MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER WASAKA PADA MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TIME TOKEN DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERINTEGRASI STEAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33685Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter WASAKA, Problem Based Learning, Time Token, Teams Games TournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan karakter WASAKA (disiplin) pada siswa dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning, Time Token, dan Teams Games Tournament Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jejangkit Pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase 93,33% yakni sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal yaitu ≥75% dan karakter WASAKA siswa telah mencapai persentase 100% yakni sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal ≥80%. Berdasarkan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Time Token, dan Teams Games Tournament terintegrasi STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan karakter siswa.Downloads
References
Afiyanti, I. N., Sabila, L., Abdi, M. S., Ilami, N., & Pratiwi, D. A. (2025). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Patih Selera: Kajian Tentang Pemahaman Guru Dan Kesiapan Sarana-Prasarana. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(2), 503–515. doi: ttps://doi.org/10.60126/maras.v3i2.888
Aida, N., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning, Team Games Tournament Terintegrasi STEM pada Siswa Kelas VA SDN Basirih 1 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 851–866.
Annisa, D., & Annisa, M. (2024). Peningkatan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Think Pair and Share Terintegrasi STEM Muatan IPA. Journal of Education Research, 5(3), 3449–3459. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1389
Annisa, M. (2022). Needs Analysis of Wasaka Character Assessment Instruments (Religious&Hard Work) in Learning in Elementary Schools. doi: 10.47191/ijsshr/v5-i5-19,Impactfactor-5.871
Annisa, M., Abrori, F. M., Prasetio, T., Prastitasari, H., & Jannah, F. (2025). Teacher Perception Related To WASAKA Character Implementation. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 638–650. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23643
Annisa, M., Asrani, A., Serlinda, S., Kasih, S., & Maulana, S. (2022). Analysis of Students’ Knowledge About Natural Disaster Mitigation in Wetland Areas. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(1), 12–19.
Annisa, M., Budimansyah, D., Hidayat, M., Winarti, A., & Abrori, F. M. (2024a). What Can We Learn From One-To-One Trials In Instructional Design? A Case From Module Development. Research and Development in Education (RaDEn), 4(2), 816–826. doi: https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.35763
Annisa, M., Budimansyah, D., Hidayat, M., Winarti, A., & Prasetio, T. (2024b). Implementation of a STEM and Wasaka Character-Integrated Module to Internalize Wasaka Character. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7619–7623. doi: 10.29303/jppipa.v10i10.8941
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.496
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas; Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. doi: https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.545
Arrahman, T., & Pratiwi, D. A. (2025). Model Pro Game Berbantuan Wordwall dan Quizizz: Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kerjasama. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 694–703. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27205
Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas.
Atiaturrahmaniah, A., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Peran Model Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(4), 368–375. doi:
Ayatullah, A. (2020). Pendidikan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. PANDAWA, 2(2), 218–239. doi: 10.36088/pandawa.v2i2.767
Chairani, M. A., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL, Mind Mapping, dan TGT, Dengan Media Augmented Reality Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 537–542. doi: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2
Elisa, H., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Berpikir Kritis dengan Model Pbl, Tai, dan Talking Stick Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 735–744. doi: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1488
Farhan, F. A. M. Y., Pribadi, R. A., & Yunus, F. A. M. (2023). Upaya dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SDN Cibungur 1 melalui program late vest and goodness project. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6097–6106. doi: ttps://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1208
Hasanah, L. N., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 884–889. doi: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Herdayanti, T., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Model Group Investigation. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 764–770. doi: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1501
Hernandarias, V., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka Menggunakan Model Problem Based Learning, Team Assisted Individualization dan Media Audio Visual pada Muatan IPA siswa kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 740–759. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18441
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(1), 42–46. doi: 10.17977/jptpp.v3i1.10446
Husna, A., Ilmi, N., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 76–86. doi: https://doi.org/10.62383/katalis.v2i2.1532
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. Retrieved from https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/241
Kasingku, J., & Lotulung, M. S. D. (2024). Disiplin Sebagai Kunci Sukses Meraih Prestasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4785–4797. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14536
Khalisa, S. I., & Annisa, M. (2024). Kombinasi Model PBL dan Make A Macth Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Motivasi dan Karakter WASAKA Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 713–730. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17680
Kholidiyah, E. S., & Sudibyo, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan Zat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 317–324. doi: https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5316
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98–107. doi: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Suci Windariyah, D., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Uron Hurit, R., Arianto, D., Wahab, A., Nur Aini, A., Dewa Gede Alit Rai Bawa, I., Hadi Prasetyo, A., & Penelitian Tindakan Kelas, Mp. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Adab. Retrieved from https://penerbitadab.id
Ningsih, D. A., & Pratiwi, D. A. (2023). Implementasi Model GEMA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(10), 1393–1404. doi: https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i10.6448
Nisa, A. Q., & Soekamto, H. (2023). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media WordWall dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 548–557.
Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Model MARS dan Media Baamboozle untuk Meningkatkan Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 619–638. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17517
Noorhapizah, O., Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624. doi: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3773
Oktaviyanti, R., & Fadly, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 77–88. doi: //doi.org/10.30998/xxxxx
Pradella, M., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN Sungai Rangas. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 803–809. Retrieved from https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/1529
Qiftiyah, M., Kusuma, Y., & Kusainun, N. (2024). Urgensi Kemajuan Teknologi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka: Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Solusi Asesmen Pembelajaran yang Menyenangkan. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 517–525.
Rania, F. N., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Keteram[ilan Proses Sains dan Karakter WASAKA Menggunkan Model Problem Based Learning dan Take and Give pada Muatan IPA Kelas 5 SDN Tatah Belayung Baru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 945–963. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18340
Sa’diyah, H., Islamiah, R., & Fajari, L. E. W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok: Literature Review. Journal of Professional Elementary Education, 1(2), 148–157. doi: https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2.19
Salsabila, S., & Annisa, M. (2024). Meningkatlan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Project Based Learning dan Talking Stick pada Muatan IPA Kelas VB SDN-SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 418–435. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17711
Saputeri, D., & Annisa, M. (2024). Kombinasi Model Problem Based Learning, Snowball Throwing Terintegrasi STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1168–1178.
Sarah, Z., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Numbered Head Together Terintegrasi STEM pada Muatan IPA Kelas VB SDN-SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 419–437. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17650
Siregar, R., Sirait, M., & Audina, N. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(2), 65–72. doi: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i2.6305
Susilo, N. H., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Penerapan Permainan What’s In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 125–134.
Wardianti, R., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 269–279. doi: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i3.230
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.