PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI UPT SMA NEGERI 10 SIDRAP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33530Keywords:
Doratoon learning video, ADDIE model.Abstract
Penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran
Doratoon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap. Analisis (analysis), desain (design),
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi
(evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentsi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan
persentasi untuk data kualitatif dan N-gain untuk data kuantitatif. Hasil validasi
media memperoleh skor 86% (sangat valid), validasi materi 84% (sangat valid),
hasil penilaian angket respon guru sebesar 100% (sangat praktis), hasil angket
responden siswa perorangan dengan skor rata-rata sebesar 93% (sangat praktis),
hasil angket responden kelompok kecil dengan skor rata-rata sebesar 95% (sangat
praktis), hasil angket responden uji lapangan dengan skor rata-rata sebesar 94,33%
(sangat praktis), dan hasil N-gain dengan skor rata-rata 79,74 (sangat efektif).
Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa video pembelajaran
Doratoon dapat digunakan dalam proses pembelajaran Seni Budaya di kelas XI
UPT SMA Negeri 10 Sidrap.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















