UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33454Keywords:
role playing method, confidence, learning outcomesAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 3 Tenajar melalui metode Role Playing. Penelitian ini dilatar belakangi pada ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia yang belum maksimal yaitu 40%. Dari 26 siswa sebanyak 15 siswa yang dibawah KKM. Dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan latihan soal. Salah satu yang dilakukan yaitu pembaharuan metode pembelajaran yang mampu menempatkan siswa lebih aktif saat pembelajaran, salah satunya melalui metode Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan III siklus menggunakan model desain menurut Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Hasil percaya diri siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I, siklus II dan siklus III. Persentase siklus I yaitu 58% kategori sedang persentase siklus II yaitu 73% kategori tinggi, dan persentase siklus III yaitu 83% kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa yang diperoleh selama proses pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan. Bisa dilihat dari hasil siklus I, siklus II, dan siklus III siswa memenuhi ketuntasan belajar dan meningkat pada tiap siklus dari 15 siswa dengan persentase 58% terdapat kenaikan menjadi 21 siswa dengan persentase 81% kemudian meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 92%. Penelitian ini menunjukkan sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa sekolah dasar.Downloads
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W.,
Mahpudin, M., & Priatin, S.
(2020). Konsep Diri Dengan
Kepercayaan Diri Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal ElementariaEdukasia, 3(2), 370–383.
https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.
2532
Ariwitari, N. M. R., Putra, M., &
Kristiantari, M. R. (2014).
Pengaruh metode pembelajaran
role playing berbantuan media
audio visual terhadap hasil
belajar pkn kelas V SD gugus 1
Tampaksiring. Jurnal Mimbar
PGSD Universitas Pendidikan
Ganesha,2(1).https://repository.u
nibos.ac.id/xmlui/handle/123456
789/4771
Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018).
Peningkatan Keterampilan Sosial
Melalui Metode Role Playing
Pada Pembelajaran IPS Di Kelas
IV SD Negeri Pasi Pinang
Kabupaten Aceh Barat. Jurnal
Bina Gogik, 5(1), 79–90.
Gea Aprilyada, Muhammad Akbar
Zidan, Nurlia, Risna Adypon
Ainunisa, & Widi Winarti. (2023).
Peran Kajian Pustaka Dalam
Penelitian Tindakan Kelas.
Jurnal Kreativitas Mahasiswa,
1(2), 165–173.
Haliza, R. N., & Nugrahani, R. F.
(2021). Metode Role Play
Terhadap Kepercayaan Diri
Siswa. Psikodinamika - Jurnal
Literasi Psikologi, 1(2), 133–142.
https://doi.org/10.36636/psikodin
amika.v1i2.850
Khaira, W., & Muhajir, A. (2024).
Mengenali Karakter Anak. Jurnal
Kolaboratif Akademika, 1(1), 1–
13. https://doi.org/10.26811/
Maulidiyah, Y., Mubarok, K., &
Rahmawati, E. (2022). Pengaruh
Metode Role Playing Terhadap
Hasil Belajar Subtema Pekerjaan
di Sekitarku Siswa Kelas IV SD.
Jurnal Ilmiah Mandala Education,
8(1), 606–615.
https://doi.org/10.58258/jime.v8i1
.2754
Muhamad, A. (2014). Pentingnya
Penelitian Tindakan Kelas Bagi
Guru Dalam Pembelajaran Di
Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 1(1), 1.
Sari, R. K. (2020). Efektivitas
Penggunaan Model
Pembelajaran Role Playing
Terhadap Ketrampilan Berbicara
Pada Bahasa Indonesia Tingkat
SD. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 2(1), 61–67.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2
.582Yanto, A. (2015). Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa di MTs. Almaarif 03
Singosari. Jurnal Cakrawala
Pendas, I(1), 53–57.
http://repository.unisma.ac.id/han
dle/123456789/4681
Yogi Fernando, Popi Andriani, &
Hidayani Syam. (2024).
Pentingnya Motivasi Belajar
Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal
Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–
68.https://doi.org/10.59246/alfihri
s.v2i3.843
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.