Efektivitas Kegiatan Eksperimen Sains Jeruk Erupsi terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5–6 Tahun di TK Pembangunan Laboratorium UNP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33227Keywords:
Eksperimen sains, Jeruk Erupsi, Keterampilan Proses Sains, PaudAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan eksperimen sains “Jeruk Erupsi” dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5–6 tahun di TK Pembangunan Laboratorium UNP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan kegiatan “Jeruk Erupsi” dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, independent sample t-test, dan perhitungan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan keterampilan proses sains, namun kelas eksperimen memiliki perbedaan signifikan dibandingkan kelas kontrol (p = 0,027 < 0,05). Nilai mean difference sebesar 1,438 dengan Cohen’s d sebesar 3,71 termasuk kategori sangat kuat. Temuan ini membuktikan bahwa eksperimen “Jeruk Erupsi” tidak hanya signifikan secara statistik, tetapi juga efektif secara praktis dalam melibatkan anak secara aktif. Kegiatan ini mendorong anak untuk mengamati, membandingkan, mengelompokkan, dan mengukur, yang merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran sains anak usia dini.Downloads
References
Gunarti, W. (2010). Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gustia, B. A., Yaswinda, Y., Zulminiati, Z., & Marlina, S. (2023). Pengaruh kegiatan eco enzyme terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ananda Maek. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 150–158. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/arraihanah/article/view/275
Melisa, T., & Zulminiati, Z. (2024). Penerapan pembelajaran sains di Taman Kanak-Kanak Negeri II Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17670–17678. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10545
Nugraha, R., & Mirawati, R. (2017). Meningkatkan keterampilan sains anak usia dini melalui aktivitas berkebun. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Putri, R., & Zulminiati, Z. (2023). Pengaruh proyek gunung meletus terhadap kemampuan sains pada anak kelompok B di TK Telkom Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 1–8.
Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. Yogyakarta: Caremedia.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran sains di sekolah dasar. Jakarta: PT Indeks.
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Zulminiati, Z., & Hartati, S. (2020). Fakta-fakta penerapan penilaian otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/521
Piaget, J. (1964). Development and learning. Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176–186.
Zulminiati, Z., Ananda, P. N., & Salamah, U. (2024). Pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia dini. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 11(2), 196–208.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.