PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33482Keywords:
Model pembelajaran make a match picture and picture, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS di SDN Grogol Utara 03 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kelas 5 sebanyak 40 siswa. Dengan sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (3) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa
Downloads
References
Abdillah. (2015). Prinsip-prinsip
belajar untuk pengajaran. Usaha
Nasional.
Achmad, B. (2015). Peningkatan
Motivasi Belajar Peserta didik
Melalui Bimbingan Konseling.
Abe Kreatifindo.
Ahiri, J. G. (2017). Penilaian Autentik
Dalam Pembelajaran. Uhamka
Press.
Al Hafiz Rasya Ramadhan, Cyndy
Felisya, & Sani Safitri. (2025).
Inovasi Pembelajaran IPS untuk
Meningkatkan Partisipasi Siswa
dalam Kehidupan Sosial.
SOSIAL : Jurnal Ilmiah
Pendidikan IPS, 3(2), 182–190.
https://doi.org/10.62383/sosial.v3
i2.678
All, F., & others. (2021). Meta-
Analisis Pendekatan
Pembelajaran Konstruktivisme
dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa PadaBerpikir Kritis Siswa Kelas V
Sekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas, 8.
Aryanthi, K. D., Suwatra, I. I. W., &
Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh
Model Pembelajaran Air
Berbantuan Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar Ips
Siswa. Media Komunikasi
FPIPS, 17(1), 33–43.
https://doi.org/10.23887/mkfis.v1
7i1.22215
Azzahra, M., & Nurrohmatul
Amaliyah. (2022). Analisis Faktor
Penyebab Kesulitan Siswa
Dalam Pembelajaran Tematik Di
Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas, 8(3),
851–859.
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.
2677
Dadang Supardan. (2015).
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 7,
32175–32181.
Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M.
(2018). Pengaruh pelaksanaan
pembelajaran dan kebiasaan
belajar terhadap hasil belajar
ekonomi kelas X SMA Lab
Singaraja. Tesis, 1.
https://media.neliti.com/media/pu
blications/5192-ID-pengaruh-
pelaksanaan-pembelajaran-dan-
kebiasaan-belajar-terhadap-
hasil-belajar-e.pdf
Dudung, A. (2018). Kompetensi
Profesional Guru. JKKP (Jurnal
Kesejahteraan Keluarga Dan
Pendidikan), 5(1), 9–19.
https://doi.org/10.21009/jkkp.051.
02
Dwijayanti, N. M. A., Lasmawan, I.
W., & Kertih, I. W. (2025).
Penerapan Model Pembelajaran
Pbl Pada Mata Pelajaran
IpsUntuk Menumbuhkan
Kemampuan Berfikir Kritis Siswa
Kelas IvSd Negeri 1 Manikyang.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
10(1), 607–621.
Fadli, M. R. (2021). Memahami
desain metode penelitian
kualitatif. Humanika, 21(1),
33–54.
https://doi.org/10.21831/hum.v21
i1.38075
Hidayat, R., & Abdillah. (n.d.). Ilmu
Pendidikan. LPPPI.Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan
tantangan pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di sekolah
dasar. Elementary School
Teacher, 7(2), 48–58.
https://doi.org/10.15294/9wvmet3
3
Puspitasari, E. (2016). Inovasi
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Edueksos : Jurnal
Pendidikan Sosial & Ekonomi,
3(1), 25–40.
http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/ind
ex.php/edueksos/article/view/324
Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas
Dalam Implementasi Kurikulum
Sekolah. Education
Achievement: Journal of Science
and Research, 1(1), 1–13.
https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.1
77
Siswa, B., Iv, K., Negeri, S. D., &
Tungkal, V. K. (2020).
Sampurna. 2(April), 114–131.
Sugiyono, P. D. (2023). METODE
PENELITIAN KUANTITATIF
KUALITATIF dan R&D. Alfabeta.
Windasari, R., Lasmawan, I. W., &
Kertih, I. W. (2024). Strategi
Efektif untuk Mengatasi
Permasalahan Pembelajaran IPS
Bagi Guru Sekolah Dasar. Cetta:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4),
54–68.
https://doi.org/10.37329/cetta.v7i
4.3667
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















