ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA LOKAL (MAKANAN KHAS BANTEN) KELAS V SD ISLAM TIRTAYASA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33539Keywords:
Wordwall, learning media, collaboration, local culture, elementary students.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran tematik di SD Islam Tirtayasa. Dalam praktiknya, pembelajaran di kelas seringkali masih bersifat satu arah dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Selain itu, minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif turut menjadi faktor penghambat keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap kemampuan kolaborasi siswa pada materi keragaman budaya lokal, khususnya makanan khas Banten. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa panduan observasi dan pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri dari satu guru dan enam siswa kelas V yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, tanggung jawab individu, kemampuan komunikasi, dan kerja sama dalam kelompok. Media ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa pada pembelajaran tematik berbasis budaya lokal.
Downloads
References
Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Rini Nursaadah, and Salsabila Baliani Putri Sopian. 2022. “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(6):1835. doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9313.
Aliya Maulida Putri, Nor, Ahmad Suriansyah, Arta Mulya Budi Harsono, Mubarok, and , Eka Cahya Sari Putra. 2024. “Media Interaktif Matematika Berbasis PowerPoint Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Perkalian.” Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158 1(2):195–202. doi: 10.62379/jerd.v1i2.134.
Andriany, Rany, and Warsiman Warsiman. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di Era Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 406–22. doi: 10.19105/ghancaran.vi.8209.
Bela Vista, Erlynda Runtut, Fida Chasanatun, and Kustini Kustini. 2023. “MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 7(2):271–79. doi: 10.36379/autentik.v7i2.357.
Mashudi, Mashudi. 2021. “Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 4(1):93–114. doi: 10.23971/mdr.v4i1.3187.
Muhammad, Najamuddin. 2019. Multitasking Teachers Menjadi Guru Yang Mampu Mencerdaskan Siswa Dan Mengelola Kelas Dengan Sempurna. Vol. 129. Yogyakarta: Araska Publisher.
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wiyanto. 2019. “PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.” Higher Education in the Digital Age 3(1):1–200. doi: 10.1515/9781400866137.
Nisa, Mahwar Alfan, and Ratnawati Susanto. 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1):140. doi: 10.29210/022035jpgi0005.
Pamungkas, Zhenith Surya, Alingga Randriwibowo, Latifa Nur, Ayu Wulansari, Nendra Gita Melina, and Atik Purwasih. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih Informasi Artikel ABSTRAK Sejarah Artikel: Diterima Revisi Dipublikasikan.” Social Pedagogy: Journal of Social Science Education 2(2):135–48.
Rahmania, Savira, Irma Soraya, and Asep Saepul Hamdani. 2023. “PEMANFAATAN GAMIFICATION QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(2):114–33. doi: 10.30603/tjmpi.v11i2.3714.
ROHMATIN, ROHMATIN. 2023. “Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 3(1):79–88. doi: 10.51878/edutech.v3i1.2039.
Rosyid, Abdul, and Fatkhul Mubin. 2024. “Pembelajaran Abad 21: Melihat Lebih Dekat Inovasi Dan Implementasinya Dalam Konteks Pendidikan Indonesia.” Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7(1):1–12. doi: 10.51476/tarbawi.v7i1.586.
Silvester. 2024. Melangkah Ke Era Digital: Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Yogyakarta: Mega Press Nusantara.
Suhailah, Fina, Muhammad Muttaqin, Idad Suhada, Dindin Jamaluddin, and Epa Paujiah. 2021. “ARTICULATE STORYLINE: SEBUAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SEL.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1):19–25. doi: 10.33751/pedagonal.v5i1.3208.
Wuriyanti, Osa, and Poppy Febriana. 2022. “Problematika Penggunaan New Media (Whatsapp) Di Kalangan Lansia Sebagai Media Bertukar Pesan Di Era Digital.” Jurnal Komunikasi 16(2):161–75. doi: 10.21107/ilkom.v16i2.15770.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















