PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PELATIHAN MANDIRI PADA PLATFORM RUANG GTK (GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO

Authors

  • Ansar Universitas Negeri Makassar
  • Andi Makkasau Universitas Negeri Makassar
  • Erma Suryani Sahabuddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33359

Keywords:

Platform GTK Room, Pedagogical Competency, Elementary School Teacher.

Abstract

Ansar, 2025. "“The Influence of the Use of Independent Training Features on the Ruang GTK (Teachers and Education Personnel) Platform on the Pedagogical Competence of Elementary School Teachers in Sabbangparu District, Wajo Regency”". Educational Administration Study Program, Postgraduate Program, Makassar State University. (supervised by Dr. Andi Makkasau, M.Si.. and Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si.). This study aims to determine the effect of utilizing the Self-Training feature on the Ruang GTK Platform on the pedagogical competence of elementary school teachers in Sabbangparu District, Wajo Regency. The background of this research is rooted in the transformation of the national education system, which requires teachers to be adaptive to technological advancements and the implementation of the Merdeka Curriculum. The Ruang GTK Platform, a rebranding of the Merdeka Mengajar Platform, provides a Self-Training feature designed to enhance teacher quality and professionalism through flexible and independent learning access. This research employs a descriptive quantitative approach using questionnaires and open interviews for data collection. The sample consisted of 75 homeroom teachers from Cluster IV of Sabbangparu District. The results show that the level of utilization of the Self-Training feature is high, as is the level of teachers’ pedagogical competence. Simple linier regression analysis revealed a positive and significant influence between the use of the Self-Training feature and the teachers’ pedagogical competence. Thus, it can be concluded that the utilization of the Self- Training feature on the Ruang GTK Platform significantly contributes to improving teachers’ pedagogical competence, especially in the areas of lesson planning, student- centered instruction, and constructive assessment and feedback. This study recommends optimizing the use of the Ruang GTK Platform as a sustainable means of professional development for teachers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

kompetensinya, namun masih perlu

perhatian untuk meningkatkan

proporsi di kategori tinggi.

Berdasarkan hasil kategorisasi

skor, sebanyak 48% responden

berada pada kategori Sedang baik

dalam pemanfaatan Platform Ruang

GTK maupun Kompetensi Pedagogik.

Ini menunjukkan bahwa mayoritas

guru memiliki tingkat penggunaan dan

kompetensi yang cukup, namun

belum maksimal.

Pada variabel Platform Ruang

GTK, terdapat 29,33% guru yang

tergolong dalam kategori Rendah dan

22,67% dalam kategori Tinggi.

Sedangkan pada Kompetensi

Pedagogik, 26,67% guru berada pada

kategori Rendah dan 25,33% pada

kategori Tinggi. Temuan ini

menunjukkan bahwa meskipun

sebagian guru sudah menunjukkan

kompetensi dan pemanfaatan

platform yang tinggi, masih ada

proporsi signifikan yang perlu

ditingkatkan, terutama yang berada

dalam kategori Rendah.

E. Kesimpulan

Terdapat pengaruh positif dan

signifikan antara pemanfaatan fitur

Pelatihan Mandiri pada Platform

Ruang GTK terhadap kompetensi

pedagogik guru. Hasil analisis regresi

menunjukkan bahwa intensitas dan

kualitas penggunaan fitur pelatihan

berkontribusi terhadap peningkatan

kompetensi pedagogik guru secara

signifikan. Sebesar 46% variasi dalam

kompetensi pedagogik dapat

dijelaskan oleh penggunaan platform

tersebut. Dengan demikian, Pelatihan

Mandiri pada Platform Ruang GTK

terbukti efektif sebagai sarana

pengembangan kompetensi guru

yang relevan dengan tuntutan

Pendidikan. Adapun saran untuk Guru

Sekolah Dasar: Disarankan agar guru

terus memanfaatkan fitur Pelatihan

Mandiri pada Platform Ruang GTK

secara konsisten dan berkelanjutan.

Guru disarankan memilih modul yang

sesuai dengan kebutuhan

pembelajaran dan kondisi peserta

didik, serta menerapkan materi

pelatihan dalam praktik nyata di kelas

guna memperkuat kompetensi

pedagogik mereka.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2021). Pentingnya

Kompetensi Guru dalam

Pembelajaran Abad 21.

Jurnal Pendidikan Nasional, 5(2), 45-

57

Aulia, R., Murni, S., & Desyandri.

(2023). Pemanfaatan Platform

Merdeka Mengajar dalam

Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal

Downloads

Published

2025-09-11

Most read articles by the same author(s)