Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Alam Tumbuhan Dalam Pengembangan Literasi Sains Anak Kelompok B di TK Angkasa Lanud Zam Rembiga

Authors

  • Lala Fuji Handayani Universitas Mataram
  • I Wayan Karta Universitas Mataram
  • Baiq Nada Buahana Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33820

Keywords:

Anak Usia Dini, Bahan Ajar Berbasis Alam, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis alam tumbuhan yang layak dan efektif untuk meningkatkan literasi sains anak kelompok B di TK Angkasa Lanud Zam Rembiga. Metode penelitian menerapkan model Borg and Gall dengan 10 tahapan: (1) penelitan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba produk awal, (5) merevisi hasil uji coba produk awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) penyempurnaan produk, (8) uji efektivitas, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) diseminasi dan sosialisasi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi 19 anak kelompok B, angket, dokumentasi, dan kelayakan produk ditentukan melalui penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis alam tumbuhan, dengan sub topik tanaman hias, dinyatakan sangat layak untuk mengembangkan literasi sains AUD. Penilaian dari ahli materi memperoleh persentase kelayakan 91% dan ahli media sebesar 90%, sehingga keduanya masuk kategori sangat layak. Kemudian untuk mengetahui efektivitas produk media bahan ajar berbasis alam tumbuhan, dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan efektivitas menggunakan uji Paired Sample t-Test anak kelompok B di Lembaga anak usia dini. Maka bahan ajar berbasis alam tumbuhan efektif digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan literasi sains anak kelompok B. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis alam tumbuhan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran AUD untuk mengembangkan literasi sains yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buahana, B. N., & Sativa, F. E. (2024). Stimulasi Disiplin Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Merpati Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1351-1355.

Gall, Md, & Borg, Wr (1989). Penelitian Pendidikan. Panduan Untuk Menyiapkan Proposal Tesis Atau Disertai Dalam Pendidikan. Longman, Inc., Order Dept., 95 Chursh Street, White Plains, Ny 10601 Stock No. 78164-6.

Gea, A., & Zega, R. F. W. (2025). Metode pembelajaran Kreatif dalam pendidikan anak usia dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 209-219.

Hadi, S & Novaliyosi (2019). TIMSS INDONESIA (Trends In International Mathematics Ans Science Study). Prosiding Seminal Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 19 Januari 2019, ISBN:978-602-9250-39-8.

Hasanah, F. (2023). Pengembangan bahan ajar buku tematik tema merawat hewan dan tumbuhan berbasis kearifan lokal sumatera. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 230-238.

Karta, I. W., & Rasmini, N. W. (2022). STEAM learning assessment in the growth and development of early childhood literacy. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(3), 576-586.

Karta, I. W., Buahana, B. N., & Sativa, F. E. (2023). Evaluasi kemampuan menyusun RPPH PAUD pada masa new normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1910-1916.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi sains Sains (Lekkas (Ed.); 1st Ed.). Lekkas.

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. (2021). Pengembangan lkpd literasi sains berbasis lesson study for learning community (lslc). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.

Pristikasari, E., Jannah, M., Studi Pendidikan Dasar, P., Pendidikan Anak Usia Dini, K., & Unesa, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Dengan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Pada Anak Tk. 6. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3985

Sativa, F. E., & Buahana, B. N. (2024). Penarapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1322-1326.

Sriwarthini, N. L. P. N., Rachmayani, I., & Sativa, F. E. (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4044-4050.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Da R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhayati, Y., & Watini, S. (2024). Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Literasi sains Sains Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2). Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.7.2.2024.3142

Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153-166.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Uce, L. (2015). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2) 77-92.

Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Erfan, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Te matik Berbasis Literasi Sains Melalui Media Pop Up Box di Era New Normal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4580-4584

Downloads

Published

2025-10-01