PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA

Authors

  • Firli Pitriyani Universitas Pakuan
  • Teti Rostikawati Universitas Pakuan
  • Dendy Saeful Zen Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33365

Keywords:

E-LKPD, Wizer.me, Research and Development, ADDIE

Abstract

This study aims to develop an E-LKPD using the website wizer.me, as well as to determine the feasibility and effectiveness of the E-LKPD. The methodology used in this study is research and development with the ADDE development model at SDN Puspanegara 08. The research subjects were 4th grade student totaling 27 students. The research was conducted in the second semester of the 2024/2025 academic year. In this study, validation tests were conducted on the E-LKPD product by medi experts, language experts, and subject matter experts. The validation result from the media expert obtained 100% with a “very feasible” criterion, the language expert obtained 100% with a “very feasible” criterion, and the subject matter expert obtained 92% with a “very feasible” criterion. The result of the students response questionnaire showed 90% with a “very good” category, and the average N-Gain score was 0,71, which falls into the “high” category. The result of the study indicate that the use of E-LKPD via the wizer.me website is highly effective in supporting the learning process and has proven to improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

tahapan dalam model ADDIE. Namun

demikian, sejumlah kekurangan tetap

muncul selama proses berlangsung,

sehingga menimbulkan beberapa

keterbatasan. Kendala yang

ditemukan dalam penggunaan

website wizer.me untuk mengakses E-

LKPD adalah adanya gangguan

sinyal, kurangnya fasilitas lab

computer dan izin memperbolehkan

penggunaan handphone untuk

peserta didik, sehingga hal tersebut

menyebabkan peserta didik harus

menunggu cukup lama untuk

mengakses E-LKPD. Sebagaimana

dikemukakan oleh Sulastri et al.,

(2023) mengatakan bahwa

pengembangan LKPD dengan

website wizer.me memiliki beberapa

kekurangan yaitu perlunya koneksi

internet yang stabil dan perangkat

yang sesuai, seperti smartphone

dengan sistem operasi android atau

iOS. Di samping itu, tidak semua

satuan pendidikan memiliki akses

terhadap koneksi internet yang stabil.

Menurut Indraswati et al., (2023)

menjelaskan kekurangan lainnya yaitu

masalah yang dihadapi bahwa tidak

semua guru memiliki keterampilan

dan pengetahuan dalam

mengembangkan E-LKPD, serta tidak

semua sekolah memiliki akses

internet yang stabil.

Meskipun penelitian ini memiliki

sejumlah keterbatasan dan

kekurangan, terdapat nilai lebih dari

penggunaan E-LKPD berbasis

website wizer.me. Salah satu

keunggulannya adalah tata letak

menu yang sederhana namun

interaktif, sehingga memudahkan

peserta didik dalam mengakses dan

menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Selain itu, penggunaan elemen-

elemen visual dan audio seperti

gambar dan video yang menarik

berhasil meningkatkan keterkaitan

peserta didik selama proses

pembelajaran berlangsung. Penelitian

oleh Basrina et al., (2023) juga

menunjukkan bahwa kelebihan E-

LKPD dalam kemudahan pemakaian,

fitur yang menyeluruh, dukungan

terhadap kreativitas guru, serta

kemampuan meningkatkan hasil

belajar.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian

dapat disimpulkan bahwa

pengembangan E-LKPD

menggunakan website wizer.me pada

materi Pengaruh Gaya Terhadap

Downloads

Published

2025-09-11