Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Terintegrasi Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri 2 Ijobalit

Authors

  • Yulia Sopiana Universitas Hamzanwadi
  • Muh. Yazid, M.Pd Universitas Hamzanwadi
  • Dr. Iwan Usma Wardani M.Pd Universitas Hamzanwadi
  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33226

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi 1, Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) 2, Emosional Siswa 3, Hasil Belajar 4.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran sosial emosional pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 2 Ijobalit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian Pre-Eksperimental Design  dengan bentuk desain penelilitian One Group Pretest-Posttest design. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Ijobalit. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 30 siswa. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrument angket untuk mengukur emosional siswa dan instrument tes hasil belajar berupa esaian untuk mengukur hasil belajar siswa. Uji prasyarat yang digunakan untuk mengetahui normalitas data adalah uji shapiro wilk dengan taraf signifikansi α=0,05. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk diperoleh bahwa data telah terdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian angket pretest emosional  siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 47,33 dan skor rata-rata posttest sebesar 61,67. Sedangkan tes hasil belajar terlihat nilai rata-rata pretest sebesar 55,58 dan nilai rata-rata posstest sebesar 78,33. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test (Uji t) dengan bantuan SPSS 27.0 diperoleh hasil yaitu uji hipotesis angket emosional siswa diperoleh hasil yaitu thitung ˃ ttabel yakni -7,492 ˃ 2,045 atau nilai signifikansi 0,001 ˂ 0,05. Sedangkan uji hipotesis hasil belajar siswa didapatkan hasil yaitu thitung ˃ ttabel yakni -2.111 ˃ 2,045 atau nilai signifikansinya 0,044 ˂ 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh integrasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran sosial emosional pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 2 Ijobalit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853.

Harahap, T. K., Indra, I. M., Issabella, C. M., Yusriani, Hasibuan, S., Hasan, M., Musyaffa, A. ., Surur, M., & Ariawan, S. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. In Pustaka Ramadhan.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas vii h smp negeri 3 denpasar. Jurnal pendidikan deiksis, 3(1), 53-62.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126.

Widiastuti, S. (2021). Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi Dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Downloads

Published

2025-09-12