PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPAS INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V SD NEGERI OEBOBO 1 KOTA KUPANG

Authors

  • Delphy Martni Selan Universitas Nusa Cendana
  • Maxsel Koro Universitas Nusa Cendana
  • Kurniayu T. R. A. Ratu Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Problem Based Learning, Biodiversity, Learning Outcomes

Abstract

This study, conducted by Delphy Martni Selan, is entitled “The Use of Problem- Based Learning Model Assisted by Video Media to Improve Student Learning Outcomes on the IPAS material ‘My Indonesia is Rich in Biodiversity” in Class V of SD Negeri Oebobo 1, Kupang City”. The pusose of the research was to improve student learning outcomes through the application of the Problem-Based Learning model supported by video media. The research question was: How can the use of the Problem-Based Learning model assisted by video media improve student learning outcome on the IPAS material “My Indonesia, Rich in Biodiversity”? This research employed Classroom Action Research (CAR), which consisted of four stages: planning, implementation, observation and tests, and reflection. The subjectsof the study were 34 fifth-grade students of SD Neger Oebobo 1. Data were collected through observation and test tec hniques, and anlyed using descriptive qualitative and quantitative approaches. The findings indicated that in cycle I, 25 students (74%) achieved mastery, while 9 students (26,47%) didi not. Students who suceeded paid attention to the teacher’s explanation, cooperatedin groups, presented discussion results, and were able to compete worksheets and test corrrectly. Meanwhile, students who failed tended to be inatentive, played during lesson, and were unable to complete worksheets or tests properly. In cycle II, significant improvement was observed, with 32 students (94%) achieving mastery. These students demonstrated greater focus, stronger collaboration, active participation in discussions, confidence in completing evaluation tests. However, 2 students (5,88%) had not yet achieved mastery, as they were self- focused and less attentive to the teacher’s explanations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

minimal 75. Sementara itu, 18 siswa

(52,9%) lainnya belum mencapai

ketuntasan. Kondisi ini

memperlihatkan bahwa sebagian

besar siswa mengalami kesulitan

memahami materi, kurang aktif

bertanya maupun berdiskusi, dan

cenderung pasif menerima informasi.

Pelaksanaan siklus I dengan

penerapan model Problem Based

Learning berbantuan media video

menunjukkan adanya peningkatan

hasil postest memperlihatkan bahwa

sebanyak 25 siswa (74%) berhasil

mencapai ketuntasan, sementara 9

siswa lainnya (26%) masih belum

tuntas. Kenaikan ini menunjukkan

adanya dampak positif penerapan

PBL dengan media video dalam

meningkatkan hasil belajar. Namun

demikian masih terdapat kelemahan,

seperti beberapa siswa yang kurang

memperhatikan penjelasan guru, asyik

sendiri, tidak mau bekerjasama dalam

kelompok, dan belum mampu

menyelesaikan LKPD dengan baik.

Hasil observasi pada siklus I

juga memperlihatkan bahwa aktivitas

guru dalam mengelola pembelajaran

tergolong baik, meskipun masih ada

kekurangan dalam hal ketegasan

mengatur kelas dan pengelolaan

waktu. Aktivitas siswa juga

menunjukkan peningkatan dibanding

kondisi awal, tetapi sebagian siswa

masih pasif, belum optimal dalam

berdiskusi, dan kurang percaya diri

menyampaikan pendapat.

Berdasarkan refleksi dari siklus

I, dilakukan perbaikan pada siklus II,

yaitu dengan menegaskan aturan

kelas, memotivasi siswa untuk lebih

aktif berdiskusi, memberikan arahan

yang lebih jelas dalam penggunaan

LKPD, serta memaksimalkan

pemanfaatan video sebagai stimulus

pembelajaran. Hasil postest pada

siklus II menunjukkan adanya

penignkatan yang lebih signifikan. Dari

34 siswa, sebanyak 32 orang (94%)

dinyatakan tuntas belajar, sementara

hanya 2 siswa (5,88%) yang masih

belum mencapai KKTP. Siswa yang

tuntas umumnya sudah mampu

bekerja sama dalam kelompok, berani

mengemukakan pendapat, aktif

bertanya, serta mampu

menyelesaikan soal evaluasi dengan

tepat.

Observasi terhadap aktivitas

gurupada siklus II menunjukkan

peningkatan dibandingkan siklus I.

guru lebih mampu mengatur jalannya

diskusi, mengelola waktu dengan baik,

serta menguasai kelas secara efektif.

Aktivitas siswa juga meningkat

Downloads

Published

2025-09-11