PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33365Keywords:
E-LKPD, Wizer.me, Research and Development, ADDIEAbstract
This study aims to develop an E-LKPD using the website wizer.me, as well as to determine the feasibility and effectiveness of the E-LKPD. The methodology used in this study is research and development with the ADDE development model at SDN Puspanegara 08. The research subjects were 4th grade student totaling 27 students. The research was conducted in the second semester of the 2024/2025 academic year. In this study, validation tests were conducted on the E-LKPD product by medi experts, language experts, and subject matter experts. The validation result from the media expert obtained 100% with a “very feasible” criterion, the language expert obtained 100% with a “very feasible” criterion, and the subject matter expert obtained 92% with a “very feasible” criterion. The result of the students response questionnaire showed 90% with a “very good” category, and the average N-Gain score was 0,71, which falls into the “high” category. The result of the study indicate that the use of E-LKPD via the wizer.me website is highly effective in supporting the learning process and has proven to improve student learning outcomes.Downloads
References
tahapan dalam model ADDIE. Namun
demikian, sejumlah kekurangan tetap
muncul selama proses berlangsung,
sehingga menimbulkan beberapa
keterbatasan. Kendala yang
ditemukan dalam penggunaan
website wizer.me untuk mengakses E-
LKPD adalah adanya gangguan
sinyal, kurangnya fasilitas lab
computer dan izin memperbolehkan
penggunaan handphone untuk
peserta didik, sehingga hal tersebut
menyebabkan peserta didik harus
menunggu cukup lama untuk
mengakses E-LKPD. Sebagaimana
dikemukakan oleh Sulastri et al.,
(2023) mengatakan bahwa
pengembangan LKPD dengan
website wizer.me memiliki beberapa
kekurangan yaitu perlunya koneksi
internet yang stabil dan perangkat
yang sesuai, seperti smartphone
dengan sistem operasi android atau
iOS. Di samping itu, tidak semua
satuan pendidikan memiliki akses
terhadap koneksi internet yang stabil.
Menurut Indraswati et al., (2023)
menjelaskan kekurangan lainnya yaitu
masalah yang dihadapi bahwa tidak
semua guru memiliki keterampilan
dan pengetahuan dalam
mengembangkan E-LKPD, serta tidak
semua sekolah memiliki akses
internet yang stabil.
Meskipun penelitian ini memiliki
sejumlah keterbatasan dan
kekurangan, terdapat nilai lebih dari
penggunaan E-LKPD berbasis
website wizer.me. Salah satu
keunggulannya adalah tata letak
menu yang sederhana namun
interaktif, sehingga memudahkan
peserta didik dalam mengakses dan
menggunakan fitur-fitur yang tersedia.
Selain itu, penggunaan elemen-
elemen visual dan audio seperti
gambar dan video yang menarik
berhasil meningkatkan keterkaitan
peserta didik selama proses
pembelajaran berlangsung. Penelitian
oleh Basrina et al., (2023) juga
menunjukkan bahwa kelebihan E-
LKPD dalam kemudahan pemakaian,
fitur yang menyeluruh, dukungan
terhadap kreativitas guru, serta
kemampuan meningkatkan hasil
belajar.
D. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa
pengembangan E-LKPD
menggunakan website wizer.me pada
materi Pengaruh Gaya Terhadap
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.