PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33634Keywords:
STAD, Kotekstual, Kerjasama, IPAS.Abstract
Penelitian ini menyoroti permasalahan dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Untuk mengatasi hal ini, penelitian bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) diterapkan melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor siswa. Skor terendah naik dari 38 menjadi 75, dan skor tertinggi meningkat dari 69 menjadi 100. Analisis statistik menggunakan paired t-test juga mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan kolaborasi siswa di kelas eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, memberikan solusi yang teruji untuk masalah yang diteliti.
Downloads
References
Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar siswa kelas 2 SDN Morkoneng. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 279–815. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385
Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4341
Angga, & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025
Dewi, F. S., & Widyasari, C. (2024). Meningkatkan kerjasama peserta didik dan hasil belajar IPAS kelas IV melalui model pembelajaran STAD di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 367–380. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4753
Magdalena, I., Ramadhan, G., Wahyuni, H. D., & Safitri, N. D. (2023). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 167–176. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.220
Pelawi j tyson, Idris, & Is M Fadhlan. (2021). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dalam upaya pencegahan pernikahan dini (dibawah umur). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021), 562–566. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2792/1782
Prabandari, I. R., & Fidesrinur. (2021). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96–105. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
Simamora, R. L. V., Mailani, E., Simbolon, N., Simanjuntak, E. B., & Rozi, F. (2024). Pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kela V SDN 173430 Saitnihuta. 8(3), 567–575. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58409
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.
Wahyudi, & Rhendica. (2023). Kajian landasan antropologis dalam pendidikan dan pembelajaran: membangun pengalaman belajar yang bermakna dan berkesinambungan. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 161–173. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.7837
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.