Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Dalam Bentuk Cerita Kelas III SD N 2 Cihonje

Authors

  • Tsania Khoirun Nisa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Badarudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33729

Keywords:

learning difficulties, story problems, multiplication

Abstract

ABSTRACT The study was conducted with the objective of identifying and analyzing the learning difficulties experienced by students in the third grade of SD Negeri 2 Cihonje in solving mathematical story problems on multiplication and to identify the factors causing these difficulties. The background of this study stems from the phenomenon that many elementary school students still consider mathematics to be a difficult subject, especially when presented in the form of story problems that require a combination of literacy and numeracy skills. A qualitative approach was applied in this study, utilizing a descriptive method to present the findings. The subjects in this study were four third-grade students selected through purposive sampling and one classroom teacher. This study employed interviews, observations, and documentation as instruments of data collection, while the analysis was conducted through the processes of reducing, presenting, and interpreting the data. The results of the study show that students face difficulties in five stages according to Newman's framework: reading, comprehension, transformation, process skills, and writing the final answer. These difficulties are influenced by internal factors, including intellectual, emotional, and physiological aspects, as well as external factors, such as teaching strategies and family environment. These findings highlight that learning difficulties in multiplication word problems are multidimensional, requiring contextual, interactive, and adaptive teaching strategies, along with family support, to improve students' conceptual understanding and confidence in learning mathematics. Keywords: learning difficulties, story problems, multiplication ABSTRAK Analisis terhadap hambatan yang dialami oleh peserta didik kelas III di SD Negeri 2 Cihonje dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada topik perkalian menjadi fokus utama penelitian ini, sekaligus pengungkapan variabel-variabel yang berkontribusi terhadap kesulitan tersebut. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena terkait masih banyaknya siswa SD masih beranggapan bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit, terutama ketika disajikan dalam bentuk soal cerita yang menuntut keterpaduan keterampilan literasi dan numerasi. Teknik deskriptif dipilih sebagai pendeketan pada studi ini. Subjek dalam penelitian yaitu 4 siswa kelas tiga yang dipilih secara purposive sampling serta satu guru kelas. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya para peserta didik menghadapi kesulitan pada lima tahap menurut kerangka kerja Newman: membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Kesulitan-kesulitan ini dipengaruhi oleh faktor internal, termasuk aspek intelektual, emosional, dan fisiologis, dan faktor eksternal, seperti lingkungan keluarga beserta strategi pengajaran. Temuan ini menyoroti bahwa kesulitan belajar dalam soal cerita perkalian bersifat multidimensi, memerlukan strategi pengajaran yang kontekstual, interaktif, dan adaptif, bersama dengan dukungan keluarga, untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa, dan kepercayaan diri dalam mempelajari matematika.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018).

ANALISIS KESULITAN

BELAJAR MATEMATIKA PADA

SISWA KELAS III SEKOLAH

DASAR. In Nurul Amallia-Een

Unaenah Attadib Journal Of

Elementary Education (Vol. 3,

Issue 2).

Badarudin, & Irianto, S. (2020).

PENGEMBANGAN LKPD

MATEMATIKA MATERI

KELILING DAN LUAS BANGUN

DATAR MENGGUNAKAN

KALKULATOR DI KELAS IV

SEKOLAH DASAR.

Devi Asriyanti, F., Sri Purwati

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

I., PGRI Tulungagung Mayor

Sujadi Timur No, S. J., & Timur, J.

(2020). ANALISIS FAKTOR

KESULITAN BELAJAR

DITINJAU DARI HASIL

BELAJAR MATEMATIKA SISWA

KELAS V SEKOLAH DASAR.

Kajian Teori Dan Praktik

Pendidikan, 29(1), 79–87.

irianto sony, yaniar wulandari. (2025).

Analisis Kesulitan Belajar peserta

Didik pada Materi Pokok Kalimat

Matematika dan Perhitungan.

https://jurnal.uns.ac.id/shes

Ken, M. A. (, Clements, ), & Ellerton,

N. F. (1980). The NewmanProcedure for Analysing Errors on

Written Mathematical Tasks The

Newman Hierarchy of Error

Causes for Written Mathematical

Tasks. In Marinas & Clements.

Watson.

Miles dan Huberman. (1994).

Qualitative Data Analysis: A

Sourcebook of New Methods.

SAGE. Beverly Hills.

Prada Kusuma, B., & Muryaningsih, S.

(2025). 925 | Jurnal CONSILIUM

(Education and Counseling

Journal) CONSILIUM Journal :

Journal Education and

Counseling Volume 5 Nomer 2

Tahun 2025 KESULITAN

BELAJAR SISWA SD KELAS III

DALAM MENYELESAIKAN

MASALAH OPERASI HITUNG

PEMBELAJARAN

MATEMATIKA.

Purnomo. (2016). PENGARUH SIKAP

SISWA PADA PELAJARAN

MATEMATIKA DAN

KEMANDIRIAN BELAJAR

SISWA TERHADAP PRESTASI

BELAJAR MATEMATIKA.

Rosita, D. (2016). Unnes Journal of

Mathematics Education

Research ANALISIS

KESALAHAN SISWA DALAM

PEMECAHAN MASALAH

DITINJAU DARI ADVERSITY

QUOTIENT PADA

PEMBELAJARAN CREATIVE

PROBLEM SOLVING Info Artikel.

http://journal.unnes.ac.id/sju/inde

x.php/ujmer

Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D.

(2022). Analisis Kemampuan

Literasi Numerasi Ditinjau dari

Efikasi Diri pada Peserta Didik

SMP.

sudiono, eri. (2017). Analisis

Kesalahan dalam Menyelesaikan

Soal Matematika Materi

Persamaan Garis Lurus

Berdasarkan Analisis Newman.

Sukadari, S. (2019). Exploring

Specific Learning Difficulties in

Primary Schools: An Empirical

Research.

Utari D, W. M. D. A. (2019). Analisis

Kesulitan belajar Matematika

dalam Menyelesaikan soal cerita.

Waskitoningtyas. (2016). Analisis

Kesulitan Belajar Matematika

siswa kelas V Sekolah Dasar

Kota Balikpapan Pada Materi

Satuan Waktu Tahun Ajaran

2015/2016.

Downloads

Published

2025-10-01

Most read articles by the same author(s)