Pengaruh Self Efficacy Dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo

Authors

  • Indah Lu'luil Khoiriyah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33505

Keywords:

self efficacy, lingkungan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo, serta pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,298, sig = 0,00), (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (β = 0,608, sig = 0,000), (3) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000), (4) lingkungan sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = –0,571, p = 0,000), (5) efikasi diri berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,136 ≤ 0,432), (6) lingkungan sekolah berpengaruh negatif melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (-0,279 ≤ -0,571), dan (7) motivasi sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = 0,432, sig = 0,000). berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (β = -0,458, sig = 0,008).  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-

ngan konseling untuk anak usia

dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009).

Group development in practice:

guidance for clinicians and

researchers on stages and

dynamics of change. Washington,

DC: American Psychological

Association.

Artikel in Press :

Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs,

J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B.

D. (2001). Obesity: Assessment

and management in primary care.

American Family Physician,

63(11), 2185-2196.

Jurnal :

Hodgson, J., & Weil, J.

(2011). Commentary: how

individual and profession-level

factors influence discussion of

disability in prenatal genetic

counseling. Journal of

Genetic Counseling, 1-3.Fariq, A. (2011). Perkembangan

dunia konseling memasuki era

grobalisasi. Pedagogi, II Nov

2011(Universitas Negeri Padang),

255-262.

Downloads

Published

2025-09-23