EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MAHASANTRI PPA IBNU KATSIR 1 JEMBER

Authors

  • Muhammad Faris Alfarado Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bhennita Sukmawati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33206

Keywords:

Kejenuhan belajar, Self management, Santri

Abstract

Kejenuhan belajar sering kali menghambat proses pendidikan dan mengurangi motivasi belajar santri. Teknik Self Management, yang melibatkan pengelolaan diri, pengaturan waktu, dan penetapan tujuan, diharapkan dapat membantu santri untuk mengatasi masalah tersebut dengan meningkatkan kesadaran diri dan disiplin. Penelitian dimaksudkan guna mengukur sejauh mana Self Management dapat meningkatkan fokus, motivasi, serta mengurangi rasa jenuh yang dirasakan oleh santri. Penulis memakai metode eksperimen dengan melibatkan sejumlah santri sebagai sampel, dan hasilnya bahwa dapat secara signifikan mengurangi tingkat kejenuhan belajar dan meningkatkan kualitas belajar santri di PPA Ibnu Katsir.Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teknik Self Management efektif dalam membantu santri untuk lebih teratur dan termotivasi dalam belajar, sehingga dapat mengatasi kejenuhan yang sering muncul dalam kegiatan pendidikan di pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, N. (2021). Pengaruh teknik self-management terhadap disiplin belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Bimbingan Konseling, 12(2), 55–64.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Latipun. (2010). Psikologi konseling. Malang: UMM Press.

Putri, A. (2020). Penerapan teknik self-management untuk meningkatkan motivasi belajar santri pondok pesantren. Jurnal Konseling Pendidikan, 8(1), 33–41.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Yuliani, E. (2018). Efektivitas teknik self-management dalam menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 21–29.

Abdullah, dkk, “Upaya Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management di SMA Negeri 2 Palu”, Jurnal Konseling Dan Psikoeduksi, Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Andi Mappire A.T, Kamus Istilah Konseling & Terapi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

Bethari Noor Julianda, “Prokrastinasi dan Self Efficacy pada Mahasiswa Fakultas Psikologi”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 1, No. 1, 2012. Diakses pada tanggal 26 Januari 2020 dari situs: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download.

Gantina, D Singgih, Konseling dan Psikoterapi, (Jakarta: Libri, 2014)

Hamzah B Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Lilis Ratna, Teknik-teknik Konseling, (Yogyakarta: Budi Utama, 2013), h. 59.

Mochamad Nursalim, Strategi & Intevensi Konseling, (Jakarta: PT Indeks, 2014)

Nathanael Sitanggang, dkk, Strategi Meningkatkan Kualitas Lulusan Melalui Ketepatan Manajemen, (Yogyakarta: Budi Utama, 2019)

Salomon, L,J & Rothblum, E.D, “Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates”, Journal of Counseling Psychology, Vol.30, No.1, 1984

Sofyan S. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, (Bandung: Alfabeta, 2014)

Syamsu Yusuf, Konseling Individual Konsep Dasar dan Pendekatan, (Bandung: Refika Aditama, 2016)

Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019)* - Efektivitas Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 24-29.

Frayne, C.A. & Geringer, J. M. (2000)* - Self-Management Training for Improving Job Performance: A Field Experiment Involving Salespeople. Journal of Applied Psychology, 85, 361-372.

Gie, T. L. (2000) - Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Jaeti, N. F., & Suwarjo, S. (2022)* - Application of Self-Management Techniques in Group Counseling to Reduce Aggressive Behavior among Students.

Jazimah, H. (2014) - Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam. Mudarrisah: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 221-250.

Khoiratunnisaa, N. S. (2016) - Manajemen Diri Pada Mahasiswi Berprestasi yang Bekerja. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Marwi, Trio Isnanyah, & Sutijono, MM. (2012) - Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Tingkat Kemalasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Rasyid Dander Bojonegoro. Jurnal Psikolog dan Bimbingan, Vol. 3.

Nurzaakiyah, Siti & Nandang Budiman. (2013) - Teknik Self Management Dalam Mereduksi Body Dys.

Wahyuli & Ifdil, 2020. Kejenuhan Belajar dan Solusinya.

Fadilah, D., & Wahyuni, S. (2023). "Dampak Kejenuhan Belajar terhadap Motivasi dan Prestasi Santri di Pesantren." Jurnal Pendidikan Islam, 2023.

Downloads

Published

2025-09-24