ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENANAMKAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DI LINGKUNGAN KELAS IV SD NEGERI MOJOSONGO II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Silviana Suherman Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi
  • Mukhlis Mustofa Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33332

Keywords:

Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Gotong Royong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana pendidikan karakter dapat diterapkan untuk menanamkan nilai kepedulian lingkungan melalui kegiatan gotong royong di lingkungan kelas IV SD Negeri Mojosongo II Surakarta pada tahun pelajaran 2024/2025. Metode kualitatif deskriptif digunakan, dalam penelitian ini dan data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kepala sekolah, guru kelas IV, dan 3 siswa di SD Negeri Mojosongo II Surakarta adalah subjek penelitian ini. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman. Kebasahan data dihitung dengan metriangulasi sumber dan triangulasi teknik didasarkan pada hasil penelitian tentang bagaimana menerapkan pendidikan karakter untuk menanamkan nilai kepedulian lingkungan dalam kegiatan gotong royong di lingkungan kelas IV. Hasil tersebut mencakup (1) memelihara lingkungan kelas, memastikan tempat pembuangan sampah tersedia, melakukan kebiasaan menghemat energi, memasang stiker perintah mematikan, dan menutup kran air setelah digunakan, (2) faktor pendukung: keteladanan, sarana dan prasarana yang tersedia untuk siswa, faktor penghambat: kurangnya kesadaran peserta didik dalam menjaga kebersihan, perbedaan karakter peserta didik, (3) kepala sekolah dan para guru berupaya memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, khususnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, mereka juga terus memberikan motivasi dan dukungan agar kebiasaan baik ini tertanam kuat.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta : Gava Media.

Dyah, DS, Reffiane, F., Eka Subekti , E., & Sruti Handayani, N. (2023). ANALISIS PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA KEGIATAN GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI MUKTIHARJO KIDUL 03 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang , 9 (2), 4266 - 4278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1100

Iswayurani, Uun, and Syailin Nichla Choirin Attalina, ‘Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Gotong Royong Di Lingkungan Kelas IV SDN 04 Bawu Jepara’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4.3 (2023), pp. 2705–15, doi:10.54373/imeij.v4i3.580.

Jakarta, K. 2017, September Rabu (69). Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 87 Tahun 2017. tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PKK).

Karakter, Analisis, Peduli Lingkungan, Siswa Sekolah Dasar, Putri Aulia Junia, and Universitas Buana Perjuangan, 'Kelas III SDIT Bina Insani Cikampek', 8.2 (2024), pp. 417-23.

Khotimah, D. N. (2019) 'Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) Melalui Kegiatsn 5S Di Sekolah Dasar', Ilmia Pendidikan, 2(1), pp. 28-31.

Narut, Y. F., & Nardi,M.(2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3),259-266.

Nisa, N., Dewi, DA, & Furnamasari, YF (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa di SD Negeri 1 Suranenggala. Jurnal Intelektual Indo-MathEdu , 5 (2), 1722–1739. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.949

Siskayanti, Juni, and Ika Chastanti, 'Analisis Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 6.2 (2022), pp. 1508-16, doi:10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Sugiyono 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sundari, Mesyah Salsabilah, Ifa Aulia, and M Akhyar Armar, ‘Pentingnya Peduli Lingkungan Terhadap Penanaman Nilai Karakter Siswa’, Journal on Education , 5.4 (2023), pp. 11627–31 <http://jonedu.org/index.

Suwardani, N. P. (2020). Quo Vadis Pendidikan Karakter: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Denpasar Bali: UNHI Press. Choirin Attalina, ‘Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Gotong Royong Di Lingkungan Kelas IV SDN 04 Bawu Jepara’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4.3 (2023), pp. 2705–15, doi:10.54373/imeij.v4i3.580.

Trisiana, A. (2020). Digital Literation Models For Character Education In Globalization Era. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 22-31.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-41.

Trisiana, A. (2020). The Challenges Of Character Education: Mental Revolution Policy In The Development Of Citizenship Education In Higher Education. International Journal Of PsychosocialRehabilitation, 24(8), 2340-2354.

Trisiana, A. 2019. Innovation DesignDevelopment Of Citizenship Education Models On The Characters Of Indonesian Communities In The Digital Media Era And Technology Revolution. International Journal Of Recent Technology And Engineering Ijrte), 8(2) September, 322-328.

Trisiana, A., & Anang Priyanto, S. (2024). An Analysis Of The Development Anti-Corruption Education In Indonesia Through Media-Based Citizenship Education Using Smart Mobile Civic Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 43(1).

Trisiana, A., Jutmini, S., Haryati, S., & Hidayatullah, F. (2015). The Development Strategy OfCitizenship Education In Civic Education Using Project Citizen Model In Indonesia. Journal Of Psychological & Educational Research, 23(2).

Downloads

Published

2025-09-26

Most read articles by the same author(s)