PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN PEMBACA PERPUSTAKAAN DI SMP AL-AZHAR 32 PADANG

Authors

  • puti reno Universitas Negeri Padang
  • Gustina Erlianti,S Hum.,M.IP Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33674

Keywords:

Persepsi layanan pembaca perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan perpustakaan 2)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan sirkulasi 3)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan referensi dan 4) mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan penelusuran informasi.jenis penelitian deskriptif kuantitatif.populasi dalam penelitian adalah peserta didik yang mengunjungi perpustakaan di smp al azhar 32 Padang berjumlah 76 sampel.pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.insturmen yang digunakan untuk peneliti berupa angket tertutup dengan menggunakan analisis deskriptif.hasil penelitian menunjukan bahwa:1) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan perpustakaan sebesar 4.1 kategori baik,2) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca  perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan sirkulasi sebesar 4.1 kategori baik,3) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan referensi sebesar 4.2 kategori baik dan 4) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan penelusuran informasi sebesar 3.7 kategori baik.saran bagi kepala sekolah di harapkan lebih memperhatikan peran pustakawan dalam memberikan pelayanan baik melalui peningkatan keterampilan komunikasi penyediaan program literasi membaca maupun penambahan fasilitas yang mendukung kenyamanan peserta didik  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Rofiq Faudy.(2015). Analisis

Persepsi Pelajar Tingkat

Menengah pada Sekolah

Tinggi Agama Islam Negeri

Kudus. Kudus: IAIN Kudus.

https://journal.iainkudus.ac.id/i

ndex.php/Edukasia/article/view

File/791/759#:~:text=Bimo%20

Walgito%20(2010)%20mengun

gkapkan%20bahwa,aktivitas%

20integrated%20dalam%20diri

%20individu.

Arikunto, S., (2021). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alizamar dan Couto, N. (2016).

Psikologi Persepsi dan

Desain Informasi. Yogyakarta:

Media Akademi.

Arikunto, Suharsimi. (2014).

Manajemen Penelitian.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. (2015).

Pengelolaan Perpustakaan

Sekolah. Jakarta; Bumi

Aksara.

Badan Pengembangan dan

Pembinaan Bahasa. (2016).

Pedoman Umum Ejaan

Bahasa Indonesia. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Dinata, Krisna Aji (2019).

Implementasi Fungsi

Perpustakaan Akademi

Kepolisian Semarang Bagi

Taruna dan Taruni Akademi

Kepolisian Semarang.

Semarang: E-Journal

Universitas Diponegoro.

Hernowo. (2015). Mengikat Makna:

Kiat-Kiat Membaca Buku dan

Menulis Secara Kreatif.

Bandung: Mizan Media Utama.

Irianto, Agus. (2017). Statistik Konsep

Dasar, Aplikasi, dan

Pengembangannya. Jakarta:

PT. Prenada Media Group.

Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran

Pustakawan MTs N 1 Jepara

Dalam Upaya

Mengembangkan Minat

Kunjungan Siswa Pada

Perpustakaan. Jurnal Ilmu

Perpustakaan, 9(1), 93-103.

Retrieved

from https://ejournal3.undip.ac.

id/index.php/jip/article/view/299

74.

Khasanah, Hafizatul dkk. (2024).

Persepsi Siswa terhdap

Layanan Perpustakaan di

SMPN 6 Padang. Padang:

UNP.Kotler, P., & Keller, K. L. (2019).

Manajemen Pemasaran (Edisi

ke-13, Jilid 1). Jakarta:

Erlangga.

Lasa, HS. (2015). Manajemen

Perpustakaan. Yogyakarta:

Gama Media.

Munir. (2013). Manajemen

Perpustakaan Sekolah: Teori

dan Praktik. Bandung:

Alfabeta.

Nugrahini, Nining. (2015). Layanan

Perpustakaan Sekolah.

Malang: UNM.

Perpustakaan Nasional RI. (2022).

Standar Nasional

Perpustakaan. Jakarta :

Perpustakaan Nasional RI.

Pawit, M. Yusuf. dan Yaya Suhendar.

(2013). Pedoman

Penyelenggaraan

Perpustakaan Sekolah.

Jakarta: Kencana Predana

Media Grup.

Pride, W. dan O. F. C. (2018).

Foundations of Marketing.

Cengage Learning. Riduwan.

(2013). Belajar Mudah

Penelitian untuk Karyawan

dan Peneliti Pemula. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaludin. (2015). Psikologi

Komunikasi. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya Offset.

Ratnawati, D. (2017). Manajemen

Perpustakaan: Pendekatan

Praktis dalam Pengelolaan

Layanan Perpustakaan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Solomon, M. R. (2016). Consumer

Behavior: Buying, Having and

Being. Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (2018). Pengantar

Ilmu Perpustakaan. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Suwarji. (2017) Manajemen

Pelayanan Perpustakaan Di

SMP Negeri 1 Sekampung

Udik Lampung Timur.

Lampung: Universitas Negeri

Lampung.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar

Psikologi Umum. Yogyakarta:

Andi Offset.

Wibowo. (2014). Prilaku Dalam

Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo

Persada.

Yusuf, A. Muri. (2017). Metode

Penelitian: Kuantitatif,

Kualitatif, Dan Penelitian

Gabungan. Jakarta: Kencana.Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., &

Berry, L. L. (2016). Delivering

Quality Service: Balancing

Customer Perceptions and

Expectations. New York: Free

Press.

Downloads

Published

2025-09-30