Fitra Hanifa Fauzia Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Doratoon Pada Materi Sehatlah Ragaku
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33434Keywords:
Pengembangan, Video Animasi, DoratoonAbstract
Fitra Hanifa Fauzia. 037121036. Development of Animation Video Based on Doratoon Application on Healthy Material. This study used a Research and Development (R&D) approach at Ar-Ridho Citeureup Islamic Elementary School. This study aims to determine the development, feasibility and effectiveness of animated videos based on the Doratoon application on the Material Sehatlah Ragaku for the learning process at school. The research subjects were class IV A students of Ar-Ridho Citeureup Islamic Elementary School, Bogor Regency consisting of 30 students, the research was conducted in the even semester of the 2024/2025 academic year. This research uses the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validation tests were conducted on media experts, linguists, and material experts to develop and refine Doratoon-based animation videos. The results of this study are in the form of a percentage of validation test scores by material experts with a percentage of 85.3% with very feasible criteria, media experts with a percentage of 89.3% with very feasible criteria, and linguists with a percentage of 85.3% with very feasible criteria. The results showed a positive response with a percentage score obtained based on a student response questionnaire of 90% with a very feasible category. These results show that Doratoon-based animation videos are suitable to be used as media in learning. ABSTRAK Fitra Hanifa Fauzia. 037121036. Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Doratoon Pada Materi Sehatlah Ragaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) di Sekolah Dasar Islam Ar-Ridho Citeureup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektifitas video animasi berbasis aplikasi Doratoon Pada Materi Sehatlah Ragaku untuk proses pembelajaran di sekolah. Subyek penelitian siswa kelas IV A Sekolah Dasar Islam Ar-Ridho Citeureup Kabupaten Bogor yang terdiri dari 30 siswa, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji validasi dilakukan pada ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengembangkan dan menyempurnakan video animasi berbasis Doratoon. Hasil penelitian ini berupa persentase dari peskoran uji validasi oleh ahli materi dengan persentase 85,3% dengan kriteria sangat layak, ahli media dengan persentase 89,3% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa dengan persentase 85,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dengan persentase skor yang diperoleh berdasarkan angket respon siswa sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis Doratoon layak untuk dijadikan media dalam pembelajaran.Downloads
References
Buku:
Pengembangan media pembelajaran SD/MI. (2021). (n.p): Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wuryanti (2020). Serunya Belajar Dengan Video Animasi. (n.p): CV. Pustaka Media Guru
Artikel Jurnal:
Ainusyamsi, F. Y., & Husni, H. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia melalui Pendidikan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 51.https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.670
Anggraini, D., & Yukamana, H. (2023). the Impact of Doratoon’S Video Use and Self-Confidence on the Ninth-Grade Students’ Speaking Ability At Mts Al-Ittifaqiah. Premise: Journal of English Education, 12(3), 1093. https://doi.org/10.24127/pj.v12i3.7743
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Melisa, A. D., & Fadlan, M. N. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon Pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 901–908. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.371
Rabiah, R., & Widodo, S. T. (2023). Pengembangan Video Animasi Doratoon Materi Keberagaman Sosial Budaya Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 12(2), 86–91. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i2.73385.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.