EFEK PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DASAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR.
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33783Keywords:
Keterampilan membaca awal, Permainan edukatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan membaca siswa kelas satu di sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam studi ini melibatkan analisis serta perbandingan efek dari permainan edukatif terhadap murid kelas satu dengan memanfaatkan media cetak dan keterampilan membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca awal siswa kelas satu. Dalam penelitian ini, terdapat 32 partisipan yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki, termasuk 1 perempuan dan 3 laki-laki yang memiliki kebutuhan khusus. Analisis data dari tugas yang diberikan menunjukkan bahwa terdapat perkembangan yang berarti pada siswa reguler serta siswa berkebutuhan khusus. Data persentase memperlihatkan perbedaan kecil antara kedua kelompok, yaitu siswa laki-laki biasa dengan persentase 32%, siswa laki-laki berkebutuhan khusus 7%, siswa perempuan biasa 36%, dan siswa perempuan berkebutuhan khusus 25%. Hasil survei menunjukkan bahwa dampak dari permainan edukatif sangat signifikan, di mana 84% siswa setuju dengan pernyataan tersebut, sementara hanya 16% yang tidak setuju. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa penerapan permainan edukatif dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif bagi kemampuan membaca awal anak-anak.Downloads
References
4. KESIMPULAN
Dari penjelasan yang telah
disampaikan sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa permainan edukatif
yang diterapkan pada siswa kelas 1 di
SDN 11 Pegadungan Pagi efektif dalam
meningkatkan keterampilan membaca
dasar. Media cetak, baik gambar maupun
tulisan, dihadirkan dengan cara yang jelas
dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga
mereka dapat dengan mudah mengenali
dan memahami materi. Hasil analisis
survei menunjukkan adanya peningkatan
dalam pencapaian belajar, di mana (84%)
siswa merasa setuju dan senang dengan
penggunaan permainan edukatif di kelas,
sedangkan (16%) siswa tidak sepakat
dengan kehadiran permainan edukatif
tersebut. Dengan hasil yang
menggembirakan ini, sangat dianjurkan
untuk menggunakan media permainan
edukatif dalam proses pembelajaran agar
prestasi belajar siswa semakin meningkat.
Efendi Wang. (2011). Membongkar
Rahasia Teknik Baca Super Cepat.
Depok. Penebar Plus.
Erna. (2022). Permainan Dalam
Pembelajaran Sebagai Motivasi Belajar
Di Era New Normal. Jakarta. Pusat
Pengembangan Pendidikan dan
Penelitian Indonesia.
Grabriela Rosalia Syatauw, dkk. (2020).
Peningkatan Kemampuan Membaca
Permulaan melalui Permainan Kartu
Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Vol 2,
No 2, Juli 2020 ISSN 2715 - 5110
DAFTAR PUSTAKA
Anderson. (2003). Reading: What, When,
and How. Dalam Journal of Reading
Education.
Creswell, J. W. (2012). Research Design:
Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches. Thousand Oaks,
CA: Sage Publications.
Dina, dkk. (2024). Meningkatkan
Kemampuan Membaca Dengan
menggunakan Media Permainan Bahasa
Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal
Tonggak Pendidikan Dasar:Jurnal
Kajian Teori dan Hasil Pendidikan
DasarVolume 3 Nomor 1 2024 Hal. 83-
98
Gagne, R. (2019). Principles of
Instructional Design. Wadsworth
Publishing.
Gronlund, N. E. (1985). Measurement and
Evaluation in Teaching. New York:
Macmillan Publishing Co.
H.Dalman. (2013). Keterampilan
Membaca. Jakarta. PT RajaGrafindo
Persada.
Hariato, R. (2020). Penggunaan Permainan
Kartu untuk Peningkatan Kemampuan
Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD.
e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah
Dasar.
Hidayat, S. (2019). Pembelajaran Membaca
yang Menyenangkan dengan Permainan
Edukatif. Jurnal Psikologi Pendidikan,
7(3), 112-120.
Iskandar, D. (2019). Media Pembelajaran
Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Milenia Nainggolan, dkk. (2024).
Penerapan Media Games Blooket Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik Kelas IV Di SDN 066050
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.