Pengaruh Self Efficacy Dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33505Keywords:
self efficacy, lingkungan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo, serta pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,298, sig = 0,00), (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,608, sig = 0,000), (3) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000), (4) lingkungan sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = –0,571, p = 0,000), (5) efikasi diri berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,136 ≤ 0,432), (6) lingkungan sekolah berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,279 ≤ -0,571), dan (7) motivasi sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000). berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = -0,458, sig = 0,008).Downloads
References
Buku :
Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-
ngan konseling untuk anak usia
dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009).
Group development in practice:
guidance for clinicians and
researchers on stages and
dynamics of change. Washington,
DC: American Psychological
Association.
Artikel in Press :
Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs,
J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B.
D. (2001). Obesity: Assessment
and management in primary care.
American Family Physician,
63(11), 2185-2196.
Jurnal :
Hodgson, J., & Weil, J.
(2011). Commentary: how
individual and profession-level
factors influence discussion of
disability in prenatal genetic
counseling. Journal of
Genetic Counseling, 1-3.Fariq, A. (2011). Perkembangan
dunia konseling memasuki era
grobalisasi. Pedagogi, II Nov
2011(Universitas Negeri Padang),
255-262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.