Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Sukadarma 02

Authors

  • Intan Rama Dayanti Universitas Pelita Bangsa
  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33731

Keywords:

model pembelajaran, project based learning, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Sukadarma 02. Metode yang digunakan adalah quasy eksperimental dengan desain non-equevalent control group design. Sampel terdiri dari 55 siswa, yaitu 28 siswa kelas eksperimen yang mendapat model PjBL dan 27 siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes keterampilan berpikir kreatif dengan indikator empat : kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi , serta lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif, uji-t, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata posttest masing-masing sebesar 88,75 dan 63,75. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,763, yang berarti model PjBL memberikan pengaruh sebesar 76,3% terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, K. A., Yanti, B. A. S., Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., Zahara, L., Wijaya, I. K. W. B., Prof. Dr. I Ketut Gading, M. P., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M. S. K., & Prof. Dr. Kadek Suranata, S. P. M. P. K. (2024). Teori Psikologi Konstruktivisme. Nilacakra.https://books.google.co.id/books?id=fMgzEQAAQBAJ

Ayu Sri Wahyuni, I Wayan Redhana, & I Nyoman Tika. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824

Barokah, A., Kurnia, I. R., Maulana, D., & Umah, R. N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan E-Modul Sains di SDN Pondok Bambu 06. Lentera Pengabdian, 1(03), 361–366. https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.117

Christian, Y. A. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2271–2278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1207

Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika

dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.

Dr. Manotar Tampubolon, S.H., M.A., M. . (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Furqon Al Hadiq, M., Mas Ramadhan, G., & Sri Rahayu, D. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 05(3), 505–509. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783

Kurnia, L., & Asror, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10570–10574. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5561

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–

27.https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Kusmiati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 206–211. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1309

Kusniati, B., Barokah, A., & Fitriyani, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 540–552. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.5000

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696

Restu Kurnia, I., & Khoerun Nisa, S. (2025). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di SDN CICAU O2. Inovasi Pendidikan, 7, 149.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&d (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA. Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning.Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Tahir, M., & Syazali, M. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning ( PjBL ) terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 28 Cakranegara. 10, 23–30.

Vebrianto, R. (2021). Bahan Ajar IPA Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Versi Daring. CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=z5cjEAAAQBAJ

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Downloads

Published

2025-10-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>