Pengaruh Model Role Playing Terhadap Keaktifan siswa kelas V Dalam Mata Pelajaran IPS Di SDN 141 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33492Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Role Playing terhadap keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS
kelas V di SDN 141 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain pre-eksperimen, yaitu One Group Pretest-Posttest
Design dengan sampel sebanyak 31 siswa kelas VA, sedangkan uji coba
instrumen dilakukan pada siswa kelas VB dengan jumlah 23 siswa. Instrumen
penelitian berupa angket keaktifan siswa dengan menggunakan angket skala
Likert dan lembar observasi penggunaan model pembelajaran Role Playing
aktivitas guru dan siswa menggunakan observasi angket skala Guttment,
sedangkan analisis data menggunakan uji normalitras, uji homogenitas dan uji-t
(paired sample t-test), regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi
dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan skor rata-rata keaktifan siswa dari 51,61 pada pretest menjadi 74,29
pada posttest dengan selisih 22,65 poin. Uji paired sample t-test menghasilkan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara
sebelum dan sesudah penerapan Role Playing. Uji regresi linier sederhana juga
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima,
dengan kontribusi model Role Playing terhadap peningkatan keaktifan siswa
sebesar 90,7%, sementara 9,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian,
model Role Playing terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keaktifan
siswa karena mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, mendorong
partisipasi aktif, serta menjadikan pembelajaran IPS lebih bermakna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















