PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NU JUNTINYUAT

Authors

  • Juju Rahmania STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • M. Masrurih STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Ade Hasanudin STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33355

Keywords:

discovery learning, observational report text, learning outcomes

Abstract

This study is entitled The Use of Discovery Learning Model in Learning Observation Report Texts for Grade X Students of SMA Nu Juntinyuat. This study is motivated by the ability of students in writing observation report texts which is still very difficult. This study aims to determine the use of discovery learning models on the learning outcomes of writing observation reports for grade X students of SMA Nu Juntinyuat. Thus, the hypothesis of this study is: the effectiveness of the discovery learning model in learning observation report texts in grade X SMA Nu Juntinyuat. This study is a type of quasi-experimental research. The research design used is a pretest-posttest control group design, with research samples consisting of two classes, namely class X 3 as a control class with a total of 22 students and class X 1 as an experimental class with a total of 23 students. This study uses test data collection, observation and documentation of all the data as material to determine the effectiveness of the use of the discovery learning model.  Based on the analyzed data, the average learning outcome score for control class X3 using the Discussion method was 73.40, while the average learning outcome score for experimental class X1 using the discovery learning model was 80.22. Therefore, the calculated t-test was greater than the table t-test, i.e., 2.755 > 2.016. This indicates that Ha was accepted and . Thus, the researcher concluded that the application of the discovery learning method to writing observational report texts in class X of SMA NU Juntinyuat was effective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, V. D., Sudjana, N., & Hidayat, R. R. (2015). Pengelolaan Modal Kerja Yang Efektif Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan Karya Abdi Malang Periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 24(2).

Alman, M. H. (2020). Eksperimentasi Metode Pembelajaran Blended Learning Dengan Bantuan Media Sosial WhatsApp Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Manajemen Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Edutama.

Apriansyah, A., Misnawati, D., & Caropeboka, R. M. (2022). Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Arung Jeram Ranau Desa Rantau Nipis Kec. Banding Agung Oku Selatan. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 92-99.

Arianti, R., & Ningsih, A. R. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi secara Lisan pada Siswa Kelas X IPA. 2 SMA Negeri 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Rokania, IV (2), 183-197.

Arifin, Z. (2022). Pengaruh teknologi disruptif terhadap kinerja perusahaan pembangkit listrik; bukti empiris dari Indonesia. Analisis Teknologi & Manajemen Strategis , 34 (4), 461-473.

Asbar, AM (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bulukumba (Disertasi Doktor, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Bintoro, HS, & Purwaningrum, JP (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia , 3 (1).

Chotimah, TRC, dkk. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan persamaan Kuadrat Melalui Blended Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika , 2 (1), 27-35.

Hamalik, Oemar. (2017.2). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hernawati, L., dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengindentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Muara Sugihan. Jurnal Ilmiah Dikdaya , 13 (1), 264-270.

Husna, A., dkk. (2017). Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukamakmur Mengabstraksi Teks Laporan Hasil Observasi. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 19-29.

Khadizah, S., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Komputerisasi Sistem Administrasi Terhadap Efektivitas Kerja pada UPT Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen , 1 (3), 215-224.

Maharini, M., dkk. (2020). Deskripsi Model Pembelajaran Discovery Kurikulum 2013 Dalam Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 314-323.

Mulyati, S., dkk. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktifitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sma Negeri 8 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(2), 111-115.

Nisja, I., dkk. (2020). Kemampuan Menulis Laporan Teks Hasil Observasi di Kelas X SMA dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Web.

Pertiwi, N. (2021). Analisis Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Disertasi Doktor, Fkip Unpas).

Prambana, Y., dkk. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Sman 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah KORPUS , 4 (3), 413-424.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 4 (1).

Rusmiyanto, D. Analisis Butir Soal Semester Ulangan Tengah (Uts) Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri 2 Panti.

Saragih-sarahih, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Pbservasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Erlangga. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 135-143.

Sari, Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Kota Metro (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Metro).

Sudarsono, S., dkk. (2020). Pengembangan cerita bergambar fisika berbasis STEM untuk menumbuhkan literasi sains pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11-23.

Suryani, El Peningkatan Disiplin Dan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Model Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIIIF SMP Negeri 3 Suruh Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Zuraida, Z., & Salbiah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mutiara

Downloads

Published

2025-09-11