PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Dwi Putri Novisari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abd Rahman A. Ghani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33482

Keywords:

Model pembelajaran make a match picture and picture, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS di SDN Grogol Utara 03 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kelas 5 sebanyak 40 siswa. Dengan sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (3) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah. (2015). Prinsip-prinsip

belajar untuk pengajaran. Usaha

Nasional.

Achmad, B. (2015). Peningkatan

Motivasi Belajar Peserta didik

Melalui Bimbingan Konseling.

Abe Kreatifindo.

Ahiri, J. G. (2017). Penilaian Autentik

Dalam Pembelajaran. Uhamka

Press.

Al Hafiz Rasya Ramadhan, Cyndy

Felisya, & Sani Safitri. (2025).

Inovasi Pembelajaran IPS untuk

Meningkatkan Partisipasi Siswa

dalam Kehidupan Sosial.

SOSIAL : Jurnal Ilmiah

Pendidikan IPS, 3(2), 182–190.

https://doi.org/10.62383/sosial.v3

i2.678

All, F., & others. (2021). Meta-

Analisis Pendekatan

Pembelajaran Konstruktivisme

dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa PadaBerpikir Kritis Siswa Kelas V

Sekolah Dasar. Jurnal

Cakrawala Pendas, 8.

Aryanthi, K. D., Suwatra, I. I. W., &

Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh

Model Pembelajaran Air

Berbantuan Media Gambar

Terhadap Hasil Belajar Ips

Siswa. Media Komunikasi

FPIPS, 17(1), 33–43.

https://doi.org/10.23887/mkfis.v1

7i1.22215

Azzahra, M., & Nurrohmatul

Amaliyah. (2022). Analisis Faktor

Penyebab Kesulitan Siswa

Dalam Pembelajaran Tematik Di

Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal

Cakrawala Pendas, 8(3),

851–859.

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.

2677

Dadang Supardan. (2015).

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 7,

32175–32181.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M.

(2018). Pengaruh pelaksanaan

pembelajaran dan kebiasaan

belajar terhadap hasil belajar

ekonomi kelas X SMA Lab

Singaraja. Tesis, 1.

https://media.neliti.com/media/pu

blications/5192-ID-pengaruh-

pelaksanaan-pembelajaran-dan-

kebiasaan-belajar-terhadap-

hasil-belajar-e.pdf

Dudung, A. (2018). Kompetensi

Profesional Guru. JKKP (Jurnal

Kesejahteraan Keluarga Dan

Pendidikan), 5(1), 9–19.

https://doi.org/10.21009/jkkp.051.

02

Dwijayanti, N. M. A., Lasmawan, I.

W., & Kertih, I. W. (2025).

Penerapan Model Pembelajaran

Pbl Pada Mata Pelajaran

IpsUntuk Menumbuhkan

Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Kelas IvSd Negeri 1 Manikyang.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

10(1), 607–621.

Fadli, M. R. (2021). Memahami

desain metode penelitian

kualitatif. Humanika, 21(1),

33–54.

https://doi.org/10.21831/hum.v21

i1.38075

Hidayat, R., & Abdillah. (n.d.). Ilmu

Pendidikan. LPPPI.Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan

tantangan pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial di sekolah

dasar. Elementary School

Teacher, 7(2), 48–58.

https://doi.org/10.15294/9wvmet3

3

Puspitasari, E. (2016). Inovasi

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial. Edueksos : Jurnal

Pendidikan Sosial & Ekonomi,

3(1), 25–40.

http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/ind

ex.php/edueksos/article/view/324

Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas

Dalam Implementasi Kurikulum

Sekolah. Education

Achievement: Journal of Science

and Research, 1(1), 1–13.

https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.1

77

Siswa, B., Iv, K., Negeri, S. D., &

Tungkal, V. K. (2020).

Sampurna. 2(April), 114–131.

Sugiyono, P. D. (2023). METODE

PENELITIAN KUANTITATIF

KUALITATIF dan R&D. Alfabeta.

Windasari, R., Lasmawan, I. W., &

Kertih, I. W. (2024). Strategi

Efektif untuk Mengatasi

Permasalahan Pembelajaran IPS

Bagi Guru Sekolah Dasar. Cetta:

Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4),

54–68.

https://doi.org/10.37329/cetta.v7i

4.3667

Downloads

Published

2025-09-23