EFEK PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DASAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR.

Authors

  • Sekar Ayuningtyas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Revalina Eviola Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rahmawati Eka Saputri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33783

Keywords:

Keterampilan membaca awal, Permainan edukatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan membaca siswa kelas satu di sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam studi ini melibatkan analisis serta perbandingan efek dari permainan edukatif terhadap murid kelas satu dengan memanfaatkan media cetak dan keterampilan membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca awal siswa kelas satu. Dalam penelitian ini, terdapat 32 partisipan yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki, termasuk 1 perempuan dan 3 laki-laki yang memiliki kebutuhan khusus. Analisis data dari tugas yang diberikan menunjukkan bahwa terdapat perkembangan yang berarti pada siswa reguler serta siswa berkebutuhan khusus. Data persentase memperlihatkan perbedaan kecil antara kedua kelompok, yaitu siswa laki-laki biasa dengan persentase 32%, siswa laki-laki berkebutuhan khusus 7%, siswa perempuan biasa 36%, dan siswa perempuan berkebutuhan khusus 25%. Hasil survei menunjukkan bahwa dampak dari permainan edukatif sangat signifikan, di mana 84% siswa setuju dengan pernyataan tersebut, sementara hanya 16% yang tidak setuju. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa penerapan permainan edukatif dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif bagi kemampuan membaca awal anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

4. KESIMPULAN

Dari penjelasan yang telah

disampaikan sebelumnya, dapat

disimpulkan bahwa permainan edukatif

yang diterapkan pada siswa kelas 1 di

SDN 11 Pegadungan Pagi efektif dalam

meningkatkan keterampilan membaca

dasar. Media cetak, baik gambar maupun

tulisan, dihadirkan dengan cara yang jelas

dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga

mereka dapat dengan mudah mengenali

dan memahami materi. Hasil analisis

survei menunjukkan adanya peningkatan

dalam pencapaian belajar, di mana (84%)

siswa merasa setuju dan senang dengan

penggunaan permainan edukatif di kelas,

sedangkan (16%) siswa tidak sepakat

dengan kehadiran permainan edukatif

tersebut. Dengan hasil yang

menggembirakan ini, sangat dianjurkan

untuk menggunakan media permainan

edukatif dalam proses pembelajaran agar

prestasi belajar siswa semakin meningkat.

Efendi Wang. (2011). Membongkar

Rahasia Teknik Baca Super Cepat.

Depok. Penebar Plus.

Erna. (2022). Permainan Dalam

Pembelajaran Sebagai Motivasi Belajar

Di Era New Normal. Jakarta. Pusat

Pengembangan Pendidikan dan

Penelitian Indonesia.

Grabriela Rosalia Syatauw, dkk. (2020).

Peningkatan Kemampuan Membaca

Permulaan melalui Permainan Kartu

Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Vol 2,

No 2, Juli 2020 ISSN 2715 - 5110

DAFTAR PUSTAKA

Anderson. (2003). Reading: What, When,

and How. Dalam Journal of Reading

Education.

Creswell, J. W. (2012). Research Design:

Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches. Thousand Oaks,

CA: Sage Publications.

Dina, dkk. (2024). Meningkatkan

Kemampuan Membaca Dengan

menggunakan Media Permainan Bahasa

Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal

Tonggak Pendidikan Dasar:Jurnal

Kajian Teori dan Hasil Pendidikan

DasarVolume 3 Nomor 1 2024 Hal. 83-

98

Gagne, R. (2019). Principles of

Instructional Design. Wadsworth

Publishing.

Gronlund, N. E. (1985). Measurement and

Evaluation in Teaching. New York:

Macmillan Publishing Co.

H.Dalman. (2013). Keterampilan

Membaca. Jakarta. PT RajaGrafindo

Persada.

Hariato, R. (2020). Penggunaan Permainan

Kartu untuk Peningkatan Kemampuan

Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD.

e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah

Dasar.

Hidayat, S. (2019). Pembelajaran Membaca

yang Menyenangkan dengan Permainan

Edukatif. Jurnal Psikologi Pendidikan,

7(3), 112-120.

Iskandar, D. (2019). Media Pembelajaran

Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Milenia Nainggolan, dkk. (2024).

Penerapan Media Games Blooket Pada

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Peserta Didik Kelas IV Di SDN 066050

Downloads

Published

2025-09-25