PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN PEMBACA PERPUSTAKAAN DI SMP AL-AZHAR 32 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33674Keywords:
Persepsi layanan pembaca perpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan perpustakaan 2)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan sirkulasi 3)mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan referensi dan 4) mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan penelusuran informasi.jenis penelitian deskriptif kuantitatif.populasi dalam penelitian adalah peserta didik yang mengunjungi perpustakaan di smp al azhar 32 Padang berjumlah 76 sampel.pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.insturmen yang digunakan untuk peneliti berupa angket tertutup dengan menggunakan analisis deskriptif.hasil penelitian menunjukan bahwa:1) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan perpustakaan sebesar 4.1 kategori baik,2) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan sirkulasi sebesar 4.1 kategori baik,3) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan referensi sebesar 4.2 kategori baik dan 4) rata-rata persepsi peserta didik tentang layanan pembaca perpustakaan di smp al azhar 32 padang berdasarkan dimensi layanan penelusuran informasi sebesar 3.7 kategori baik.saran bagi kepala sekolah di harapkan lebih memperhatikan peran pustakawan dalam memberikan pelayanan baik melalui peningkatan keterampilan komunikasi penyediaan program literasi membaca maupun penambahan fasilitas yang mendukung kenyamanan peserta didikDownloads
References
Akbar, Rofiq Faudy.(2015). Analisis
Persepsi Pelajar Tingkat
Menengah pada Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri
Kudus. Kudus: IAIN Kudus.
https://journal.iainkudus.ac.id/i
ndex.php/Edukasia/article/view
File/791/759#:~:text=Bimo%20
Walgito%20(2010)%20mengun
gkapkan%20bahwa,aktivitas%
20integrated%20dalam%20diri
%20individu.
Arikunto, S., (2021). Prosedur
Penelitian: Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Alizamar dan Couto, N. (2016).
Psikologi Persepsi dan
Desain Informasi. Yogyakarta:
Media Akademi.
Arikunto, Suharsimi. (2014).
Manajemen Penelitian.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. (2015).
Pengelolaan Perpustakaan
Sekolah. Jakarta; Bumi
Aksara.
Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa. (2016).
Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Dinata, Krisna Aji (2019).
Implementasi Fungsi
Perpustakaan Akademi
Kepolisian Semarang Bagi
Taruna dan Taruni Akademi
Kepolisian Semarang.
Semarang: E-Journal
Universitas Diponegoro.
Hernowo. (2015). Mengikat Makna:
Kiat-Kiat Membaca Buku dan
Menulis Secara Kreatif.
Bandung: Mizan Media Utama.
Irianto, Agus. (2017). Statistik Konsep
Dasar, Aplikasi, dan
Pengembangannya. Jakarta:
PT. Prenada Media Group.
Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran
Pustakawan MTs N 1 Jepara
Dalam Upaya
Mengembangkan Minat
Kunjungan Siswa Pada
Perpustakaan. Jurnal Ilmu
Perpustakaan, 9(1), 93-103.
Retrieved
from https://ejournal3.undip.ac.
id/index.php/jip/article/view/299
74.
Khasanah, Hafizatul dkk. (2024).
Persepsi Siswa terhdap
Layanan Perpustakaan di
SMPN 6 Padang. Padang:
UNP.Kotler, P., & Keller, K. L. (2019).
Manajemen Pemasaran (Edisi
ke-13, Jilid 1). Jakarta:
Erlangga.
Lasa, HS. (2015). Manajemen
Perpustakaan. Yogyakarta:
Gama Media.
Munir. (2013). Manajemen
Perpustakaan Sekolah: Teori
dan Praktik. Bandung:
Alfabeta.
Nugrahini, Nining. (2015). Layanan
Perpustakaan Sekolah.
Malang: UNM.
Perpustakaan Nasional RI. (2022).
Standar Nasional
Perpustakaan. Jakarta :
Perpustakaan Nasional RI.
Pawit, M. Yusuf. dan Yaya Suhendar.
(2013). Pedoman
Penyelenggaraan
Perpustakaan Sekolah.
Jakarta: Kencana Predana
Media Grup.
Pride, W. dan O. F. C. (2018).
Foundations of Marketing.
Cengage Learning. Riduwan.
(2013). Belajar Mudah
Penelitian untuk Karyawan
dan Peneliti Pemula. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Rakhmat, Jalaludin. (2015). Psikologi
Komunikasi. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya Offset.
Ratnawati, D. (2017). Manajemen
Perpustakaan: Pendekatan
Praktis dalam Pengelolaan
Layanan Perpustakaan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Solomon, M. R. (2016). Consumer
Behavior: Buying, Having and
Being. Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. (2018). Pengantar
Ilmu Perpustakaan. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Suwarji. (2017) Manajemen
Pelayanan Perpustakaan Di
SMP Negeri 1 Sekampung
Udik Lampung Timur.
Lampung: Universitas Negeri
Lampung.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar
Psikologi Umum. Yogyakarta:
Andi Offset.
Wibowo. (2014). Prilaku Dalam
Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo
Persada.
Yusuf, A. Muri. (2017). Metode
Penelitian: Kuantitatif,
Kualitatif, Dan Penelitian
Gabungan. Jakarta: Kencana.Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., &
Berry, L. L. (2016). Delivering
Quality Service: Balancing
Customer Perceptions and
Expectations. New York: Free
Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.