PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS

Authors

  • Nurlia Safira PGSD FKIP Universitas Madako Tolitoli
  • Mustakim PGSD FKIP Universitas Madako Tolitoli
  • Nasriani PGSD FKIP Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33634

Keywords:

STAD, Kotekstual, Kerjasama, IPAS.

Abstract

Penelitian ini menyoroti permasalahan dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Untuk mengatasi hal ini, penelitian bertujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) diterapkan melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor siswa. Skor terendah naik dari 38 menjadi 75, dan skor tertinggi meningkat dari 69 menjadi 100. Analisis statistik menggunakan paired t-test juga mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan kolaborasi siswa di kelas eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, memberikan solusi yang teruji untuk masalah yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar siswa kelas 2 SDN Morkoneng. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 279–815. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4341

Angga, & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Dewi, F. S., & Widyasari, C. (2024). Meningkatkan kerjasama peserta didik dan hasil belajar IPAS kelas IV melalui model pembelajaran STAD di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 367–380. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4753

Magdalena, I., Ramadhan, G., Wahyuni, H. D., & Safitri, N. D. (2023). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 167–176. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.220

Pelawi j tyson, Idris, & Is M Fadhlan. (2021). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dalam upaya pencegahan pernikahan dini (dibawah umur). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021), 562–566. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2792/1782

Prabandari, I. R., & Fidesrinur. (2021). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96–105. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Simamora, R. L. V., Mailani, E., Simbolon, N., Simanjuntak, E. B., & Rozi, F. (2024). Pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kela V SDN 173430 Saitnihuta. 8(3), 567–575. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58409

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.

Wahyudi, & Rhendica. (2023). Kajian landasan antropologis dalam pendidikan dan pembelajaran: membangun pengalaman belajar yang bermakna dan berkesinambungan. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 161–173. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.7837

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)