a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MADRASAH QUR’ANIYAH AL HUSNAYAIN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MADRASAH QUR’ANIYAH AL HUSNAYAIN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Wan Ihda Al Husnayain Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta
  • Ngatmin Abbas,S.Ag.M.PI.,M.Pd. Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta
  • Drs.Arif Effendi,MH. Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran contekstual teaching and learning di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk mengetahui pemahaman mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta tahun ajaran 2024/2025. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contekstual teaching and learning terhadap pemahaman siswa di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta tahun ajaran 2024/2025..Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Qur’aniyah Al Husnayain Surakarta dengan jumlah sampel jenuh dengan jumlah 34 siswa kelas VII, VIII dan IX. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur penerapan model Contextual Teaching and Learning (variabel X) dan tes pilihan ganda untuk mengukur tingkat pemahaman Akidah Akhlak (variabel Y). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment melalui aplikasi  SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)model pembelajaran contextual teaching and learning di Madrasah Qur’aniyah Al Husnayain Surakarta Tahun 2024/2025 memiliki nilai tertinggi 64 dan nilai terendah 32 dengan rata-rata 57,3  penerapan model CTL berada pada kategori baik, 2) tingkat pemahaman Akidah Akhlak siswa memiliki nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 34 dengan rata-rata 76,97 tingkat pemahaman materi akidah akhlak berada pada kategori  cukup baik. 3)pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap Tingkat pemahamn materi akidah akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al Husnayain Surakarta tahun ajaran 2024/2025 menghasilkan nilai r hitung sebesar 0,453 > r table 0,339 dengan signifikansi 0,133>0, 05 artinya, terdapat hubungan positif antara penerapan model CTL dengan pemahaman Akidah Akhlak, meskipun tidak signifikan dengan demikian hipotesis alternatif dapat diterima.   Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Pemahaman, Akidah Akhlak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adistiani, S. S., Suryana, N., & Munggaran, N. A. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah Tasikmalaya. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 181-195.

Ali, M. D. (2000). Pendidikan agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Usaha Nasional, Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azmir, S., & Yolanda, N. S. (2021). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Operasi Bentuk Aljabar. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 16-23.

Azzahro, A. B. (2023). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keagamaan peserta didik MTs Muhammadiyah 06 Kabupaten Gresik Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Berliana, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa PKN Kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Bloom, B. S. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Faisal, S. (1982). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hasan, M. S. R., Rozaq, A., & Saifullah, R. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 237-251.

Ilyas, Y. (2007). Kuliah akhlak (Cet. IX). Yogyakarta: LPPI.

Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar menyenangkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 70-75.

Lasmita, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Vii Mts Baitul Makmur Curup Kabupaten Rejang Lebong) (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Margono, S. (2009). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60.

Mayangsari, P. (2024). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mulyasa. (2003). Management berbasis sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.

Nasir, M. (1998). Metodologi penelitian. Jakarta: Gahlia.

Nasution, A., Widiastuti, E., Aulia, H. L., Asrianti, M., & Indriani, U. D. (2024). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD Negeri 106224 Desa Kerapuh. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 130-144.

Nisa, F., & Firdaus, M. (2024). Implementasi Metode Demonstrasi dalam Membantu Pemahaman Kitab Sullamut Taufiq Santriwati Mukim di Pondok Pesantren Putri 1 Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Nian Tana Sikka: Jurnal ilmiah Mahasiswa, 2(4), 16-38.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran . Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Purwanto. (2001). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 12-20.

Ridwan. (2002). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung:Alfabeta.

Septiliana, L., & Prastowo, A. (2023). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Konstruktivistik Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 1(1), 9-21.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2004). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Thoha, C. (2004). Metodologi pengajaran agama. Semarang: Pustaka Pelajar Offset.

Wahyudin. (2009). Pendidikan agama Islam akidah akhlak. Semarang: Karya Toha Putra.

Downloads

Published

2025-09-27