UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nova Indriani Universitas Darul Ma'arif
  • Liyana Sunanto Universitas Darul Ma’arif
  • Dede Hadiansah Universitas Darul Ma’arif

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33454

Keywords:

role playing method, confidence, learning outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 3 Tenajar melalui metode Role Playing.  Penelitian ini dilatar belakangi pada ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia yang belum maksimal yaitu 40%. Dari 26 siswa sebanyak 15 siswa yang dibawah KKM. Dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan latihan soal. Salah satu yang dilakukan yaitu pembaharuan  metode pembelajaran yang mampu menempatkan siswa lebih aktif saat pembelajaran, salah satunya melalui metode Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan III siklus menggunakan model desain menurut Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Hasil percaya diri siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I, siklus II dan siklus III. Persentase siklus I yaitu 58%  kategori sedang persentase siklus II yaitu 73% kategori tinggi, dan persentase siklus III yaitu 83% kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa yang diperoleh selama proses pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan. Bisa dilihat dari hasil siklus I, siklus II, dan siklus III siswa memenuhi ketuntasan belajar dan meningkat pada tiap siklus dari 15 siswa dengan persentase 58%  terdapat kenaikan menjadi 21 siswa dengan persentase 81% kemudian meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 92%. Penelitian ini menunjukkan  sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W.,

Mahpudin, M., & Priatin, S.

(2020). Konsep Diri Dengan

Kepercayaan Diri Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal ElementariaEdukasia, 3(2), 370–383.

https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.

2532

Ariwitari, N. M. R., Putra, M., &

Kristiantari, M. R. (2014).

Pengaruh metode pembelajaran

role playing berbantuan media

audio visual terhadap hasil

belajar pkn kelas V SD gugus 1

Tampaksiring. Jurnal Mimbar

PGSD Universitas Pendidikan

Ganesha,2(1).https://repository.u

nibos.ac.id/xmlui/handle/123456

789/4771

Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018).

Peningkatan Keterampilan Sosial

Melalui Metode Role Playing

Pada Pembelajaran IPS Di Kelas

IV SD Negeri Pasi Pinang

Kabupaten Aceh Barat. Jurnal

Bina Gogik, 5(1), 79–90.

Gea Aprilyada, Muhammad Akbar

Zidan, Nurlia, Risna Adypon

Ainunisa, & Widi Winarti. (2023).

Peran Kajian Pustaka Dalam

Penelitian Tindakan Kelas.

Jurnal Kreativitas Mahasiswa,

1(2), 165–173.

Haliza, R. N., & Nugrahani, R. F.

(2021). Metode Role Play

Terhadap Kepercayaan Diri

Siswa. Psikodinamika - Jurnal

Literasi Psikologi, 1(2), 133–142.

https://doi.org/10.36636/psikodin

amika.v1i2.850

Khaira, W., & Muhajir, A. (2024).

Mengenali Karakter Anak. Jurnal

Kolaboratif Akademika, 1(1), 1–

13. https://doi.org/10.26811/

Maulidiyah, Y., Mubarok, K., &

Rahmawati, E. (2022). Pengaruh

Metode Role Playing Terhadap

Hasil Belajar Subtema Pekerjaan

di Sekitarku Siswa Kelas IV SD.

Jurnal Ilmiah Mandala Education,

8(1), 606–615.

https://doi.org/10.58258/jime.v8i1

.2754

Muhamad, A. (2014). Pentingnya

Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru Dalam Pembelajaran Di

Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 1(1), 1.

Sari, R. K. (2020). Efektivitas

Penggunaan Model

Pembelajaran Role Playing

Terhadap Ketrampilan Berbicara

Pada Bahasa Indonesia Tingkat

SD. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 2(1), 61–67.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2

.582Yanto, A. (2015). Strategi Guru

Pendidikan Agama Islam dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa di MTs. Almaarif 03

Singosari. Jurnal Cakrawala

Pendas, I(1), 53–57.

http://repository.unisma.ac.id/han

dle/123456789/4681

Yogi Fernando, Popi Andriani, &

Hidayani Syam. (2024).

Pentingnya Motivasi Belajar

Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal

Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–

68.https://doi.org/10.59246/alfihri

s.v2i3.843

Downloads

Published

2025-10-02