ETNOMATEMATIKA PADA TABAK MELAYU RIAU SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33513Keywords:
Etnomatematika, Tabak Melayu Riau, GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali unsur-unsur geometri pada tabak Melayu Riau yang dapat dijadikan sumber belajar matematika yang lebih mendalam, bermakna, dan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik mengenai pentingnya melestarikan budaya sebagai warisan nenek moyang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu human instrument atau peneliti sebagai instrument utama penelitian yang menentukan fokus penelitian, memilih informan, melakukan pengumpulan data, mengevaluasi, keabsahan data serta menganalisis dan menafsirkan data. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya konsep geometri bangun datar dan bangun ruang pada budaya tabak Melayu Riau. Konsep-konsep yang ditemukan dapat dijadikan sumber belajar dalam mengenal dan mempelajari materi geometri melalui budaya yang mulai tergerus oleh modernisasi, globalisasi, dan kurangnya kesadaran generasi muda untuk mempelajari budaya lokal.Downloads
References
Fadhillah, Rizki Rahmali, Zetra Hainul Putra, Zufriady, Jismulatif, and Ayman Aljarrah. 2025. “Exploring Ethnomathematics in Malay Architecture and Traditional Hall in Penyengat Island and Connecting It to Geometry in Elementary Schools.” Jurnal Elemen 11(October 2024):50–69. doi: https:/doi.org/10.29408/jel.v11i1.27194.
Fauzi, Asri, and Ulfa Lu’luilmaknun. 2019. “Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(3):408–19.doi: http://dx.doi.org/10.24127 /ajpm.v8i3.2303.
Fendrik, Muhammad, Marsigit, and Muhammad Nur Wangid. 2020. “Analysis of Riau Traditional Game-Based Ethnomathematics in Developing Mathematical Connection Skills of Elementary School Students.” Elementary Education Online 19(3):1605–18. doi: 10.17051/ilkonline. 2020.734497.
Fitriyani, Hanifah, and Ananda Dwi Putri. 2024. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika 2(1):1–8. doi: https://doi.org/ 10.47134/ ppm.v2i1.1112.
Fouze, Abu Qouder, and Miriam Amit. 2021. “Teaching Geometry by Integrating Ethnomathematics of Bedouin Values.” Creative Education 12(02):402–21. doi: 10.4236/ce.2021.122029.
Khaerani, Arismunandar, and Ismail Tolla. 2024. “The Role Of Ethnomathematics In Improving The Quality Of Mathematics Learning: Literature Review Khaerani 1 Arismunandar 2.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 5(1):20–26. doi: https://doi.org/ 10.51577/ijipublication.v5i1.579.
Marlissa, Inggrid, Dadang Juandi, and Turmudi. 2024. “Persepsi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika.” Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 7(1):148–59. doi: 10.31851/indiktika. v7i1.16993.
Nisa, Khairun, Noor Fajriah, and Indah Budiarti. 2025. “Meta-Analisis: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurmadikta 5(1):101–13. doi: 10.20527/jurmadikta.v5i1.2965.
Prahmana, Rully Charitas Indra, Wahid Yunianto, Milton Rosa, and Daniel Clark Orey. 2021. “Ethnomathematics: Pranatamangsa System and the Birth-Death Ceremonial in Yogyakarta.” Journal on Mathematics Education 12(1):93–112. doi: 10.22342/JME.12.1. 11745.93-112.
Sari, Meisy Permata, Adi Kusuma, Bagus Hidayatullah, Rusdy A. Sirodj, and M. Win Afgani. 2023. “Penggunaan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(1):84–90. doi: https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956.
Silvia, Vioni, Muhammad Fendrik, and M. Jaya Adi Putra. 2021. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Tradisi Mengonji Berayak Di Desa Pulau Komang, Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(September):167–86. doi: https://doi.org/10.23969/jp. v10i03.28578.
Sulistya, Apsoh, and Ratnawati Susanto. 2023. “Analysis of Students ’ Learning Difficulties in Mathematics on the Concept of Mixed Devotion Materials.” Education and Social Sciences Review 4(1):10–16. doi: https://doi.org/10.29210/07essr322000.
Tarindha, Dinisa, Muhammad Fendrik, and Otang Kurniaman. 2024. “Efektivitas Penerapan Pendekatan Etnomatematika Makanan Khas Kepulauan Riau Pada Materi Geometri Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Education and Development Research 3(1):796–805. doi: 10.57235/ijedr. v3i1.4954.
Tindaon, Tio Minar, Sonita Lasrotua Nadeak, Lastri Sarma, and Uli Pakpahan. 2025. “Pengaruh Pengimplementasian Etnomatematika Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(2):1–8. doi: https://doi.org/10. 47134/pgsd.v2i2.1469.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.