PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS 5 SDIST IBNU QOYYIM SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33643Keywords:
Media Pembelajaran, Google Sites, Siklus Air, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis website Google Sites pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi siklus air untuk peserta didik kelas 5 di SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata dan kawan-kawan menjadi 3 tahapan utama yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk. Media pembelajaran diuji menggunakan Black Box Testing untuk memastikan fungsi dan interaktivitas setiap fitur berjalan sesuai yang diharapkan dan Expert Judgement untuk menguji kelayakan media pembelajaran melalui validasi oleh para ahli. Pengujian utama dilakukan terhadap peserta didik untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, pendidik, serta peserta didik kelas 5 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi mendapat persentase 90% dengan kategori sangat layak, validasi oleh ahli media mendapat persentase 81,1% dengan kategori sangat layak, dan validasi oleh pendidik mendapat persentase 91,8% dengan kategori sangat layak. Pengujian media pembelajaran kepada peserta didik mendapat respon positif dengan persentase penilaian mendapat hasil 92,3% dengan setiap aspek dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis website Google Sites yang telah dirancang dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.Downloads
References
Afif, M., Trisiana, A. & Handini, O. 2019. Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Video Tematik Integratif. Jurnal Sinektik, 2(160), 64–76.
Aljraiwi, S. S. (2017). The Effect of Classroom Web Applications on Teaching, Learning and Academic Performance among College of Education Female Students. Journal of Education and Learning, 6(2), 132.
Handini, O., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Pembelajaran 4C pada Pembelajaran Tematik Integratif Materi IPS di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3801–3811. Uno, H. B., & Ma’ruf, A. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, A. T., Handayani, S., & Handini, O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Keterampilan Literasi Pembelajaran IPAS Kelas IV. 6(2), 184–197.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.