PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN LONTAR 3

Authors

  • Putri Amalia Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Ratna Dewi Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33540

Keywords:

Wordwall learning media, critical thinking skills, changes in the form of objects.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS khususnya pada materi perubahan wujud benda.  Pembelajaran yang kurang interaktif membuat siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran wordwall dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Lontar 3 serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media wordwall. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan uji normalitas data, uji-t, uji N-Gain serta analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media wordwall, yang ditunjukkan dari peningkatan skor posttest secara signifikan dibandingkan pretest dan hasil kuesioner tanggapan siswa memiliki kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan wujud benda dan kuesioner tanggapan siswa memiliki kriteria sangat baik. Hal ini juga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdullah, and Faizatul

Munawwaroh. 2024. “Problem

Based Learning Untuk

Meningkatkan Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal

Educatio 10(1):155–62.Elza, Elfi JunitaPengaruh Penerapan

Kurikulum Merdeka Belajar

Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa dalam Pembelajaran

PAI di SD Islam Darul Makmur

Sungai Rotan Batu Taba

Pendahuluan, Hidra Ariza, Eka

Rizal, and Desti Sartini. 2025.

“Pengaruh Penerapan Kurikulum

Merdeka Belajar Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Dalam Pembelajaran PAI Di SD

Islam Darul Makmur Sungai

Rotan Batu Taba Pendahuluan.”

19:89–100.

Hidayah, Zulfa Istighfaril, and Karma

Iswata Eka. 2024. “Peningkatan

Prestasi Belajar Dan Pemecahan

Masalah Siswa Pada Mata

Pelajaran IPA Melalui Media

Wordwall.” Jurnal Basicedu

8(3):1996–2007. doi:

10.31004/basicedu.v8i3.7538.

Juriah, Icah, Mara Untung Ritonga,

and Abdurahman Adisaputra.

2025. “Analisis Bahan Ajar

Bahasa Indonesia Terhadap

Tingkat Pemahaman Isi Bacaan

Siswa Analysis of Indonesian

Language Teaching Materials on

the Level of Students’ Reading

Content Understanding.” Edu

Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu

Sosial, Dan Pengabdian Kepada

Masyarakat 5(1):802–10.

Rahayu, Putri, Taufik Hidayat,

Maknun Maknun, and

Mustamiroh Mustamiroh. 2025.

“Pengaruh Media Berbasis

Permainan Edukatif Wordwall

Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Mata Pelajaran IPAS.”

TUNAS: Jurnal Penelitian

Pendidikan Dasar TUNAS: Jurnal

Penelitian Pendidikan Dasar

2(1):69–83.

Rahmawati, Leni, and Agustina Tyas

Asri Hardini. 2020. “Pengaruh

Model Pembelajaran Inquiry

Berbasis Daring Terhadap Hasil

Belajar Dan Keterampilan

Berargumen Pada Muatan

Pembelajaran IPS Di Sekolah

Dasar.” Jurnal Basicedu

4(4):1035–43. doi:

10.31004/basicedu.v4i4.496.

Rosiana, Gina, Virna Aprilia Lestari2,

and Nabiilah ‘Alimah. 2024.

“Model Pembelajaran Threaded

Untuk Mengembangkan

Kemampuan Berpikir Kreatif

Siswa Sekolah Dasar.” Khazanah

Pendidikan 18(2):381. doi:

10.30595/jkp.v18i2.22971.

Syachruroji. A, Alaniah Mahtuh Nur,

Andriani Nita, Rahmawati

Restiyana, and Rahma Fadilah

Nur. 2024. “Pengaruh

Penggunaan Media

Pembelajaran Wordwall

Terhadap Minat Belajar Peserta

Didik Kelas 3 Muatan Pelajaran

IPA Di SDN Kebaharan 2.” Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Sekolah Dasar 2(1):13–21.

Syafiullah, M., Sri Lastuti, and Muh.

Rijalul Akbar. 2025.

“Pengembangan Media Kartu

Interaktif Menggunakan Wordwall

Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis

Peserta Didik Pada Mata

Pelajaran IPAS Kelas IV SDN

Naganuri Sape.” Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Indonesia (JPPI) 5(2):805–15.

doi: 10.53299/jppi.v5i2.1453.

Downloads

Published

2025-09-30