PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI UPT SMA NEGERI 10 SIDRAP

Authors

  • Septiyani Hamid Bohari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurmayanti L Nurmayanti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33530

Keywords:

Doratoon learning video, ADDIE model.

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran Doratoon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap. Analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentsi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan persentasi untuk data kualitatif dan N-gain untuk data kuantitatif. Hasil validasi media memperoleh skor 86% (sangat valid), validasi materi 84% (sangat valid), hasil penilaian angket respon guru sebesar 100% (sangat praktis), hasil angket responden siswa perorangan dengan skor rata-rata sebesar 93% (sangat praktis), hasil angket responden kelompok kecil dengan skor rata-rata sebesar 95% (sangat praktis), hasil angket responden uji lapangan dengan skor rata-rata sebesar 94,33% (sangat praktis), dan hasil N-gain dengan skor rata-rata 79,74 (sangat efektif). Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa video pembelajaran Doratoon dapat digunakan dalam proses pembelajaran Seni Budaya di kelas XI UPT SMA Negeri 10 Sidrap.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-25