PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elisa Yunitasari Universitas Nurul Huda
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dew Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33725

Keywords:

Digital Flipbook, Indonesian Lessons, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran flipbook digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui uji validasi dari media pembelajaran flipbook digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran flipbook digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Peneliti hanya menggunakan empat tahapan yaitu tahap implementasi. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri 02 Tugu Harum. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik. Hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase sebesar 92,3% dengan kriteria “sangat valid”, validator ahli materi diperoleh presentase sebesar 95,1% dengan kriteria “sangat valid”. Respon peserta didik uji kelompok kecil diperoleh presentase 93,3% dengan katergori “sangat praktis dan uji kelompok besar diperoleh presentase 89% dengan katergori “sangat praktis”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Journal of Social Science Research, 4(1), 2568.

Dheandra Tsabitha Ylsan, R. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 1–23.

Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, & Nadila Sofia Hidayat. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Habibah, F. M. (2023). Pengembangan Media Big-Book untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1069–1079.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Mahya, N. Z. (2023). Pengembangan Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Gaya Dan Gerak Bagi Siswa Kelas Iv Mi Miftahul Ulum Banjarsari. Etheses.Uin-Malang.Ac.Id., 1–112.

Nanda, C. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Berbasis Heyzine Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Mi Islamiyah Pengatingan Kabupaten Banyuwangi. November.

Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Purnamadewi, D. U., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 490–495.

Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014

Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Sianipar, H. H., Sijabat, O. P., Simanjuntak, M., & Sinaga, B. (2023). Pengembangan Modul Bahan Ajar Berbasis Problem Base Learning Berbantuan Media QR-CODE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 125138 Pematang Siantar. Jurnal Diversita, 9(2), 260–269. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.9689

Sri Rahayu, H., & Tatat Luswati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 132–137. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.702

Wahyuningtyas, D. W., Tisngati, U., & Erviana, L. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA COBAKU ( COBA TEBAK AKU ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD Media pembelajaran merupakan salah satu bagian atau unsur yang penting dalam proses pembelajaran . Keberadaan media pembelajaran p. 1–9.

Downloads

Published

2025-09-30