Efektivitas Model Pembelajaran Collaborative Learning dalam Mengembangkan Kesadaran Multikultural Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN Satap 3 Bonto Cani
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33431Keywords:
collaborative learning, kesadaran multikultural, PPKn, efektivitas, pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran collaborative
learning dalam mengembangkan kesadaran multikultural siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN Satap 3 Bonto Cani. Latar belakang penelitian
berangkat dari fenomena rendahnya kesadaran multikultural siswa yang tercermin dalam sikap
intoleransi, diskriminasi, dan kurangnya penghargaan terhadap perbedaan di lingkungan sekolah.
Penelitian menggunakan metode mixed methods dengan desain concurrent embedded. Data kualitatif
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan
melalui angket yang melibatkan 72 responden dari total populasi 88 siswa. Analisis kualitatif
menggunakan model Miles dan Huberman, sementara data kuantitatif dianalisis dengan persentase dan
uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa collaborative learning efektif dalam meningkatkan
kesadaran multikultural siswa, dengan 81% responden menunjukkan kategori “sangat sering” dalam
menerapkan nilai-nilai multikultural. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model collaborative learning
dapat menjadi strategi pembelajaran yang relevan untuk membentuk siswa yang toleran, demokratis,
dan mampu menghargai perbedaan dalam konteks masyarakat multikultural.
Downloads
References
Aminah, S., & Budiman, A. (2021). Pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi belajar
siswa PPKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 45–59.
Fadila, N., & Setiawan, R. (2020). Dampak pembelajaran dalam meningkatkan kesadaran
multikultural di kalangan siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 74–88.
Idrus, I. A. (2024). Pendidikan multikultural dan penguatan nilai toleransi siswa. Makassar: UPI
Press.
Pratama, A., & Lestari, D. (2022). Pembelajaran kolaboratif sebagai alat pendidikan multikultural
dalam studi sosial. Jurnal Sosial Humaniora, 15(4), 102–115.
Puspita, R. (2018). Pendidikan multikultural: Konsep dan implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Vygotsky, L. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes.
Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















