PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA di SD

Authors

  • khodikotul atfaliyah Universitas Bina Bangsa
  • Imamudin, Munawaroh Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33812

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas V. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya capaian hasil belajar siswa akibat keterbatasan media interaktif yang digunakan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe non-equivalent control group design. Penelitian ini membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media Augmented Reality (AR) dan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-test), angket respon siswa, dan observasi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen (85,18) dibandingkan kelompok kontrol (42,86).Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai signifikansi p<0,05. Selain itu, skor N-Gain kelompok eksperimen (0,54) berada pada kategori sedang, jauh lebih tinggi daripada kelompok kontrol (0,10) yang berada pada kategori rendah. Respon siswa terhadap media Augmented Reality (AR) juga sangat positif, menunjukkan peningkatan minat, keterlibatan, dan pemahaman materi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik. Temuan ini merekomendasikan integrasi teknologi Augmented Reality (AR) sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Akçayır, M., & Akçayır, G. (2022). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review. Educational Research Review, 45, 100524. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100524

Billinghurst, M., Clark, A., & Lee, G. (2015). A survey of augmented reality. Foundations and Trends in Human–Computer Interaction, 8(2–3), 73–272. https://doi.org/10.1561/1100000049

Bower, M., Howe, C., McCredie, N., Robinson, A., & Grover, D. (2014). Augmented Reality in education – cases, places and potentials. Educational Media International, 51(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/09523987.2014.889400

Fombona, J., Pascual-Sevillano, M. Á., & González-Videgaray, M. (2021). M-learning and augmented reality: A review of the scientific literature on the WoS repository. Comunicar, 29(66), 9–20. https://doi.org/10.3916/C66-2021-01

Haryanto. (2021). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 145–153.

Ibáñez, M. B., & Delgado-Kloos, C. (2018). Augmented reality for STEM learning: A systematic review. Computers & Education, 123, 109–123. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.002

Köse, U., Koc, D., & Kaya, M. (2020). An augmented reality application for learning ecosystems. Education and Information Technologies, 25, 4159–4175. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10165-2

Nasution, R. A., & Huda, M. (2024). Pemanfaatan augmented reality dalam meningkatkan kemampuan berpikir visual siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 55–66.

Rahmawati, N. (2022). Penerapan media augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 77–85.

Rahmawati, N., Santoso, A., & Putri, D. (2023). The effectiveness of augmented reality-based media in elementary school science learning. International Journal of Instructional Media, 50(3), 211–224.

Setiawan, A., & Phillip, R. (2022). Exploring the use of augmented reality in primary education: Opportunities and challenges. Journal of Educational Technology, 39(4), 553–568.

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Augmented reality-based interactive multimedia: The effect on students’ learning achievement and motivation in elementary science. Journal of Primary Education, 8(1), 43–52. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.25205

Yuliana, S., & Akbar, S. (2023). The impact of augmented reality on students’ knowledge retention and motivation in science classes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 201–213.

Downloads

Published

2025-10-01