BERMAIN SAMBIL BELAJAR: OUTBOND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN MOTORIK DAN SOSIAL ANAK DI SAIT BUTTU SARIBU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33305Keywords:
Outbound, Outdoor Play, Children's Motor Skills, Social Skills, Active Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan outbound terhadap pengembangan kemampuan motorik dan keterampilan sosial anak. Outbound sebagai bentuk permainan luar ruangan dinilai mampu memberikan stimulus positif baik secara fisik maupun sosial, sehingga menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mendidik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan outbound, sedangkan variabel terikat meliputi aspek motorik (motorik kasar dan halus) serta kemampuan sosial anak, seperti kerja sama, komunikasi, dan empati. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pretest dan posttest. Data dikumpulkan melalui observasi terstruktur dan instrumen penilaian perkembangan anak sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan outbound. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor kemampuan motorik dan keterampilan sosial setelah mengikuti kegiatan outbound. Temuan ini menunjukkan bahwa outbound tidak hanya menjadi media rekreasi, tetapi juga efektif sebagai strategi pembelajaran aktif yang mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh.
Kata Kunci: Outbound, Permainan Luar Ruangan, Motorik Anak, Keterampilan Sosial, Pembelajaran Aktif.
Downloads
References
Rosa Octaviani, D. (2023). Aktivitas Outbound UntukPerkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD , 46-54.
Sarifah, A. A. (2023). Penerapan Metode Outbound Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak Pada PAUD Insan Rabbani. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 281-291.
Sinta Dewi, M. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Outbound Terhadap Motorik Kasar Anak Di Kelompok A Ra Al-Fattah Blok Sukamurni Desa Maja Selatan Kecamatan Maja. Ri'ayatulathfal: Journal of Early Childhood Islamic Education, Volume 1, Number 1.
Suryani, N. (2019). kemampuan sosial emosional anak melalui permainan raba raba pada paud kelompok A. jurnal ilmiah potensia, 4(2) 141-150.
Tia Pahrunisa, I. N. (2018 ). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Usia 5-6 Tahun. “Ceria” Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 8, No. 1,.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















