Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan pada Peserta Didik Kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Indramayu Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Nurul Uripah Universitas Darul Ma'arif Indramayu
  • Masrurih Universitas Darul Ma'arif Indramayu
  • Ade Hasanudin Universitas Darul Ma'arif Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33531

Keywords:

Discovery learning, Teks tanggapan, Pembelajaran menulis

Abstract

Kurangnya penggunaan model yang bervariatif dalam pembelajaran menulis teks tanggapan sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh selama pembelajaran melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng dan mendeskripsikan aktivitas pembelajaran menggunakan model discovery learning dalam menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh ditetapkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tulis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan menggunakan uji t dua independen (independent sample t test), diperoleh Thitung sebesar 3,899 dan Ttabel adalah 2,008. Jadi,Thitung (3,899) > Ttabel (2,008), hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa model discovery learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan analisis data hasil observasi, terbukti bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Tahun Ajaran 2024/2025 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argiandini, septian refvinda. (2019). PAPER KETERAMPILAN MENULIS RESENSI (Universitas Sebelas Maret). Osf.Oi, 1–17.

Astuti, M. (2022). Evaluasi pendidikan (Cetakan pe). Deepublish Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Pendidikan/Y19OEQAAQBAJ?hl=iddangbpv=0https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57

Eriyanti, R. W., Syarifuddin, K. T., Datoh, K., dan Yuliana, E. (2020). Linguistik Umum. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/LINGUISTIK_UMUM/VRvUDwAAQBAJ?hl=iddangbpv=1dandq=ERIYANTI+RIBUT+WAHYU+LINGUISTIK+UMUMdanpg=PR1danprintsec=frontcover

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Edu Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/KETERAMPILAN_BERBAHASA_INDONESIA/0aj8DwAAQBAJ?hl=iddangbpv=0

Hayati, S. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Tanggapan Deskriptif Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Kelas Vii B Smp Negeri 1 Kurun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(3), 128–139. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5704

Khoiriyah, A. N., Kunci, K., Ptk, :, Belajar, H., Belajar, M., dan Tanggapan, T. (2023). Peningkatan Hasil Dan Motivasi Belajar Teks Tanggapan Melalui Media Quizizz Untuk Smp Kelas Vii. 1, 990–998.

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=oNJZEQAAQBAJ

Pamuji, S. S., dan Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Ramadhanti, D., dan Yanda, D. P. (2022). Pembelajaran menulis teks: suatu pendekatan kognitif. Deepublish Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Menulis_Teks/D19OEQAAQBAJ?hl=iddangbpv=0

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan RdanD. Alfabeta.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., dan Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92

Downloads

Published

2025-10-01