LEGO: LEBIH DARI SEKERDAR MAINAN, MEMBANGUN KOGNITIF ANAK

Authors

  • Sumyati Sumyati Universitas Bina Bangsa
  • Nuryati Nuryati Universitas Bina Bangsa
  • Umalihayati Umalihayati Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33689

Keywords:

Membangun Kognitif Anak, dengan lego

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan Lego dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di PAUD Al Khairiyah Delingseng Cilegon. Perkembangan kognitif anak usia dini mencakup kemampuan berpikir simbolik dan pemecahan masalah yang perlu diasah melalui media yang menyenangkan dan edukatif. Salah satunya adalah permainan Lego yang mampu merangsang kemampuan berpikir logis, imajinatif, serta koordinasi motorik dan visual anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan anak usia 5–6 tahun yang aktif mengikuti kegiatan bermain Lego di PAUD tersebut. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan Lego memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kognitif anak, khususnya dalam aspek berpikir simbolik dan pemecahan masalah. Anak mampu mengenali dan menyusun lambang bilangan, mencocokkan bentuk, serta menyusun bangunan sederhana dengan kreativitas dan pemikiran logis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikankementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Diswiko, E. (2020). Pengaruh Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Melati Desa Martapura Kec. Sikap Dalam. IAIN Bengkulu.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Hasibuan, E. S. (2020). Pengembangan Media Lego Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Hikmah Kec. Sosa Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hidayati, S., Weriana, W., Suryana, E., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Perkembangan kognitif menurut teori sosio-kultural dan implikasinya dalam pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6706–6714.

Jalil, A. (2019). Pengembangan Media Permainan Lego Huruf pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82.

Nianggolan, A. M. & D. A. (2021). Teori Perkembangan Jean Piaget. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47.

Nuryati, Mayasari, E. D., Cahyaningrat, M., & Masaroh. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Di RA Daarul Fuqoha Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang. 3, 11448–11458.

Nuryati, N. (2019). Kreatuvutas Guru Dalam Menciptakan Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019, 293–304.

Nuryati, N., & Rangganis, R. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 73–83.

Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Sartika, S., & Mulyana, D. S. (2024). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Lego Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Umur 5-6 Tahun di PAUD Mentari Desa Sukaharja Karawang Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 14(04), 163–171.

Umalihayati, U., Yuliana, R., Sa’diyah, H., Fajari, L. E. W., Aini, S., Havita, V. N., Cahyaningsih, A. P., Ningsih, P. R., Ningrum, S., & Azzahra, G. A. (n.d.). Analysis of learning difficulties in reading, writing, and counting (Calistung) in upper elementary school: A case study. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 277–295.

Downloads

Published

2025-09-23