PENGEMBANGAN BUKU TEKS PENDAMPING LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33280Keywords:
Buku Teks, Literasi Budaya dan Kewargaan, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks pendamping literasi budaya dan kewargaan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar menggunakan model 4D, yang meliputi tahapan mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarkan. Tahap mendefinisikan mencakup pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan penyebaran angket kepada siswa serta guru, yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang ada masih bersifat umum dan kurang mencerminkan kearifan lokal. Pada tahap perancangan, dirancanglah buku teks yang menarik dan interaktif untuk melengkapi materi yang telah ada. Validasi produk oleh ahli desain, bahasa, dan pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat valid, dengan skor rata-rata masing-masing 4,4; 4,23; dan 4,27. Tahap pengembangan meliputi revisi produk berdasarkan masukan dari ahli dan uji coba kepada siswa kelas IV, sedangkan tahap disseminate dilakukan dengan mendistribusikan produk ke beberapa sekolah di Kota Pontianak. Buku teks yang dihasilkan masih bersifat sederhana, sehingga disarankan untuk memperluas materi dari berbagai sumber dan meningkatkan desain agar lebih menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar ini efektif dalam mendukung literasi budaya dan kewargaan siswa sekolah dasarDownloads
References
Ahmad, S. H., Noho, M., Adam, A., & Sebe, K. M. (2024). Integrasi Canva Dalam Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas X Man 1 Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(2). https://www.researchgate.net/profile/Adiyana-Adam/publication/381881925_INTEGRASI_CANVA_DALAM_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_INTERAKTIF_PADA_KURIKULUM_MERDEKA_DI_KELAS_X_MAN_1_TERNATE/links/66836629714e0b03153b0110/INTEGRASI-CANVA-DALAM-PENGEMBANGAN-BAHAN-AJAR-INTERAKTIF-PADA-KURIKULUM-MERDEKA-DI-KELAS-X-MAN-1-TERNATE.pdf#page=7.26
Anatasya, E., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 253–264. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.552
Arifin, M. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Maesan: Antara Kearifan Lokal dan Standar Nasional. Jurnal INSPIRA PGSD, 1(1), 1–8. https://aimpublisher.com/index.php/jip/en/article/view/6
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Aufa, Z., Yulistranti, A. E., Oktavianto, A. W., & Endari, S. B. (2022). Diseminasi Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Pada Sekolah Dasar Binaan. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 244–252. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2239
Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., Kurniawan, E. S., Yoestara, M., Fazilla, S., & Zulfikar, S. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.
Diana, N., & Turmudi, T. (2021). Kesiapan Guru Dalam Mengembangkan Modul Berbasis STEM Untuk Mendukung Pembelajaran di Abad 21. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11720
Elviya, D. D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127
Galand, P. B. J., & Nanggala, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa SD Kelas Rendah dengan Buku Bacaan Interaktif: Studi Kasus di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3825–3835. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/764%0A
Iman, B. N. (2022). Budaya Literasi Dalam Dunia Pendidikan. Proceeding Umsurabaya, 1(1). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/4191
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/241/96
Ismayani, M., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2025). Pengaruh Bahan Ajar terhadap Motivasi membaca Siswa SMP. Semantik, 14(1), 127–140. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/semantik.v14i1.p127-140
Lake, A. C. O. R., Lipikuni, H. F., & Jenahut, K. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 1–10.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya di Sekolah dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426–436. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Muzharifah, A., Ma’alina, I., Istianah, P., & Lutfiah, Y. N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 161–184. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.306
Purnama, Y., Nugroho, N., & Permana, A. (2025). Pelatihan Penulisan Buku Literasi Budaya Pada Upacara Kampung Adat Urug Kabupaten Bogor Dengan Pendekatan Kesantunan Berbahasa. PROFICIO, 6(1), 247–253. https://doi.org/https://doi.org/10.36728/jpf.v6i1.4158
Putri, N. K. H. R. (2024). Implementasi Literasi Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 4(1), 229–238. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/4191/2738
Qur’ani, M. N., Basri, H., Al Ghifary, M. I., & Siagian, T. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah/Implementation Of The Independent Learning Curriculum In Primary Schools. AL-MUDARRIS: Journal of Education, 7(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/m1778y41
Rahmawati, A., Maryani, A. Y., & Iswatiningsih, D. (2025). Peningkatan Pemahaman Budaya Lokal Suku Dayak Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9532
Rismawati, D., Santi, N. N., & Nurmilawati, M. (2024). Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 1201–1207. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/c8zehf83
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
Saputri, S., Fadhilah, E. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Integrasi Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Ke Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Membentuk Karakter Cinta Budaya Lokal. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 262–269. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.597
Satria, R., Rivauzi, A., Wirdati, W., & Nurjanah, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI SD di KKG PAI Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sb.05250
Siregar, B. H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2104–2117. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2923
Syam, A. K., Nawir, M., Faisal, S. F. R., & Syukur, S. A. (2025). Integrasi Literasi Budaya dan Kewargaan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 256–270. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24585
Yani, M. F., Hadiati, E., & Yetri, Y. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Rangka Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5088–5095. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7954
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W.(2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1927
Yulistio, D., Nugroho, A., & Sulistyawati, N. (2025). Indeks Aktivitas Literasi Dasar Membaca Mahasiswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 8(1), 35–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v8i1.3542
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.