PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN INPRES KALATE

Authors

  • sukran sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan taman siswa bima
  • Muhamad Ajwar Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima
  • Miftahul Jannah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33267

Keywords:

Collaborative learning, social skills, IPAS, elementary school, quasi- experiment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Inpres Kalate. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah 20 siswa kelas IV yang seluruhnya dijadikan subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui lembar observasi keterampilan sosial dan dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan sosial siswa pada pretest adalah 67,40, sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 83,25. Analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (t = 8,12, p < 0,05) dari model pembelajaran kolaboratif terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran kolaboratif dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan interaksi sosial, kerja sama, dan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPAS.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2017). Metode

Penelitian Pendidikan:

Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. (2018). Emotional

Intelligence. New York: Bantam

Books.

Artikel Jurnal:

Winata, H. (2020). Pengaruh

pembelajaran kolaboratif

terhadap keterampilan

sosial. Jurnal Pendidikan

Dasar, 8(2), 145–156.

Zainuddin, A. (2017).

Collaborative learning in

primary education. Journal

of Educational

Research, 5(1), 23–34.

Downloads

Published

2025-09-11