. 2021. “Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ips Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 9(5):1–5. doi: 10.20961/ddi.v9i5.49328.

Dandung, Vrisca Bhetris, Pinkan Amita Tri Prasasti, and Ivayuni Listiani. 2023. “Media Pop Up Book Digital Pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(4):1544. doi: 10.35931/am.v7i4.2613.

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, and Achmad Dzulfikri Almufti Asyhar. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik).

Humairah, St Nur. 2020. “Pengaruh Metakognisi, Konsep Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Gowa.” Jurnal MSA ( Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya ) 8(1):5. doi: 10.24252/msa.v8i1.12454.

John W. Creswell, J. David Creswell. 2014. RESEARCH DESIGN.

Khotimah, Aniswatin, and Budi Santosa Agus. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Di SMK Negeri 5 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05(01):237–43.

Ningsih, Yuni Fitriyah, Nopi Hariadi, Imam Sugeng, Ardiansyah D. kandupi, Andri Wahyu Utomo, and Apriliyan Putra Bimantoro. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop up Book Digital Pada Pembelajaran PJOK.” Jurnal Porkes 6(1):15–24. doi: 10.29408/porkes.v6i1.12214.

Rahmayanti, Sri, and Topan Setiawan. 2023. “Learning Science with Digital Pop-Up Book Media.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(10):8085–90. doi: 10.29303/jppipa.v9i10.4339.

Sa’adah, Anis, and sri sami Asih. 2025. “Development of Digital Pop-Up Book Learning Media with Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Approach to Improve Social Science Learning Outcomes for Grade IV Elementary School Students.” 11(5):780–89. doi: 10.29303/jppipa.v11i5.10697.

Santoso, Singgih. 2016. “Panduan Lengkap SPSS Versi 23 - Singgih Santoso - Google Buku.” PT Elex Media Komputindo :Jakarta 1–454.

Sasikome, J., L. Kumaat, and N. Mulyadi. 2015. “1 Pengaruh Penyuluhan Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Smp Katolik Soegiyo Pranoto Manado Menghadapi Banjir.” Jurnal Keperawatan UNSRAT 3(2):106956.

Sinta, and Harlinda Syofyan. 2021. “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Ipa Di Sd.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(02):248–65. doi: 10.21009/jpd.v11i02.18939.

Sitti, Nuralan. 2021. “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Sma Negeri I Tolitoli.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(7):1917–74.

Sobri, Muhammad, Abdul Muid, and Sulhi M. Daud. 2021. “AD-DHUHA VOL 2 No. (2) (2021).” AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam 2(2).

Wati, Risna, Aan Nurhasanah, and Eli Hermawati. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Digital BERBASIS POP-UP BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA.” Jurnal Reviu Pendidikan Dan Pengajaran 7(1):110–19.

Zahwa, Feriska Achlikul, and Imam Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19(01):61–78. doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.

Downloads

Published

2025-10-16