PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN LONTAR 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33540Keywords:
Wordwall learning media, critical thinking skills, changes in the form of objects.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS khususnya pada materi perubahan wujud benda. Pembelajaran yang kurang interaktif membuat siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran wordwall dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Lontar 3 serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media wordwall. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan uji normalitas data, uji-t, uji N-Gain serta analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media wordwall, yang ditunjukkan dari peningkatan skor posttest secara signifikan dibandingkan pretest dan hasil kuesioner tanggapan siswa memiliki kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan wujud benda dan kuesioner tanggapan siswa memiliki kriteria sangat baik. Hal ini juga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi.Downloads
References
Abdullah, Abdullah, and Faizatul
Munawwaroh. 2024. “Problem
Based Learning Untuk
Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal
Educatio 10(1):155–62.Elza, Elfi JunitaPengaruh Penerapan
Kurikulum Merdeka Belajar
Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa dalam Pembelajaran
PAI di SD Islam Darul Makmur
Sungai Rotan Batu Taba
Pendahuluan, Hidra Ariza, Eka
Rizal, and Desti Sartini. 2025.
“Pengaruh Penerapan Kurikulum
Merdeka Belajar Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Dalam Pembelajaran PAI Di SD
Islam Darul Makmur Sungai
Rotan Batu Taba Pendahuluan.”
19:89–100.
Hidayah, Zulfa Istighfaril, and Karma
Iswata Eka. 2024. “Peningkatan
Prestasi Belajar Dan Pemecahan
Masalah Siswa Pada Mata
Pelajaran IPA Melalui Media
Wordwall.” Jurnal Basicedu
8(3):1996–2007. doi:
10.31004/basicedu.v8i3.7538.
Juriah, Icah, Mara Untung Ritonga,
and Abdurahman Adisaputra.
2025. “Analisis Bahan Ajar
Bahasa Indonesia Terhadap
Tingkat Pemahaman Isi Bacaan
Siswa Analysis of Indonesian
Language Teaching Materials on
the Level of Students’ Reading
Content Understanding.” Edu
Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu
Sosial, Dan Pengabdian Kepada
Masyarakat 5(1):802–10.
Rahayu, Putri, Taufik Hidayat,
Maknun Maknun, and
Mustamiroh Mustamiroh. 2025.
“Pengaruh Media Berbasis
Permainan Edukatif Wordwall
Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Mata Pelajaran IPAS.”
TUNAS: Jurnal Penelitian
Pendidikan Dasar TUNAS: Jurnal
Penelitian Pendidikan Dasar
2(1):69–83.
Rahmawati, Leni, and Agustina Tyas
Asri Hardini. 2020. “Pengaruh
Model Pembelajaran Inquiry
Berbasis Daring Terhadap Hasil
Belajar Dan Keterampilan
Berargumen Pada Muatan
Pembelajaran IPS Di Sekolah
Dasar.” Jurnal Basicedu
4(4):1035–43. doi:
10.31004/basicedu.v4i4.496.
Rosiana, Gina, Virna Aprilia Lestari2,
and Nabiilah ‘Alimah. 2024.
“Model Pembelajaran Threaded
Untuk Mengembangkan
Kemampuan Berpikir Kreatif
Siswa Sekolah Dasar.” Khazanah
Pendidikan 18(2):381. doi:
10.30595/jkp.v18i2.22971.
Syachruroji. A, Alaniah Mahtuh Nur,
Andriani Nita, Rahmawati
Restiyana, and Rahma Fadilah
Nur. 2024. “Pengaruh
Penggunaan Media
Pembelajaran Wordwall
Terhadap Minat Belajar Peserta
Didik Kelas 3 Muatan Pelajaran
IPA Di SDN Kebaharan 2.” Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Sekolah Dasar 2(1):13–21.
Syafiullah, M., Sri Lastuti, and Muh.
Rijalul Akbar. 2025.
“Pengembangan Media Kartu
Interaktif Menggunakan Wordwall
Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPAS Kelas IV SDN
Naganuri Sape.” Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Indonesia (JPPI) 5(2):805–15.
doi: 10.53299/jppi.v5i2.1453.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.