PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS 5 SD

Authors

  • Dina Mauliya Lorenza Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33537

Keywords:

Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran adalah peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen One Group Pretest-Posttest, melibatkan 15 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soalnya. Analisis dilakukan dengan N-Gain, uji normalitas, dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa meningkat dari 42,27 (pretest) menjadi 79,13 (posttest) dengan N-Gain 0,65 (kategori sedang). Uji paired sample t-test menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima. Kesimpulannya, penggunaan alat peraga sederhana berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, M., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2.

Afrilia Zildjianshi, D. ., Sutiyono, A. ., & Dwi Lestari , Y. (2022). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mtematika Kelas III Sds Swaddhipa Bumisari Natar Tahun Pelajaran 2021/2022. Cerdas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1, 39-44.

Agustin, P., & Permatasari, R.I. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Divisi New Product Development (NPD) Pada Pt. Mayora Indah. Jurnal Ilmiah M-Progres, 2.

Alfiatunnisa, E. ., Zulfah Khairunnisa, H. ., Hayati, S., & Listya Maulida, V. (2022). Uji Validitas Dan Reabilitas Terhadap Kemandirian Sekolah Dasar Kelas 1. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluaso Pendidikan Dan Penelitian, 2, 29-36.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, 2.

Dewi, I. G. A. A. O. (2021). Mendiskusikan Hasil Pengujian Hipotesis Penelitian Dalam Penyusunan Disertasi: Sebuah Kajian Teroritis. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 13, 31-39.

Fatimah, L. U., & Afath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8, 37-64.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1617-1620.

Hardianto & Bahruddin, M. R.,. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2, 27-33.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayat, A.A. (2021). Menyususn Instrumen Penelitian & Uji Validitas-reliabilitas. surabaya: Health Book Publishing.

Imansari, N., & Kholifah, U. (2023). Metodologi Penelitian Untuk Pendidikan Kejuruan. Madiun, Jawa Timur: UNIPMA Press.

Jasinta Maria Adolfina Stibies, Anis Alfian Fitriani, & Ahmad Yulianto. (2023). Analisis Alat Peraga Terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas V SD Kristus Raja II Kota Sorong. Madako Elementary School, 2, 137-148.

Marpaung, F. N. ., Nadeak, B. ., & Naibaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3761-3772.

Masturoh, I., & Khaeroni, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat PeragaGeoboardTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok BahasanGeometri. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9, 190-210.

Meylovia,D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 84-91.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2019). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7, 44-46.

Muliani, D. E. (2024). Pengaruh Penerapan PBL Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 21 Lubuk Lintah Kota Pdang. Journal Of Psychology and Child Development, 4, 235-245.

Mulyani, R., Safrijak, S., & Makawiyah, M. (2024). Pengaruh Alat Peraga Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa XI SMA N 1 Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Jbc : Journal Biomafika, 2, 142-149.

Munira,T., Agustina, R., & Dewi,E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbahan Dasar Brang Bekas Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Mutiara. Jbf: Journal Biomafika, 2, 128-141.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Journal Unsika, 659-663.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. J o u r n a l o f P s y c h o l o g y : H u m a n l i g h t, 2, 31-47.

Nurfadhillah, S., Setyorini, A., Armianti, I. J., Fadilla, L. N., & Adawiyah, R. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3, 176-186.

Pamawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Pardomuan, G.N., & Ristua, Y. (2023) Media Pembelajaran Tepat Guna. Cipta Media Nusantara

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1, 17-22.

Permendikdasmen No.10 Tahun 2025. (2025). Retrieved from https://jdih.kemendikdasmen.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikdasmen

Priadana, M.S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4, 7911-7915.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan Media, 11, 107-119.

Ratni, R. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Efektivitas Pengecoh Soal Ulangan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 117-123.

Rukmini., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2, 278-288.

Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Supremum Journal of Mathematics Education, 4, 92-100.

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Supremum Journal of Mathematics Education, 4, 92¬-100.

Telaubanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Mtematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bhasan Pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14, 709-722.

Yandi, A. ., Nathania Kani Putri, A. ., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1, 13–24. doi:https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Downloads

Published

2025-09-23